Bagi yang hanya menonton TV sekali-sekali saja, tentu memasang TV kabel merupakan suatu pemborosan karena jarang digunakan. Maka solusinya adalah dengan memasang antena sehingga hanya perlu membayar listrik saat menyalakan TV saja. Terlebih lagi, untuk yang berada di daerah yang agak terpencil atau berada di pedalaman yang belum terjangkau oleh TV kabel, tentu antena menjadi yang diandalkan untuk menangkap siaran TV.

Antena TV outdoor yang dipasang di atas atap bisa dibilang sudah ketinggalan zaman. Selain merepotkan harus memanjat ke atas atap saat melakukan pemasangan antena, kadang-kadang antena juga perlu digeser manual sedikit agar gambar yang tampil di TV bisa lebih jernih sehingga kesulitannya jadi dobel karena harus naik atap lagi. Tak heran sekarang banyak orang yang beralih menggunakan antena TV indoor saja karena lebih praktis.

Sesuai namanya, antena TV indoor bisa dipasang dalam ruangan karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Jika ingin menggeser antenanya sedikit, tentu akan lebih mudah karena tak perlu memanjat atap lagi. Antena TV indoor cocok bagi yang tinggal di kos atau apartemen karena pemasangannya yang mudah dan bentuknya yang kecil sehingga tidak terlalu makan tempat.

Antena TV indoor juga lebih mudah perawatannya. Karena berada dalam ruangan sehingga tidak terkena panas terik matahari dan terpaan hujan, antena TV indoor tidak memerlukan material yang kuat. Namun, berhati-hatilah jangan sampai antena TV indoor kalian ketumpahan air atau jatuh tersenggol. Selain itu, antena juga sebaiknya sekali-sekali dilap untuk membersihkan dari debu yang menempel.

Bagi yang tengah kebingungan untuk memilih mana antena TV indoor yang bagus, berikut kami berikan daftar pilihan antena TV indoor yang tepat agar keasyikan menonton TV bisa berjalan dengan lancar.

PF HD 14

Image result for pf hd 14

discount.atachi.win

PF merupakan perusahaan dalam negeri yang menyediakan berbagai antena TV untuk dipasang di dalam maupun luar ruangan. Untuk antena TV indoor, PF HD 14 menjadi tipe andalan mereka yang banyak digunakan oleh masyarakat. PF HD 14 bisa digunakan pada TV analog dan TV digital dengan daya tangkap yang bagus, terutama untuk TV yang berukuran 32 inci ke bawah.

Material utama antena PF HD 14 menggunakan besi dan alasnya terbuat dari plastik sehingga ringan dan mudah untuk dipindah-pindahkan. Selain itu, PF juga merupakan produk dalam negeri sehingga harganya lebih terjangkau dibandingkan produk dari luar. Dengan harga hanya sekitar 50 ribuan saja dan ukuran yang tidak terlalu besar, antena TV indoor ini cocok untuk para anak kos yang memerlukan hiburan dengan harga murah.

Toyosaki TYS-468AW

Image result for Toyosaki TYS-468AW

bukalapak.com

Antena TV indoor ini dirancang untuk TV UHF channel 21-69 di frekuensi UHF, VHF, hingga FM dan bisa menangkap sinyal 20 db hingga 30 db. Selain ukurannya yang kecil dan mudah dipindahkan, bentuknya juga lebih simple dibandingkan PF HD 14 sehingga tidak mengganggu pemandangan. Antena ini bisa berputar hingga 90 derajat untuk mencari tayangan gambar yang lebih jernih.

Antena Toyosaki TYS-468AW juga sudah dilengkapi dengan booster, anti petir, dan beberapa fitur tambahan lainnya. Dengan model yang lebih menarik dan fungsi lebih baik, Toyosaki TYS-468AW dijual agak lebih mahal dibandingkan PF HD 14 meskipun tetap terjangkau, yaitu sekitar 130 ribuan.

PX HDA-5000

PX HDA-5000 merupakan antena TV hybrid yang bisa digunakan di dalam dan luar ruangan. Antena ini bisa menangkap sinyal di frekuensi UHF 470 – 890 MHz dan di frekuensi VHF 47 – 230 MHz. Antena PX HDA-5000 juga memiliki fitur Low Noise Amflipier yang berfungsi untuk meningkatkan kualitas sinyal hingga 20 db dan STB yang dapat mengusir semut yang muncul di layar TV. Modelnya yang modern dan minimalis cocok untuk dipasang di dalam maupun di luar ruangan. Terlebih lagi PX HDA-5000 sudah dirancang agar kedap air dan sinar UV sehingga tak perlu khawatir dengan antena ini saat ada hujan deras atau ketika matahari sedang bersinar terik.

