Last Updated on

Siapa yang tidak kenal dengan kota Bandung? Suasana yang sejuk, pemandangan alam yang asri, dan, tentunya banyak sekali tempat-tempat wisata yang akan menyegarkan pikiran Anda. Bandung memang sudah menjadi sarana hiburan bagi masyarakat ibukota yang ingin melepas penat kehidupan sehari-hari.

Bila Anda ingin mengeksplorasi kota Bandung lebih dalam lagi, ternyata banyak sekali tempat-tempat yang sangat menghibur dan menyegarkan pikiran, apa saja ya?

20 Tempat Wisata Bandung Ini Kece Banget Loh! Instagrammable banget deh

1. Orchid Forest Cikole, Lembang

tempat wisata bandung

Taman bunga anggrek yang asri ini berlokasi di daerah pegunungan Lembang yang sejuk. Orchid Forest Cikole merawat 157 spesies jenis bunga anggrek yang cantik dan asri bertumbuh di sekitar kawasan Lembang. Daerah Lembang terkenal dengan udara yang bersih dan sejuk sehingga banyak pengunjung memilih berwisata ke sini.

Tempat ini tidak hanya membudidayakan spesies Anggrek, terdapat juga fasilitas outbond dan memiliki sarana eko-edukasi untuk studi wisata sekolah, konferensi, dan penelitian. Selain itu, tempat ini juga menyediakan coffee shop bila Anda ingin menikmati pemandangan sejuk sambil menyantap kopi.

2. Rainbow Garden, Lembang

tempat wisata bandung

 

Berlokasi di daerah Floating Market Lembang, taman bunga ini mengoleksi variasi bunga yang 80 persen di antaranya bisa dikonsumsi, lho! Iya, bisa dimakan langsung! Pemilik taman bunga ini ingin keluarga yang membawa balita tidak perlu takut bila sang buah hati memakan bunga karena bunga-bunga yang berada di taman tersebut sangat aman.

Taman bunga ini didesain khusus seperti pelangi. Selain asri, pemilik juga menjual beragam-beragam bunga khas dari Rainbow Garden dan beragam tumbuhan-tumbuhan hijau seperti kaktus, bisa anda beli di sini.

3. Rumah Guguk, Lembang

tempat wisata bandung

Ini adalah salah satu destinasi favorit bagi Anda yang penyuka teman berbulu yang mungil dan menggemaskan. Rumah Guguk adalah salah satu tempat ternak anjing yang sangat populer di kalangan masyarakat Bandung. Anda bisa datang ke sini untuk bermain bersama kawanan anjing yang menggemaskan bersama keluarga Anda.

Tidak usah khawatir! Anjing-anjing yang berada di Rumah Guguk sudah dirawat dengan kasih sayang sehingga mereka sangat jinak dan ramah terhadap pengunjung. Jadi, Anda bisa bermain dengan tenang bersama mereka. Di samping anjing, Rumah Guguk juga merawat salah satu hewan peliharan paling menggemaskan, yaitu beragam spesies kucing yang terpisah dari taman anjing. Di sana, terdapat banyak sekali jenis-jenis kucing yang menggemaskan seperti ragdoll, scottish fold, calico, mainecoon, dan berbagai jenis lainnya.

4. The Lodge Maribaya, Lembang

tempat wisata bandung

 

The Lodge Maribaya ini adalah salah satu tempat wisata yang sangat dekat dengan alam. Pemandangan hutan pinus yang hijau, dekat dengan pemukiman dan area pertanian membuat pusat hiburan di sini sangatlah menarik.

Lokasi yang dekat dengan mata kaki Gunung Tangkuban Perahu ini adalah destinasi yang menarik bagi Anda seorang pecinta alam. Selain terbukanya ruang hijau, The Lodge Maribaya juga menawarkan fasilitas-fasilitas hiburan seperti tracking mengelilingi hutan pinus, camping, dan ruang serbaguna yang digunakan untuk acara gathering.

Baca juga: Punya Banyak Tempat Wisata, Tambah Betah Tinggal di Kawasan BSD

5. Gunung Kawah Putih, Tangkuban Perahu

tempat wisata bandung

Kawasan ini berada di antara dua gunung yang terkenal di daerah Bandung, yaitu Gunung Tangkuban Perahu dan Gunung Patuha. Fakta mengatakan, air berwarna putih yang di kawah tersebut mengandung zat kimia tertentu, yaitu zat belerang yang sangat bagus untuk perawatan muka dan kulit. Meskipun warnanya cenderung hijau muda, warna air di kawah tersebut bisa berubah dengan warna yang berbeda.

