Ketika kamu ingin memulai usaha, lantas bingung dengan modal pinjaman. Apa yang kamu akan lakukan?! Berdiam diri dengan mengharapkan keajaiban? atau berusaha mencari pinjaman uang?

Namun, yang jadi masalah adalah, ketika modal / uang yang kita pinjam, berkembang pesat karena beban bunga yang tumbuh. Banyak orang yang membutuhkan modal usaha, bayar uang kuliah, bahkan untuk menikah.

Semakin kesini, nasabah dimudahkan dengan adanya pinjaman online. Dengan mengisi formulir online, serta menyertakan beberapa data-data untuk kepentingan pendataan.

Namun, semua itu tidak menjamin kita untuk duduk tenang menunggu dana itu cair. Kamu juga harus pandai memilih pinjaman yang bebas bunga!

Emang ada pinjaman bebas bunga?!

Ada kok! Kita bisa jumpai beberapa pinjaman dengan label “Syari’ah atau tanpa riba”.¬†Pinjaman tanpa bunga ini, dirancang khusus untuk nasabah yang tidak ingin membayar cicilan dengan tambahan bunga.

Maka dari itu pihak bank syariah biasanya menggunakan akad murrabahah dan ijarah, yaitu sistem bagi hasil, untuk mendapatkan keuntungan !

Seiring berlangsungnya waktu, kemajuan teknologi didalam dunia digital pun semakin pesat. Apa-apa harus digital, apa-apa harus berhubung

Kita sebagai calon nasabah, harus cermat untuk memilih pinjaman yang terpercaya dan sudah terdaftar serta diawasi oleh OJK. OJK atau bisa juga disebut sebagai Otoritas Jasa Keuangan.

OJK adalah lembaga yang independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. Nah, jika kamu menemukan salah satu jasa atau bank yang tercantum dalam OJK, berarti itu sudah aman.

Sudah banyak kasus para oknum yang memberi label dirinya sebagai pinjaman online tanpa bunga dan terpercaya, tetapi tidak tercantum di daftar OJK. Alih-alih memilih pinjaman tanpa bunga, eh malah terlilit banyak hutang, karena bunga yang berkembang. Tetap waspada !

Sebelum kamu memutuskan untuk melakukan pinjaman, yuk simak beberapa Tips dan Memilih Pinjaman Tanpa Riba

TIPS Memilih pinjaman Tanpa Riba

Tentukan nominal

Sebagai calon nasabah pinjaman uang, kita harus bisa menentukan nominal uang yang akan dipinjam. Sebelum kamu memilih pinjaman tanpa riba. Jika kamu meminjam uang untuk modal usaha, coba hitung kembali, berapa modal yang harus kamu pinjam, dan berapa modal yang bisa kamu tanggung sendiri. Hal ini tentu akan meminimalisir resiko – resiko lain, tentunya akan menghindarkan kamu dari Hutang.

Harus memiliki opsi yang berbeda, untuk pembanding

Ada baiknya sebelum kamu melakukan pinjaman tanpa riba, kamu harus memiliki beberapa opsi pilihan untuk membandingkan apakah pinjaman A dan B bisa meringankan kamu dalam pengembalian uang? atau malah mempersulit kamu.

Kamu juga bisa cek di website OJK, apakah pilihan pinjaman kamu terdaftar atau tidak? Jadi, manakah produk pinjaman tanpa riba yang cocok dengan kebutuhanmu saat ini?

Memahami dengan baik semua persyaratannya

Nah, ini adalah hal yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu memilih pinjaman tanpa riba. kamu harus memahami dengan baik syarat produk pinjaman tanpa riba tersebut. Jangan sampai kamu tergiur dengan jargon yang diberikan, tapi lupa memahami syaratnya. Alih-alih menjadi solusi, malah membikin bengkak dafrat hutang kamu.

Paham dengan segala bentuk konsekuensi

Setelah 3 tips diatas, kamu juga harus paham konsekuensi juga dong sebelum memilih pinjaman tanpa bunga / riba. Karena, ada beberapa produk pinjaman tanpa riba yang memilik konseukensi yang harus kamu ketahui.

Misalnya, kamu harus menggadaikan kendaraan sebagai jaminan, sehingga kamu tidak bisa menjualnya sampai prihal pinjam meminjam lunas. Jangan sampai kamu baru paham dengan konsekunsinya setelah mengajukan pinjaman ya? Kamu juga harus memperhitungkan untung ruginya.

Ini dia Pilihan Pinjaman Tanpa/Bebas Bunga

1. KTA Syariah

pinjaman tanpa bunga

KTA syariah, atau bisa dibilang menjadi Kredit Tanpa Anggunan, yang pasti tanpa bunga atau riba. Merupakan produk perbankan  dengan sistem syariah, atau tanpa riba. KTA syariah ini hampir mirip dengan produk pinjaman bank lainya lho.

Hanya saja KTA Syariah ini hanya dikeluarkan oleh bank syariah. Untuk sistem syariah, bunga diperhitungkan dengan menggunakan sistm bagi hasil, setelah terjadi keuntungan.

KTA syariah ini menawarkan plafon pinjaman mulai dari 5 juta – 100 juta rupiah, dengan jangka waktu penlunasan 4 tahun, tergantung dari kebijakan masing-masing bank syariah.

2. Pegadaian Syariah

pinjaman tanpa bunga

Ketika kamu ingin memilih pinjaman tanpa riba, kamu bisa coba ke pegadaian syariah. Pegadaian syariah, tidak jauh berbeda dengan pegadaian konvensional, yaitu sama-sama menyalurkan sejumlah uang dengan barang.

