Anda mungkin penasaran kenapa semakin banyak orang membeli TV LED. Dengan harga sedikit lebih tinggi dibanding TV LCD, bisa sulit bagi sebagian orang untuk memahami jenis TV LED. Namun apabila Anda tinggal di apartemen terlebih yang full furnished, biasanya sudah dilengkapi TV LED sekaligus, Namun, bila Anda masih belum menemukan jawabannya, ada baiknya kita lihat dulu apa saja kelebihan dari TV LED yang membuat semakin banyak orang beralih dari TV LCD.

TV LED vs TV LCD

Sebelum membahas kelebihan dari TV LED, perlu juga kita tahu teknologi LED dan hubungannya dengan teknologi LCD. LED singkatan dari light emission diode, sedangkan LCD singkatan dari liquid crystal display. LED menjadi backlight untuk layar LCD, karenanya membuatnya secara teknis bagian dari LCD.

Ini yang pembeli harus pahami karena sering kali banyak orang bingung dalam membedakan kedua jenis TV ini.

Photo credit: Google

Kualitas gambar

Mungkin kelebihan yang paling terlihat adalah TV LED lebih baik dari TV LCD dalam hal kualitas gambar. TV LED menghasilkan gambar yang lebih tajam dibanding TV LCD.

TV LED punya kemampuan untuk menciptakan area gelap di layar dan mengontrolnya. Kadang fitur ini tidak ditemukan pada TV LCD. Pencahayaan pada bagian pinggir serta backlight punya kemampuan untuk menyesuaikan tingkat gelap. Selain itu, akurasi dalam backlight untuk gambar berwarna juga lebih baik pada TV LED.

Fungsionalitas

Untuk fungsi, satu yang paling jelas dari TV LED adalah ukurannya. Banyak TV LED yang tebalnya hanya satu inci, yang berkebalikan dengan TV LCD. Selain itu, TV LED bisa digunakan untuk penggunaan komputer atau video.

Hal lain yang juga perlu disebutkan, meski tidak berlaku untuk semua merk TV LED, kebanyakan punya respon waktu lebih baik ketika mendownload film atau games. Banyak juga LED HDTV yang dilengkapi dengan auto motion, sehingga jadi hiburan yang lebih menarik.

Harga

Harus diakui, harga TV LED lebih mahal dibanding TV LCD. Tapi teknologi yang digunakan pada TV LED punya efisiensi lebih baik sekitar 20 sampai 40 persen. Terlebih, ada banyak merk TV LED yang memberi garansi ratusan ribu jam penggunaan. Ketika Anda bandingkan jumlah uang yang bisa Anda hemat dari konsumsi energi dan umur televisi, TV LED jauh lebih unggul.

Pertimbangan lingkungan

Selain kelebihan TV LED yang telah disebutkan di atas, TV LED juga punya manfaat lingkungan. TV LED menggunakan lebih sedikit karbon dioksida dan tidak menggunakan merkuri dalam proses produksinya, tidak seperti TV LCD. Jadi bisa dibilang TV LED lebih ramah lingkungan.

Baca juga: 7 Antena TV Indoor Terbaik, No. 4 Paling Cocok Buat Di Apartemen

Daftar merk TV LED terbaik

Setelah mengetahui keunggulan dari TV LED, Anda mungkin sekarang berpikir untuk membeli TV LED untuk apartemen Anda. Tapi merk TV LED apa yang paling bagus?

Berikut ini daftar merk TV LED terbaik yang bisa jadi pertimbangan Anda:

Samsung

Merk asal Korea ini menyediakan beberapa seri TV LED dengan kualitas terbaik. Samsung memperkenalkan QLED curved TV, dengan tampilan layar cekung, bukan datar. Fitur ini membuat Anda bisa melihat gambar dengan lebih penuh.

Sony

TV LED merk Sony sudah memenuhi kualitas HD ready, full HD, serta ultra HD 4K. TV LED merk Sony dilengkapi fitur X-reality pro yang membuat Anda bisa menikmati gambar yang lebih nyata. TV LED Sony juga memiliki bentuk yang sangat ramping dan keren.