Dengan semua kelebihannya, tak heran antena PX HDA-5000 ini dijual dengan harga yang agak mahal, yaitu 300 ribuan rupiah. Tapi tentu saja harganya tersebut sebanding dengan fungsi yang dimilikinya.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Merk TV LED Terbaik Untuk Apartemen Anda

Toyosaki AIO 200

Image result for Toyosaki AIO 200

bukalapak.com

Sama seperti PX HAD-5000, antena ini juga berfungsi untuk di dalam dan luar ruangan. Desainnya juga mirip dengan PX HAD-5000 sehingga tidak mengganggu pemandangan saat dipasang dalam ruangan karena ukurannya yang juga lumayan kecil. Antena Toyosaki AIO 200 bisa menangkap frekuensi televisi UHF dan VHF mulai dari 70 Mhz hingga 860 Mhz.

Selain itu, Toyosaki AIO 200 juga dilengkapi dengan fitur booster penguat sinyal dan gain control untuk memaksimalkan kinerja antena ini dalam menangkap sinyal. Meskipun tidak menggunakan anti sinar UV seperti PX HAD-5000, material Toyosaki AIO 200 cukup kuat untuk menahan sengatan matahari dan hujan. Harganya juga lebih terjangkau, hanya 150an ribu saja.

Krisbow HD-300

Image result for krisbow hd-300

bukalapak.com

Dari dalam negeri, selain PF juga ada brand Krisbow dengan antena Krisbow HD-300. Bisa menangkap sinyal UHF dan VHF, antena TV indoor ini juga dilengkapi dengan kontrol penguat sinyal yang bisa diatur manual oleh pemakainya.

Desain antena Krisbow HD-300 yang ramping memanjang memungkinkan antena ini bisa dengan mudah diletakkan di mana saja tanpa memakan terlalu banyak tempat atau mengganggu pemandangan. Jika ingin diletakkan secara tersembunyi di atas atau bawah TV juga bisa karena bentuknya yang simpel dan ringan. Antena Krisbow HD-300 dijual seharga 300 ribuan, cukup terjangkau untuk yang menginginkan antena TV indoor yang terkesan lebih rapi.

Philips sdv8622T

Image result for Philips sdv8622T

philips.ca

Perusahaan elektronik asal Belanda ini juga punya produk antena hybrid yang bisa diletakkan di dalam dan luar ruangan. Antena Philips sdv8622T bisa menangkap frekuensi UHF dan VHF juga disertai dengan fitur penyaring suara yang akan menyingkirkan suara bising yang biasanya muncul saat tayangan televisi sedang tidak jernih.

Tampilan antena Philips sdv8622T yang tipis tidak seperti kebanyakan antena yang mengembang sehingga terkesan elegan. Selain itu antena ini juga didukung dengan penggunaan material yang ramah lingkungan serta tahan hujan dan panas. Tak heran antena Philips sdv8622T ini dibanderol dengan harga paling mahal di antara deretan antena TV indoor lain dalam daftar ini, yaitu 1 juta rupiah.

Memilih antena memang gampang-gampang susah. Selain antena, sebenarnya masih ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi kualitas gambar yang muncul di TV seperti sinyal dan kabel coaxial. Yang terutama adalah sinyal di daerah tempat antena dipasang, tak heran kebanyakan antena juga telah dilengkapi dengan penguat sinyal agar bisa menangkap sinyal dengan lebih baik.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa antena yang digunakan tetap memegang peran penting setelah sinyal di daerah tempat tinggalmu, terutama kabel yang digunakan. Sebaiknya pilihlah antena yang menggunakan kabel coaxial 75 ohm karena jumlah serabut yang lebih tebal dan kawat konduktor yang lebih besar sehingga bisa menyambungkan gambar dengan lebih baik dibandingkan kabel yang berukuran di bawahnya.

Memilih antena TV Indoor yang bagus kualitasnya memang susah-susah gampang, terlebih lagi bila Anda tinggal di apartemen yang susah sinyal didapatkan. Ingin mencari apartemen yang bagus dan kuat sinyal TV nya?  Yuk, Cari dan temukan apartemen impian dan ideal Anda di Jendela360!