Proses untuk mendapatkan pinjaman ke pegadaian syariah ini sangat mudah, kamu bisa datang ke kantor pegadaian syariah terdekat, lalu menukarkan barang berharga kamu dengan sejumlah uang yang kamu butuhkan.

Nah, namanya juga pegadaian syariah, pasti sudah menjadi solusi untuk meminjam uang tanpa riba. Sistem yang ditawarkan sedikit berbeda dengan pegadaian konvensional, jika pegadaian konvensional mengambil keuntungan dengan adanya sistem bunga, maka pegadaian syariah tidak menggunakan sistem bunga, Melaikan berupa upah jasa untuk pemeliharaan barang jaminan.

Wah, mudah banget kan? cocok banget buat kamu yang kepepet buat bayar uang kuliah nih

3. Produk Pinjaman Online Tanpa Riba

Lagi marak-maraknya nih tentang pinjaman online tanpa memungut bunga, atau riba. Produk ini banyak ditawarkan oleh perusahaan Fintech atau Financial Technology di indonesia. Hal ini tentu bertujuan untuk memudahkan para nasabah untuk mendapatkan fasilitas pinjaman uang secara online.

Salah satunya adalah SyarQ. yaps, salah satu pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin mengajukan pinjaman tanpa riba. Bisa dibilang produk ini mirip dengan solusi pembiyaan kredivo / sistem cicilan. Namun, SyarQ ini menjalankan prinsip-prinsip syariah, yang pasti tanpa riba. Pas banget nih buat kamu yang mau ganti laptop baru dan hanya mampu cicil, yang pasti sih bebas riba.

Margin yang didapatkan oleh SyarQ dari debitur yang gunakan layanannya seperti apa sih? penasaran? yuk tetep simak yaa !

Misal, kamu beli laptop seharga 3.650,000, tanpa DP dan pastinya menggunakan Fasilitas SyarQ. jadi begini skema cicilan kamu yang harus dibayarkan:

  • Selama 1 bulan sebesar¬†Rp. 4.221.500
  • Selama 2 bulan sebesar Rp. 2.111.000 ( 2 kali cicil)
  • Selama 3 bulan sebesar Rp. 1.407.500 ( 3 kali cicil)
  • Selama 5 bulan sebesar Rp. 845.000 ( 5 kali cicil)

Kamu bisa mendapatkan layanan SyarQ ini dari website nya langsung https://syarq.com/ atau bisa mengunduh aplikasinya lewat Play Store . Ohia, SyarQ tidak hanya mencicil barang elektronik lho.

SyarQ pun bisa mencicil semua barang-barang yang tersedia dibeberapa e-commerce yang bisa kamu jumpai! Walaupun produk pinjaman online tanpa riba ini sangat menjanjikan, ada baiknya kamu bisa memperhitungkan cicilan mana yang gak memberatkan penambahan catatan hutang kamu ya!

4. Kartu Kredit Syariah

pinjaman tanpa bunga

Kamu pasti kaget, kenapa kartu kredit masuk ke dalam pilihan pinjaman tanpa riba? Jangan protes dulu, yuk simak dulu yuk!

Jadi, kartu kredit syariah ini sudah ada dikeluarkan sejak tahun 2006 lalu, memang pamornya tak seramai dengan kartu kredit konvensional pada umumnya.

Fasilitas kartu kredit syariah ini bisa menjadi salah satu sumber danamu lho! Wah, keren.

Sama seperti kartu kredit bank konvensional pada umumnya, kartu kredit syariah ini menggunakan biaya tahunan, biaya keterlambatan, dan biaya administrasi.

]Tidak perlu takut lagi akan riba jika kamu memilih kartu kredit syariah. Karena, menggunakan akad ijarah dengan menetapkan biaya iuaran keanggotaan sebagai imbalan karena sudah menggunakan fasilitas kartu kredit syariah.

Yang pasti – pasti aja, kalau kamu sudah mulai senang dengan pilihan kartu kredit syariah sebagai pinjaman tanpa riba, kamu harus pergunakan dengan baik ya?

5. Meminjam Dengan Keluarga atau Teman Dekat

Ada yang sudah pernah mencoba plihan ini? Yaps, keluarga atau teman dekat adalah solusi pinjaman tanpa riba yang gak pake ribet! Eits, tapi harus komitmen untuk membayar hutang. Alih-alih keluarga, tempo waktu bayar hutang di longgarkan, yang ada mereka kapok gak mau meminjamkan uang dengan kamu.

Sebelum kamu melakukan hal ini pastikan kamu dan keluarga atau teman ikhlas untuk memberikan pinjaman tanpa riba kepada kamu. Ada baiknya kamu memilik persetujuan antara dua belah pihak, kamu dan dia.

Tentukan jumlah nominal dan tenggang waktu yang tepat untuk membayar hutang ya? Jangan membuat kecewa ! Jika kamu belum mampu membayarnya, berkatalah jujur dan sedikit membujuk untuk meminta tempo waktu yang renggang, mereka pasti mengerti dengan keadaan mu.

Tips dan pilihan pinjaman tanpa riba sudah, sekarang waktunya kamu bekerja keras agar bisa membayar tepat waktu. Bekarja keraslah agar uang pinjaman bisa terbayar dengan batas waktu yang telah ditentukan.

Jangan sampai terjadi hal-hal yang diluar dugaan terjadi karena kelalaian kita, karena kepercayaan itu mahal.

Lagi cari sewa apartemen cicilan 0% alias tanpa bunga? Cek Jendela360.com untuk mengetahui informasi cara sewa apartemen di Jakarta maupun cara bayar sewa apartemen di Bandung pakai cicilan 0%!