Latar belakang dari pada pemandangan tersebut memberikan kesan cantik dan estetika gloomy yang cocok untuk diunggah dalam Instagram Anda.

6. Gedung Sate, Bandung

tempat wisata bandung

Tempat bersejarah ini adalah pusat kawasan hiburan-hiburan unik dan sarana kreativitas anak muda terakomodir di sini. Sebetulnya, Gedung sate adalah gedung perkantoran untuk Gubernur Daerah Jawa Barat, namun di depan gedung sate selalu rutin diselenggarakan  budaya kesenian setiap malamnya.

Di sini, Anda tidak hanya menemukan aneka jajanan yang tentunya memanjakan perut Anda, Anda juga menemukan ragam prakarya-prakarya yang sangat cantik dan fungsional untuk keperluan hidup Anda. Tidak hanya itu, tempat ini juga berdekatan dengan pusat perbelanjaan Braga, Trans Studio Bandung, dan juga dua institusi pendidikan ternama: Institut Teknologi Bandung dan Universitas Katolik Parahyangan.

7. Armor Kopi, Dago

tempat wisata bandung

Jika Anda ingin merasakan sensasi meminum kopi di atas pegunungan, tentunya Armor Kopi akan menjadi tempat yang tepat untuk Anda, si pecinta kopi. Area ini memang terkenal dekat sekali dengan perkebunan kopi di daerah Bandung.

Armor Kopi menyajikan beragam jenis kopi yang langsung dipetik dari perkebunannya. Tidak hanya itu, para barista-barista (sebutan untuk peracik kopi) juga siap melayani Anda untuk mencicipi kopi yang nikmat khas Dago.

8. Curug Dago, Bandung

tempat wisata bandung

Air terjun ini bertempat di Kecamatan Coblog, Dago, Bandung. Tinggi air terjun ini hanya berkisar sekitar 10 meter sehingga bisa dibilang cukup pendek, namun air terjun tersembunyi ini sangat indah dan sejuk. Sensasi dingin dari gemercik air terjun akan membantu melepaskan penat dan stress Anda dari kesibukan sehari-hari

Bila Anda tertarik untuk berwisata di area Curug Dago, Anda diberikan dua opsi arah untuk perjalanan Anda:

  1. Bila menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa melewati jalan seberang Terminal Dago dan melewati Taman Budaya Ganesha Dago
  2. Bila menggunakan transportasi umum, Anda bisa menggunakan angkutan kota (angkot) berwarna campuran putih-hijau-orange jurusan Caringin – Dago. Lalu, anda bisa melanjutkan perjalanan dari terminal Dago dengan menggunakan ojek

Baca juga: Mau Jalan-jalan di Jakarta? Ada 21+ Spot Menarik Untuk Dikunjungi Lho!

9. Wisata Edukasi Observatorium Bosscha, Bandung

tempat wisata di bandung paling kekinian

Salah satu destinasi wisata edukasi di Lembang ini adalah tempat mikroskop besar untuk melihat bintang-bintang di langit. Lokasi wisata ini pernah digunakan oleh kru film untuk melakukan syuting film “Petualangan Sherina”.

Apabila Anda tertarik berkunjung, Anda harus mendaftar terlebih dahulu karena dilarang memasuki area tanpa persetujuan dari pihak Observatorium Bosscha.

10. Tempat Wisata Air Panas Ciater, Lembang

tempat wisata bandung

Bila Anda merasakan stress dan pegal-pegal karena perjalanan yang panjang, tempat air panas Ciater, Lembang bisa menjadi alternatif Anda untuk refreshing. Air panas Ciater berjarak 30 KM di arah utara Bandung. Pemandian air panas ini sekaligus berdekatan dari kawah Gunung Tangkuban Perahu sehingga panas dari kawah aktif tersebut membuat air menjadi panas

11. Bandung Zoo

tempat wisata bandung

Jika Anda ingin melihat eksotisme hewan-hewan lokal, kebun binatang Bandung adalah destinasi yang tepat untuk Anda. Berdekatan dengan kampus ITB, wilayah ini seringkali digunakan untuk melakukan studi bagi mahasiswa ITB jurusan Biologi sehingga kebun binatang ini juga berguna sebagai area studi wisata.

Harga tiket masuk yang dipatok tidak begitu mahal, hanya Rp 20.000 per orang. Untuk anak-anak di atas 3 tahun dikenakan biaya Rp 15.000.  Bila ada anak berumur di bawah 3 tahun maka tidak dipungut biaya alias gratis.