Sharp

Sebagian TV LED Sharp telah dilengkapi teknologi Quattron Pro yang membelah 1 pixel menjadi 2 pixel. Dengan begitu, mata menangkap resolusi 8K yang jauh lebih terang.

Sharp menyediakan TV LED dengan 7 proteksi perlindungan, antara lain perlindungan dari goncangan, temperatur suhu tinggi, dan high voltage dari arus listrik. TV LED Sharp juga dilengkapi antena booster agar gambar lebih jernih.

LG

TV LED merk LG memiliki kualitas gambar Full HD yang terlihat terang dan jelas. TV LED LG juga punya fitur Dolby Atmos yang membuat acara menonton TV lebih seru.

Kualitas TV LED LG punya kualitas yang tahan lama. Semua seri TV LED LG dilengkapi port HDMI dan USB. Tersedia juga fitur motion eco sensor untuk mengatur kecepatan gambar dan kecerahan layar sehingga hemat energi.

Toshiba

TV LED Toshiba didukung oleh fitur Mobile High-Definition Link (MHL) untuk menghubungkan smartphone ke televisi agar konten di dalam smartphone bisa dilihat secara lebih besar lagi melalui TV.

Tidak sampai disitu, ada juga fitur Personal Video Recording (PVR) untuk merekam atau mengulang acara TV. Sedangkan Cevo Engine pada TV LED Toshiba memberi tampilan gambar  yang lebih hidup. Audio Distortion Control dapat mengurangi distorsi suara pada film yang sedang tayang di TV.

Photo credit: Google

Panasonic

Merk lain yang juga menyediakan TV LED berkualitas baik adalah Panasonic. Di seri TV LED, Panasonic menawarkan berbagai fitur dan teknologi canggih. Merk TV LED Panasonic  dilengkapi fitur Super Bright Panel Plus yang membantu menampilkan kekontrasan, sehingga gambar terlihat lebih terang dan cerah.

Teknologi Local Dimming dapat meningkatkan warna hitam yang lebih natural. TV LED Panasonic juga dilengkapi teknologi High Dynamic Range untuk membuat gambar terlihat lebih detail dan nyata.

Philips

Memang masih belum banyak seri TV LED dari Philips, tapi spesifikasi dari merk TV LED Philips cukup unggul. TV LED dari Philips dilengkapi dengan teknologi Digital Crystal Clear yang membuat tampilan gambar terlihat sangat alami.

Ultra Narrow bezel juga membuat Anda bisa melihat gambar lebih luas. Perpaduan warna dan kontras pada LED TV Philips membuatnya terlihat lebih sempurna.

Polytron

Ada banyak pilihan seri TV LED dari Polytron, bahkan tersedia dengan layar 4K. Di seri TV LED Polytron PLD 65UV5900, dilengkapi dengan operasi Linux. Dengan begitu Anda bisa browsing dan streaming melalui LED TV Polytron ini.

Akari

Untuk pilihan TV LED dengan harga lebih bersahabat, ada merk Akari. Akari menyediakan beragam ukuran TV LED. TV LED Akari seri  LE-55D88ID sudah mengusung layar 4K Ultra HD, juga dilengkapi USB dan HDMI input.

Changhong

TV LED Changhong menawarkan fitur dan teknologi yang tidak kalah dari merk lainnya.

TV LED Changhong menyediakan e-store yang dapat menyimpan aplikasi, game, atau data layaknya sebuah komputer. Selain itu, tersedia konektivitas WiFi built-in yang terdapat di beberapa varian LED TV Changhong.

Nah, sepertinya sudah waktunya ya Anda beralih ke TV LED. Keunggulan dari TV LED tentunya membuat Anda tergiur untuk beralih ke jenis TV ini, terlebih ada banyak pilihan merk TV LED dengan fitur-fitur yang sangat menarik. Nah, kalau Anda tengah mncari hunian baru sekaligus ada TV LED nya, di apartemen fully furnished biasanya sudah disediakan juga loh. Mau cari apartemen full furnished yang ada TV LED nya? Yuk, Cari dan temukan apartemen full furnished idaman Anda di Jendela360!