Ketika tinggal di apartemen, bisa jadi hal sulit untuk menata peralatan elektronik. Ini terutama bila apartemen Anda tidak memiliki luas yang mencukupi. Ketika memilih perangkat elektronik, pertimbangkan fungsi dan modelnya. Selain itu, Anda bisa juga menyesuaikannya dengan tema hunian secara keseluruhan serta ukuran ruangan.

Kadang yang jadi masalah, peralatan elektronik harus sesuai dengan konsep hunian. Hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah ukurannya.

Sesuaikan ukuran barang elektronik dengan luas ruangan

Barang-barang di apartemen Anda bukan hanya peralatan elektronik bukan? Ada juga furniture lain yang memakan tempat di ruangan dengan luas terbatas. Agar bisa tetap nyaman tinggal di apartemen, sesuaikan ukuran barang elektronik dengan penempatan barangnya. Akan lebih baik bila semua ruangan bisa terlihat luas. Perhatikan pemanfaatan ruang agar bisa lebih maksimal.

5 Tips Menata Peralatan Elektronik di Apartemen

Photocredit: dannylieberman.info

Pilih peralatan elektronik yang praktis dan minimalis

Sebaiknya Anda memilih peralatan elektronik dengan desain yang praktis, minimalis, serta multifungi. Sesuaikan juga dengan tema ruangan agar tercipta kesan ruangan yang lebih luas serta ruang bisa tetap berfungsi dengan baik.

Misalnya ketika memilh antara lemari es satu pintu dan dua pintu. Dari segi ukuran, keduanya hampir sama, hanya berbeda ketinggiannya. Lemari es dua pintu lebih tinggi dari lemari es satu pintu. Sebelum mendatangi toko elektronik, pertimbangkan tipe mana yang Anda butuhkan.

Bila Anda tinggal dengan anggota keluarga lain, tentu ini berarti Anda membutuhkan persediaan makanan lebih banyak. Dan agar lebih hemat, beli lemari es dua pintu. Barang elektronik yang Anda gunakan akan mempengaruhi tagihan listrik setiap bulan. Anda masih bisa menghemat listrik dengan memilih produk elektronik hemat listrik.

Baca artikel lainnya tentang cara mengatasi tetangga apartemen yang berisik.

Gunakan barang elektronik multifungsi

Tujuannya supaya ruangan tidak jadi sempit. Sudah banyak barang elektronik yang dirancang memiliki lebih dari satu fungsi. Meski apartemen Anda tergolong kecil, interior ruangan tetap membutuhkan sentuhan moderen. Selain memiliki desain yang elegan, barang elektronik moderen juga dilengkapi berbagai fitur unggulan. Anda bisa gunakan lemari es yang menghasilkan es lebih banyak, misalnya.

Beli barang sesuai kebutuhan

Jangan membeli barang elektronik berukuran besar bila Anda hanya tinggal seorang diri. Anda bisa berikan barang yang sudah tidak terpakai kepada teman atau kerabat. Bila dibutuhkan, Anda bisa jadwalkan bersih-bersih barang.

Penataan barang elektronik di dapur

Di dapur ada 3 aktivitas utama yang dilakukan yakni persiapan bahan makanan, mencuci, dan memasak. Alur 3 proses tadi sebaiknya menyerupai huruf L. Anda bisa buat area persiapan dan area cuci berdekatan. Lalu buat area masak di sebelahnya.

Sebelum membeli peralatan elektronik, ukur area yang ada. Jangan sampai ukuran kulkas yang sudah dibeli ternyata tidak sesuai dengan area yang tersedia.

5 Tips Menata Peralatan Elektronik di Apartemen

Photo credit: dannylieberman.info

Pertimbangkan apakah peralatan listrik akan disimpan di lemari, di atas meja, atau membutuhkan area khusus. Pastikan juga peralatan elektronik tidak mengganggu aktivitas lalu lalang di ruangan tersebut.

Meski di dapur perlu ada jendela agar aktivitas memasak bisa lebih nyaman, hindari meletakkan kompor tepat di depan jendela agar nyala api tidak terganggu. Anda bisa tempatkan bak cuci piring di dekat jendela. Sebaiknya gunakan penghisap udara di atas kompor.

Jangan letakkan barang elektronik rapat pada dinding atau menumpuknya karena tidak ada lagi tempat. Ini tujuannya supaya sirkulasi uap mesin bisa bekerja dengan baik. Bila perlu, tempel petunjuk penggunaan barang pada tiap perangkat elekronik agar siapapun bisa  menggunakannya ketika Anda tidak berada di apartemen.

Anda sedang mencari apartemen di Jakarta? Jendela360 jadi solusi untuk temukan apartemen ideal dengan cepat dan mudah.