12. Wisata Rumah Mode, Bandung

tempat wisata bandung

Ada pepatah mengatakan bahwa apabila Anda belum berkunjung ke Rumah Mode, Anda sama sekali tidak merasakan Bandung yang sebenarnya. Karena toko baju atau yang kita kenal sebagai factory outlet ini sangat terkenal di Bandung dengan berbagai macam baju dan gaun cantik yang dijual.

Tidak hanya itu saja, lho! Selain tempat baju, Rumah Mode juga menyediakan beberapa kedai kecil dan restoran-restoran yang menyajikan makanan khas Jawa Barat.

13. Paskal Food Market

tempat wisata bandung

Bila Bandung menginjak malam hari, artinya sudah waktunya makan-makan. Paskal Food Market adalah salah satu destinasi yang menjadi favorit kalangan masyarakat Bandung. Jumlah kios yang tersebar di daerah Paskal lebih dari ratusan sehingga dinobatkan sebagai pusat kuliner legendaris di daerah Bandung.

14. De’Ranch Lembang

tempat wisata bandung

Salah satu destinasi daerah Bandung yang tidak boleh dilupakan oleh Anda adalah area De’Ranch Lembang. De’Ranch Lembang adalah tempat peternakan hewan sapi dan kuda dengan ladang hijau yang luas serta udara sejuk. Di sini, Anda bisa menunggang kuda-kuda besar yang jinak serta melihat peternakan sapi.

Selain itu, Anda juga bisa bermain di area De’Ranch yang menyediakan panahan, fun boat, flying fox, dan beberapa wahana lainnya.

15. Jalan Braga

tempat wisata bandung

Sekitaran Braga adalah salah satu ikon utama dari Bandung. Kawasan ini terkenal dengan banyaknya toko makanan bertengger di seluruh jalan dan berbagai restoran-restoran yang sudah ada sejak zaman kolonial Belanda. Tempat sekitar Braga menawarkan berbagai macam spot-spot kuliner yang lezat dan tentunya memuaskan untuk perut Anda.

16. Farmhouse Lembang

tempat wisata bandung

Destinasi wisata ini bisa dibilang merupakan salah satu tempat wisata terbaru. Dibangun tahun 2015, Farmhouse menampilkan desain atmosfer Eropa yang menyediakan spot-spot unik seperti rumah hobbit. Selain itu, tempat ini juga cocok bagi anak-anak dikarenakan tersedianya kandang binatang lucu seperti kelinci dan domba serta rumah-rumah hobbit yang berada di sekitaran Farmhouse.

17. Kebun Teh Sukawana

tempat wisata bandung

Daerah Jawa Barat, khususnya Bandung, memang terkenal dengan kekayaan sumber  daya alam yang sering kita temui, yaitu kebun teh. Kebun Teh Sukawana yang berada di daerah Lembang ini adalah salah satu destinasi wisata yang cocok bila Anda ingin merasakan kesejukan udara dan sekaligus dekat dengan alam

Kebun teh yang dirawat sangatlah hijau dan terbentang luas, serta suasana kebun tersebut tentunya tenang. Hal ini tentunya memberikan energi positif bila Anda ingin jauh dari kebisingan kota.

18. Dusun Bambu, Lembang

tempat wisata bandung

Wisata eco-friendly ini sudah berdiri sejak tahun 2014. Walaupun sesungguhnya destinasi wisata di sekitar Lembang sudah memiliki berbagai macam tempat wisata yang terbuka, namun tempat inilah yang menjadi pionir wisata ruang terbuka di daerah tersebut.

Di Dusun Bambu, Anda akan menemukan beragam restoran, pujasera, cafeteria, taman bunga, camping field, dan villa-villa penginapan

19. Sanghyang Heuleut

tempat wisata bandung

Sanghyang Heuleut adalah salah satu tempat wisata paling eksotis di daerah Bandung. Berdasarkan rumor, Sanghyang Heuleut merupakan peninggalan wisata alam zaman purbakala. Wisata alam ini adalah wisata legendaris bagi kalangan masyarakat Bandung. Konon, pada zaman dahulu, danau Sanghyang Heuleut adalah permandian untuk para bidadari-bidadari dan salah satu daerah dalam kisah legenda Jawa Barat, Sangkuriang.

Menurut mitos masyarakat, tempat ini dahulu kala adalah tempat mandi Dayang Sumbi, ibunda dari Sang Kuriang.

