Last Updated on

Dulu memang museum identik dengan image yang sepi dan angker, tetapi sekarang citra seperti itu sudah dibuang jauh-jauh. Mulai banyak museum-museum yang ramah pengunjung dan beberapa bahkan bisa dijadikan spot selfie yang menarik untuk Instagram kamu lho. Jadi kamu betah berlama-lama di museum, sambil mempelajari koleksinya.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke museum Instagramable di Jakarta, beberapa museum di bawah ini bisa banget kamu kunjungi. Siapa tahu lokasinya dekat dengan rumah atau apartemenmu?

Baca juga: Mau Jalan-jalan di Jakarta? Ada 21+ Spot Menarik Untuk Dikunjungi Lho!

1. Museum Macan

Siapa sih yang nggak tahu museum Macan? Museum yang memiliki nama panjang Museum of Modern and Contemporary Art in Nusantara ini sempat viral tahun 2018 lalu.

Banyak orang yang datang untuk berswafoto dengan instalasi-instalasi seni karya Yayoi Kusama di museum tersebut. Bahkan artis-artis seperti Velove Vexia, BCL dan Ashraf Sinclair dan Dimas Beck pun tidak mau ketinggalan.

Sekarang, meskipun instalasi-instalasi karya Yayoi Kusama seperti Infinity Mirrored Room dan Obliteration Room sudah tidak ditampilkan lagi, karya seniman lain yang di pamerkan di museum ini juga tidak kalah menarik kok. Misalnya karya-karya Arahmaiani yang baru-baru ini dipamerkan di museum. Dari lukisan hingga instalasi seni karya beliau, tetap Instagramable buat anak-anak muda.

museum Instagramable di Jakarta

Kalau kamu tertarik ke Museum Macan, aksesnya sangat mudah. Tinggal naik transjakarta dan berhenti di halte Kebon Jeruk, setelah itu, museum bisa dicapai dengan jalan kaki. Beruntunglah kalau kamu tinggal di apartemen Maqna Residence, karena jarak tempuhnya hanya 10 menit berkendara.

  • Jam Buka: Selasa – Minggu (10:00 – 18:00)
  • Harga Tiket Masuk: Dewasa Rp 100.000, Pelajar Rp 90.000, Senior (usia 65 tahun ke atas) Rp 90.000, Anak (3-12 tahun) Rp 90.000, Anak (usia 3 tahun ke bawah) gratis.

2. Moza Museum

Moza atau yang biasa disebut dengan Moja museum, merupakan museum yang berada di dalam rumah klasik di kawasan Pondok Indah. Dari Pondok Indah Mall 2, museum ini hanya berjarak 600 meter.

Jika kamu datang ke museum Moja, suasana yang berbeda akan kamu rasakan. Museum ini merupakan gabungan interaktif museum yang berkonsep cinema art dan dapat dinikmati segala usia.

Ada banyak spot Instagram keren yang dapat kamu manfaatkan di museum ini. Spot di ruang Cloud Room adalah salah satu contohnya. Ada banyak pernak-pernik menarik di ruangan ini, seperti ayunan, dekorasi awan, pelangi dan yang lainnya.

  • Jam  Buka: Senin – Jumat
  • Harga Tiket Masuk: Rp 100.000 saat weekdays dan Rp 125.000 saat weekend

3. Ciputra  Artpreuneur

Ada lagi nih museum seni yang cocok untuk dijadikan tempat berswafoto para milenial, yaitu museum Ciputra Artpreneur. Ciputra Artpreneur adalah museum sekaligus galeri yang telah dibuka pada akhir Juli 2014.

Museum Ciputra tidak hanya menyediakan pameran kepada pengunjung, tetapi museum ini juga sering mengadakan acara, seperti seminar, fashion show, konser musik dan yang lainnya.

Di dalam museum, dipamerkan 32 lukisan dan 18 sketsa karya Hendra Gunawan, seorang seniman maestro modern  Indonesia. Kamu bisa berfoto di depan karya-karya beliau, tetapi harus tetap tenang ya, agar tidak mengganggu pengunjung lain.

