Salah satu cara untuk mempercantik rumah ialah dengan menggunakan ornamen dinding. Ornamen dinding tak perlu dipertanyakan lagi akan menjadi daya tarik serta menambah segi estetika dari rumah.

Tidak itu saja, ornamen dinding rumah juga dapat memiliki fungsi lain selain sebagai unsur hiasan untuk menambah keindahan. Salah satunya, ornamen multifungsi yang bisa digunakan.

Ada banyak sekali jenis dari ornamen dinding rumah yang bisa digunakan untuk mempercantik. Masing-masing ornamen memiliki fungsi tersendiri selain sebagai hiasan, juga untuk menjadi tempat penyimpanan misalnya.

Untuk itu tak heran bila saat ini banyak orang menggunakan ornamen di rumah sebagai bagian dari menambah estetika dengan cara mudah.

Di bawah ini merupakan 7 macam hiasan dan ornamen dinding rumah

1. Cermin

Cermin merupakan salah satu hiasan dan ornamen dinding yang sangat sering digunakan. Selain bisa mempercantik ruangan, cermin juga memiliki berbagai fungsi berbeda.

Selain fungsi utama dari cermin itu sendiri, cermin juga bisa membuat ruangan rumah tampak lebih luas. Cermin juga dapat menghadirkan suasana baru dalam ruangan rumah.

Saat ini ada banyak sekali jenis dan tipe cermin yang bisa dijadikan ornamen dan hiasan di ruangan rumah. Jenis jermin berbeda bahkan akan menghadirkan suasana ruangan yang berbeda pula.

Misalnya cermin dengan desain minimalis akan cocok digunakan untuk ruangan sempit dan kecil.

2. Pigura foto

Pigura ornamen dinding rumah

Selain cermin, ornamen dinding rumah lain yang wajar dan sering digunakan merupakan pigura foto. Pigura foto kerap kali digunakan sebagai fungsinya, sebagai tempat memajang foto di dinding.

Di sisi lain, pigura foto juga bisa digunakan untuk hiasan pada dinding rumah terutama dengan penataan yang tepat.

Untuk mempercantik rumah, pigura foto kerap kali digunakan sebagai ornamen. Peletakan dan pengaturan pigura yang tepat akan menghadirkan tampilan yang berbeda pula.

Pigura foto kerap kali digunakan sebagai hiasan dengan menempelkan sepanjang dinding di tangga, misalnya. Selain itu pengaturan pigura dengan satu warna yang sama dan ukuran berbeda juga menghadirkan kesan ruangan lebih elegan.

Baca juga: Lebih Baik Tinggal di Apartemen atau Rumah? Ini jawabannya

3. Foto atau poster

Selain diletakkan di dalam pigura, berbagai bentuk peletakan foto sampai poster bisa menjadi ornamen dan hiasan di dinding rumah.

Sering kali foto atau poster tanpa pigura ini dijadikan sebagai hiasan serta ornamen di kamar. Salah satunya untuk memberikan kesan lebih hangat dan juga dekat daripada bila menggunakan pigura.

Untuk foto, yang menjadi tren untuk ornamen saat ini merupakan menggantungkan melalui tali. Baik itu tali khusus sampai juga tali untuk lampu.

Cara ornamen ini memberikan penampilan ruangan kamar yang lebih muda. Selain juga estetik modern. Untuk poster juga bisa digantung dan menjadi ornamen ruangan kamar yang menarik.

4. Lampu

Lampu memang tak begitu sering digunakan sebagai ornamen pada dinding kamar. Meski beberapa tahun terakhir, tren ini berubah.

Lampu tak hanya sekedar digantung dari langit-langit ruangan atau pun diletakan di meja dan lantai. Lampu juga saat ini menjadi ornamen serta hiasan cantik untuk dinding ruangan.

Seperti juga foto, lampu kerap kali digunakan sebagai ornamen di dinding ruangan kamar. Lampu dengan berbagai bentuk seperti awan sampai juga buah-buahan dan karakter kartun menjadi hiasan manis sekaligus berfungsi sebagai lampu tidur.

Ini memang keunggulan lain menggunakan lampu sebagai ornamen. Selain hiasan, lampu juga memiliki fungsi ketika digunakan dalam ruangan.

5. Anyaman

Anyaman menjadi ornamen dinding rumah yang terbilang unik. Berbeda dengan jenis hiasan dan ornamen lain, anyaman memang belum banyak digunakan.

Meski terbukti menggunakan anyaman akan menjadi sebuah sentuhan manis tersendiri dalam estetik rumah.

Anyaman yang digunakan sebagai dekorasi dan ornamen dinding kerap kali buatan sendiri atau handmade Sehingga menambah sentuhan sentimental pada dekorasi rumah.

Ada beberapa bentuk anyaman yang kerap kali digunakan untuk dekorasi. Makarami merupakan salah satu jenis anyaman yang paling sering dan banyak digunakan.

Selain memberikan sentuhan sentimental, adanya anyaman di ruangan terutama ruang keluarga juga memberikan kesan hangat dan homey tersendiri.

Baca juga: Kamu dan Pasangan Ingin Punya Rumah Sendiri? Ini Dia Estimasi yang Harus Dipersiapkan

6. Kain atau gorden

Gorden dan kain dengan berbagai motif berbeda menjadi ornamen menarik di dinding rumah. Gorden bukan hanya digunakan untuk jendela atau pun pintu.

Menggunakan gorden juga bisa menjadi cara menutupi kekurangan pada dinding ruangan. Ini merupakan satu cara yang saat ini mulai banyak pula digunakan.

Sedangkan kain akan menghadirkan efek sama sekali lain dalam ruangan.

Terdapat perbedaan dalam penggunaan kain dan gorden untuk ornamen dan hiasan di dinding rumah ini. Kain kerap kali digunakan di dinding kamar dan memberikan kesan lebih hangat.

Serta sentuhan personal. Sedangkan gorden sering digunakan sebagai ornamen dinding di ruangan tamu serta keluarga di rumah.

7. Rak

rak ornamen dinding rumah

Rak menjadi ornamen dinding lain yang sangat populer. Popularitas menggunakan rak tak hanya menjadi hiasan di dinding. Melainkan juga dengan berbagai fungsi lain.

Untuk hiasan, rak yang menempel di dinding kerap kali menjadi tempat untuk meletakan vas bunga, lilin, lampu, sampai juga foto yang akan memberikan estetika berbeda pada ruangan rumah.

Penggunaan rak merupakan ornamen dan hiasan paling mudah. Serta tentunya memberikan tampilan cantik pada ruangan.

Dari 7 ornamen dinding rumah di atas, bisa dipilih mana yang paling cocok serta sesuai dekorasi. Memiliki ornamen yang tepat untuk dinding tak hanya memberikan tampilan berbeda di ruangan rumah. Melainkan juga menghadirkan suasana berbeda.