20. Lereng Anteng Panoramic Coffee

tempat wisata bandung

Bisa dibilang ini adalah tempat usaha kopi yang sangat istimewa karena berlokasi di lereng atas Lembang, lebih tepatnya berada di kawasan pemukiman Kampung Pagermaneuh.

Tempat ini berbentuk dusun bambu sehingga tempat ini sangat cocok berfoto-foto untuk konten Instagram.

Wah, kedengarannya asik yah? Lalu bagaimana mencari tempat tinggal apartemen yang tentunya dekat dengan dua puluh area hiburan di atas? Di sini, kami akan memberikan Anda mengenai apartemen-apartemen yang lokasinya berdekatan dengan kawasan hiburan tersebut:

5 Apartemen dekat Tempat WIsata di Bandung

Apartemen @Galeri Ciumbuleuit 

Apartemen ini berlokasi di daerah Cihampelas dan dibangun bersebelahan di samping Cihampelas Shopping Mall. Apartemen ini memiliki taman hijau yang luas dan menawarkan kolam renang yang lebar. Untuk ketersediaan fasilitas, mereka juga menyediakan ruang parkir yang luas dan Wi-Fi.

Untuk masalah jarak, apartemen ini berdekatan dengan institusi pendidikan terkenal, yaitu Universitas Katolik Parahyangan dan Institut Teknologi Bandung. Selain itu, tempat ini juga berdekatan dengan Gedung sate dan hanya membutuhkan waktu tempuh 39 menit ke sana.

Klik disini untuk booking apartemen Galeri Ciumbuleuit

Deer Apartemen Unit

Apartemen yang berada di daerah Ahmad Yani ini terbilang cukup nyaman  dikarenakan memiliki fasilitas-fasilitas yang terbilang lengkap. Deer apartemen menawarkan kolam renang yang luas dan juga berbagai sarana olahraga yaitu tempat fitness dan lapangan basket. Deer apartemen ini berlokasi dekat dengan Trans Studio Bandung. Selain itu, apartemen ini juga sekaligus dekat dengan Dusun Bambu Leisure Park dan daerah wisata seperti Museum Pos Bandung dan Museum Geologi Bandung

 

Sudirman Suites Apartment

Hunian modern yang berada di pusat kota Bandung ini menawarkan konsep healthy living. Sesuai dengan konsep yang ditawarkan, hunian ini dilengkapi dengan taman hijau yang luas dengan beragam fasilitas kesehatan seperti fitness center, kolam renang, lobby, sistem keamanan 24 jam, dan CCTV

Selain itu, tempat ini juga terdapat area komersil seperti pusat laundry, minimarket, salon, dan beberapa restoran. Sudirman Suites Apartment juga dekat dengan Pasar Baru Trade Center, Bandara Husein, dan tentunya cukup satu jam saja menuju kawasan wisata Lembang.

Klik disini untuk booking apartemen Sudirman Suites Apartment

The Jarrdin Apartment

Jika Anda mencari unit apartemen yang cenderung ekonomis, The Jarrdin Apartemen ini adalah salah satu pilihan ideal mengingat apartemen ini berada dekat dengan Bandara Husein Sastranegara dan hanya 0.5 km dari kebun binatang Bandung.

Fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap seperti adanya kolam renang, fitness centre, area khusus merokok, dan restoran.

 

The Edge Apartment Baros

Tentunya apartemen ini sangatlah ideal karena apartemen ini berdekatan dengan beberapa destinasi-destinasi sekitar daerah Lembang. Berlokasi di daerah Baros, tempat ini sangat dekat dengan beberapa tempat wisata seperti Gunung Tangkuban Perahu, Ciwidey, Taman Bunga Floating Market, The Lodge Maribaya dan sekitaran Lembang lainnya.

Dengan kehadiran apartemen di atas beserta dengan beragam destinasi wisata, Anda sudah bisa mempertimbangkan apartemen mana yang ingin Anda singgahi. Lalu bagaimana bila Anda tertarik untuk menyewanya langsung? Tenang saja, Anda bisa mengunjungi salah satu website sewa apartemen Jendela360.com. Di website ini, Anda akan menemukan beragam apartemen yang disewakan.

Caranya mudah, Anda tinggal pilih unit yang ingin Anda sewa lalu book unit yang Anda sukai. Anda juga bisa bertanya kepada customer service yang akan memberikan informasi terkait unit yang mau Anda sewa. Tertarik untuk menyewa apartemen? Temukan apartemen di Bandung favorit Anda hanya di Jendela360