Tidak ada yang suka membersihkan kamar mandi karena bisa Anda bayangkan sendiri kesulitan untuk membersihkan saluran air yang tersumbat rambut, jamur di dinding, dan juga toilet yang bau. Semuanya menjadi tugas yang tidak menyenangkan. Untuk membuatnya lebih mudah, Anda dapat menggunakan bahan kimia untuk mempermudah pembersihannya.

membersihkan kamar mandi

Sayangnya cairanĀ  pembersih kamar mandi banyak yang mengandung bahan berbahaya. Apalagi di kamar mandi, kemungkinan kulit Anda bersentuhan langsung dengan permukaan lantai dan dinding menjadi lebih besar dan hal tersebut dapat dengan mudah membuat racun dari cairan pembersih masuk ke tubuh Anda.

Selain itu, bahan kimia berbahaya tersebut juga bisa memrusak lingkungan. Sudah saatnya Anda beralih ke cara yang lebih alami dalam membersihkan kamar mandi. Berikut adalah tips membersihkan kamar mandi secara alami:

Cuka untuk Membersihkan Toilet

membersihkan kamar mandi

Tidak perlu menggunakan pemutih untuk membuat toilet Anda putih berkilau. Pembersih kamar mandi buatan sendiri yang tidak beracun juga bisa menghilangkan noda. Untuk membuat toilet bersih kembali, Anda bisa mencampurkan setengah cangkir cuka dan sesendok soda kue.

Tuangkan campuran ke dalam mangkuk toilet dan diamkan selama sekitar 30 menit sebelum digosok. Ulangi seminggu sekali dan lihat hasilnya. Toilet Anda dapat dipastikan menjadi lebih bersinar dari biasanya, tanpa harus mencemari air.

Baca juga: 9 Tips Bersihkan Kamar Mandi Apartemen Kurang Dari 15 Menit

Soda Kue yang Ampuh Membersihkan Bak Mandi

membersihkan kamar mandi

Dengan mencampurkan soda kue dan sabun cuci piring alami, Anda dapat membuat pasta pembersih kamar mandi yang sangat ampuh. Pasta ini bekerja sangat baik untuk menghilangkan buih sabun dari bak dan pintu kamar mandi, serta noda air yang mengeras dan karat pada ubin keramik.

Gunakan spons atau kain untuk menggosokkan pasta yang telah dibuat tadi ke permukaan sampai noda hilang, lalu bersihkan dengan air hangat. Untuk mengatasi noda padat, gosok daerah yang kotor dengan sikat gigi yang di atasnya ditaburi pasta yang sama. Pasta bisa bersifat abrasif, jadi gunakan secukupnya pada permukaan yang halus, untuk menghindari pengikisan.

Untuk menghilangkan sisa kotoran dan jamur pada sudut keran Anda, semprotkan area yang kotor dengan cuka, dan biarkan mengering. Kemudian semprot lagi dan bersihkan. Keasaman cuka yang ringan melepaskan partikel kotoran dan membunuh bakteri. Dengan begitu, Anda bukan hanya bisa menghilangkan, namun juga mencegah jamur kembali dalam waktu dekat. Cairan ini juga bisa Anda gunakan untuk membersihkan shower atau pancuran air.

Cuka dan Baking Soda Juga Ampuh untuk Tirai Kamar Mandi Lho!

Tirai plastik berbahan plastik atau vinil shower dapat dibersihkan dengan beberapa cara. Jika tidak terlalu kotor, cukup semprotkan dengan larutan cuka dan air, lalu bersihkan. Anda juga bisa menggosok tirai dengan spons basah dan baking soda.

Untuk penumpukan kotoran atau jamur yang lebih keras, Anda harus melepaskan tirai dari kait dan meletakkannya di permukaan yang rata sehingga Anda dapat menggosok lebih kuat sampai bersih.

Selain itu, anda juga bisa mencuci tirai di mesin cuci. Untuk menghindari penggunaan detergen yang juga bisa merusak lingkungan, Anda bisa menggunakan 1/2 cangkir soda kue dan beberapa sendok makan cuka. Cuci tirai bersama beberapa handuk untuk membantu menghilangkan kotoran.