Jika kamu ingin berkunjung ke museum ini, aksesnya mudah sekali. Apalagi jika kamu tinggal di apartemen Ciputra World 2. Hanya membutuhkan 5 menit jalan kaki untuk bisa sampai ke sana.

  • Jam Buka: Senin – Minggu, 12:00 – 18:00
  • Harga Tiket Masuk: Orang Dewasa Rp 30.000, pelajar Rp 15.000

4. Museum 3D Art Kota Tua

Berkunjung ke Kota Tua jangan hanya ke Museum Sejarah Jakartanya saja, tetapi juga museum 3D Art Kota Tua. Mungkin kamu belum pernah mendengarnya, karena ini memang museum yang baru dibuka tahun lalu.

Sesuai namanya, di dalam museum ini terdapat lukisan-lukisan yang seolah menciptakan efek 3D. Keren banget kan kalau dijadikan latar untuk swafoto? Ada sekitar 100 lukisan di museum ini yang dilukis oleh 9 sampai 10 pelukis. Semua dilukis di dinding museum.

Beberapa lukisan baru terlihat efek 3D-nya jika diambil dari angle yang tepat. Tidak perlu khawatir, kamu bisa meminta bantuan petugas untuk mencarikan posisi yang tepat. Mereka juga siap untuk memotret kamu!

  • Jam Buka: 10:00-22:00
  • Harga Tiket  Masuk: Dewasa Rp 60.000, Pelajar Rp 40.000

5. Museum Sejarah Jakarta

Masih di kawasan Kota Tua Jakarta, museum lainnya yang Instagramable adalah Museum Sejarah Jakarta. Kalau di museum ini, spot-spot yang Instagramable tidak hanya di bagian dalam museumnya saja, tetapi juga di bagian eksteriornya.

Museum Sejarah Jakarta menggunakan bangunan Balai Kota Jakarta (Stadhuis Van Batavia) yang dibangun pada tahun 1707-1712. Arsitekturnya masih belum banyak berubah dan khas sekali gaya Neoklasik-nya. Berfoto dengan latar bangunan ini pasti akan bikin feed Instagram kamu tambah menarik.

museum Instagramable di Jakarta

Wisatawan menikmati suasana liburan di kawasan Museum Fatahillah Jakarta, Rabu (30/7). Warga mengisi hari libur lebaran dengan berwisata bersama keluarga di berbagai tujuan wisata di Ibukota Jakarta. ANTARA FOTO/Andika Wahyu/Spt/14.

Apalagi bangunan Museum Sejarah Jakarta sudah ikonik sekali. Kalau ada orang yang melihat fotomu di sini, pasti langsung tahu kalau kamu sedang di Kota Tua.

  • Jam Buka:  Selasa – Jumat (08:00 – 16:00), Sabtu – Minggu (08:00 – 17:00)
  • Harga Tiket  Masuk: Dewasa Rp 5.000, Anak-anak Rp 2.000

 

Baca juga: +17 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits dan Kekinian Banget!

6. Museum Nasional

Siapa bilang museum edukatif tidak bisa jadi spot yang Instagramable? Buktinya banyak foto-foto bagus yang diambil di Museum Nasional, baik di bagian dalam maupun luarnya.

Biasanya, spot museum yang menjadi favorit adalah di bagian halaman dalam, tempat arca-arca dipamerkan. Sedangkan di bagian luarnya adalah bangunan lama museum. Kamu juga bisa berswafoto di beberapa objek pameran di dalam museum.

museum Instagramable di Jakarta

Museum Nasional sering mengadakan pameran-pameran temporer yang tidak kalah menarik dibanding pameran utamanya. Tidak jarang pameran bertema seni juga diadakan di sini.

  • Jam Buka:  Selasa – Minggu (09:00 – 15:00)
  • Harga Tiket  Masuk: Dewasa Rp 5.000, Anak-anak Rp 2.000

Bagaimana? Apa kamu sudah punya rencana pergi ke museum-museum Instagramable di Jakarta tersebut? Jangan lupa untuk tetap mempelajari koleksi-koleksinya juga ya, selagi berswafoto, agar semakin menambah wawasan.

Cek Jendela360.com untuk mengetahui informasi harga sewa apartemen di Jakarta maupun cari informasi sewa apartemen di Bandung terlengkap se-Indonesia!