Kebanyakan dari kita telah melihat bagaimana sebuah ruangan di-make over. Anda mungkin sudah pernah menyaksikan ketika perancang interior mendatangi sebuah rumah biasa, dan dalam waktu hanya satu jam ia berhasil membuat perubahan yang mengagumkan.

Perancang ruangan memanfaatkan bantal kecil, mengganti karpet, dan trik lain untuk mempercantik ruang dan membuat teduh suasana. Bukankah ini membuat kita juga ingin mengubah hunian menjadi seperti yang kita lihat?

Mungkin apartemen Anda belum jadi hunian impian, tapi berikut ini beberapa langkah sederhana yang bisa Anda terapkan untuk mempercantik ruang dan membuat teduh suasana:

Merapikan ruangan

Photo credit: Google

Langkah ini terdengar melelahkan tapi percayalah, hasilnya akan sebanding. Pilih satu ruangan sebagai permulaan dan gunakan sarung tangan karet dan sediakan wadah plastik besar.

Mulai bersihkan lemari yang telah lama tidak dibersihkan, pastikan Anda menjangkau area yang jarang dibersihkan. Singkirkan barang yang tidak lagi Anda gunakan. Bila barang itu punya nilai sentimentil, simpan baik-baik. Pastikan Anda tahu apa yang Anda butuhkan.

Gunakan satu rentang waktu sebagai aturan, bila barang telah 3 tahun tidak digunakan, kemungkinan Anda tidak membutuhkannya.

Tak perlu lagi menyortir isi kantong sampah Anda, bila memang sampah berarti harus dibuang, bila bukan, Anda bisa menyimpannya. Anda bisa daur ulang item yang tidak Anda butuhkan, atau Anda bisa menyumbangkannya ke orang yang membutuhkan. Solusi lain, Anda bisa jual barang yang masih dalam kondisi bagus.

Area kamar tidur

Coba buat area kamar tidur sebagai tempat yang cantik dan teduh, ibarat surga untuk rileks setelah Anda menjalani hari yang sibuk.

Mulailah dengan menyediakan beberapa bantal untuk tempat tidur. Bila Anda ingin mendaur ulang dan menghemat uang juga, Anda bisa ubah gorden lama menjadi beberapa sarung bantal. Bantal Anda harus empuk dan berisi. Singkirkan bantal yang tipis. Gunakan bantal pada tempat tidur.

Tempatkan lilin di sekitar ruangan untuk memberi pencahayaan. Bila Anda sudah berpasangan, manfaatkan salah satu sudut ruang untuk menunjukkan hubungan Anda. Beri bingkai beberapa foto Anda berdua, dan tempatkan benda yang menjadi simbol kebersamaan.

Sebelum meninggalkan ruangan ini, di pagi hari semprotkan parfum ruangan. Anda bisa gunakan aroma seperti mawar atau melati untuk suasana romantis, atau jeruk atau mint untuk efek yang memberi semangat.

Photo credit: Google

Gunakan bunga

Jangan tunggu orang yang spesial membelikan Anda bunga. Anda bisa membeli beberapa bunga dari toko bunga atau pasar tradisional dan letakkan di area living room serta dapur.

Penelitian tentang manfaat bunga telah membuktikan kalau kehadirannya menurunkan depresi, memperkaya memori, dan meningkatkan kontak sosial. Gunakan bunga lili untuk menjadi simbol kecantikan, dan anggrek sebagai simbol cinta.

Baca artikel lainnya tentang tips meninggalkan apartemen saat liburan.

Membuka area dapur

Dapur adalah area ideal untuk duduk dan ngobrol bersama teman. Buat dapur Anda jadi area duduk yang nyaman untuk menikmati kopi.

Bawa dapur Anda ke kehidupan nyata melalui aromanya. Di pagi hari seduh kopi, gunakan biji kopi yang masih segar. Aroma kopi segar akan menyambut Anda ketika memasuki dapur. Gunakan kayu manis untuk membuat aroma dapur seperti kue yang baru saja matang yang mengingatkan pada masa kecil Anda.

Kamar mandi yang nyaman

Luangkan waktu untuk membuat kamar mandi Anda terasa nyaman. Waktu mandi harus jadi pengalaman relaksasi setelah hari yang sibuk di kantor. Tempatkan lilin beraroma di kamar mandi. Gunakan lavender untuk menenangkan serta memberi kesan hangat.

Sediakan handuk tebal dengan warna sesuai, dan setrika handuk sebelum melipatnya atau menempatkannya di rak kamar mandi. Selalu lipat rapi handuk bersih di dekat wastafel untuk bisa digunakan tamu. Anda bisa gunakan kelopak bunga di bak mandi sebelum menggunakannya.

Dengan mengikuti langkah di atas Anda bisa mempercantik ruangan dan membuat teduh susana di apartemen. Ingat, tempat yang Anda huni harus jadi tempat yang nyaman dan hangat untuk Anda sendiri. Bila perlu putar CD, undang teman, dan nikmati momen di apartemen Anda.

Dimana mencari apartemen ideal? Di Jendela360 ada banyak listing apartemen yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.