Baca juga: 12 Cara Simpel Mempercantik Kamar Mandi Apartemen

Menghilangkan Karat dengan Lemon

Bagian kamar mandi yang sering berkarat adalah keran dan pancuran air. Keran yang berkarat tentu sangat tidak enak dipandang dan berbahaya jika kulit sampai tergores bagian yang berkarat tersebut.

Jangan khawatir, membersihkan karat sebenarnya adalah perkara mudah dan bahan pembersihnya pun dapat Anda peroleh dengan mudah. Anda dapat menggunakan buah lemon untuk membersihkan karat. Pertama-tama ambil buah lemon dan belah menjadi dua.

Setelahnya gosokkan bagian jeruk lemon tersebut ke bagian keran atau pancuran yang berkarat. Tingkat asam yang tinggi pada jeruk lemon dapat membantu menghilangkan karat pada keran atau pancuran kamar mandi Anda.

Garam untuk Membersihkan Lumut Pada Lantai

Lumut biasa tumbuh di tempat-tempat yang jarang terpapar sinar matahari, kamar mandi adalah salah satunya. Oleh karena itu, Anda sering menemukan lumut di dinding maupun lantai kamar mandi. Bila tidak dibersihkan, lumut bisa membahayakan, karena dapat membuat lantai licin.

Anda dapat menggunakan garam untuk membersihkan lumut-lumut membandel di lantai kamar mandi Anda. Caranya?

  1. Siapkan dua liter air dan larutkan tiga sendok garam dapur ke dalamnya.
  2. Panaskan air tersebut hingga mendidih dan garam benar-benar larut di dalam air.
  3. Dalam kondisi yang masih panas, siram larutan garam tadi ke lantai kamar mandi yang berlumut.
  4. Sikat lantai yang berlumut tersebut hingga bersih. Anda juga bisa menggunakan alumunium untuk lumut-lumut yang membandel.
  5. Setelah itu, bilas dengan air bersih.

Baca juga: Apa Saja Pilihan Keramik Dinding untuk Apartemen?

Cara Membersihkan Wastafel

Sisa-sisa sabun, pasta gigi, bahkan kotoran yang berkerak seringkali muncul di wastafel Anda. Jika tidak dibersihkan, kotoran-kotoran ini bisa menjadi sarang kuman, yang tentunya berbahaya bagi kesehatan Anda dan keluarga. Jika Anda ingin membersihkan wastafel, cara berikut dapat Anda terapkan:

  1. Agar lebih mudah membersihkannya, pindahkan semua barang yang ada di atas wastafel Anda ke tempat lain. Ini dilakukan agar wastafel dapat Anda bersihkan secara menyeluruh, tanpa meninggalkan setitik kotoran pun.
  2. Setelah itu, isi wastafel dengan air panas. Uap yang muncul dari air panas akan membantu melepaskan sisa-sisa sabun, kerak dan lemak yang melekat.
  3. Tuang cuka atau produk pembersih lain yang Anda punya pada wastafel setelah air panasnya Anda keringkan. Gosok secara menyeluruh, jangan sampai ada sudut-sudut yang tertinggal.
  4. Jika masih ada noda-noda membandel pada wastafel, Anda dapat menggosoknya dengan ampelas anti air. Gosok pelan-pelan hingga mengelupas dan wastafel mengkilat kembali. Jangan terlalu keras, karena ampelas air dapat mengikir permukaan wastafel.
  5. Agar bau menyengat hilang, taburkan bubuk soda kue, gosok di sekitar wastafel, dan bersihkan kembali wastafelnya.

Itu adalah beberapaĀ tips membersihkan kamar mandi secara alami yang bisa Anda terapkan di rumah. Dengan menggunakan tips-tips tersebut, bukan hanya Anda bisa membuat diri Anda lebih sehat dengan menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya, namun Anda juga bisa ikut menjaga lingkungan sekitar hunian Anda agar kesehatan dan keselamatan Anda bisa lebih terjamin.