Apa saja kriteria tempat usaha yang bagus yang diinginkan oleh konsumen? Membuka bisnis tidak bisa dikatakan mudah karena ada banyak faktor yang harus anda pertimbangkan.

Salah satunya adalah mempertimbangkan lokasi tempat usaha yang terbaik yang akan menarik minat konsumen untuk datang ke tempat anda.

Menentukan tempat usaha juga bisa berpengaruh terhadap keberhasilan anda di dalam menekuni usaha yang anda jalankan saat ini.

Ketika seseorang memilih tempat usaha sembarangan bisa mengakibatkan resiko mengalami kerugian. Bahkan berpotensi menyebabkan usahanya tersebut harus gulung tikar.

Resiko kegagalan seperti inilah yang tentunya semua orang tidak menginginkannya, termasuk anda. Akan tetapi, jika anda menjalankan usaha yang berbasis online, tempat usaha sudah tidak perlu menjadi pertimbangan anda lagi.

Kriteria Tempat Usaha yang Bagus dan Strategis

Menentukan sebuah tempat usaha sama halnya menentukan usaha apa yang akan anda jalankan. Hal ini karena lokasi tempat usaha bisa berpengaruh terhadap jenis usaha yang anda dirikan.

Lalu apa saja kriteria tempat usaha yang didinginkan konsumen? Berikut ini akan kami berikan jawabannya.

1. Mudah dilihat

tempat usaha yang bagus di pinggir jalan

Faktor tempat usaha yang pertama dan yang paling dasar adalah tempat usaha anda mudah dilihat. Tempat usaha yang mudah dilihat akan memberikan peluang yang lebih besar bagi konsumen untuk datang ke tempat anda.

Berbeda halnya ketika tempat usaha anda berada di lokasi yang tidak mudah dilihat. Akibatnya, konsumen akan berpikir dua kali untuk datang ke tempat anda, sekali pun produk yang anda jual termasuk salah satu yang banya diminati masyarakat.

Kemungkinan terburuknya, konsumen akan beralih tempat usaha yang menjual produk yang sama dengan anda, namun lokasinya lebih mudah dijangkau.

Jadi, pastikan tempat usaha yang akan anda pilih mudah dilihat dan dijangkau sehingga konsumen tidak akan berpikir dua kali untuk pergi ke sana.

2. Sering dilalui

Tempat usaha yang bagus adalah tempat usaha yang sering dilalui. Usaha yang akan anda pilih haruslah yang sering dilalui kendaraan maupun pejalan kaki.

Tentu anda sudah tahu bahwa kondisi ini juga akan meningkatkan peluang bisnis anda untuk meraih kesuksesan.

Sebuah tempat usaha yang lokasinnya tidak strategis membuat pemilik kesulitan untuk mencapai target. Maka dari itu, pastikan tempat usaha anda sering dilalui.

Dengan trafik yang ramai inilah banyak konsumen yang banyak datang untuk membeli produk anda. Terlebih jika produk yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan para konsumen.

Baca juga: 8 Tips Jitu Memilih Tempat Usaha Strategis

3. Dekat target pasar

Sebelum anda mulai memilih tempat usaha, maka langkah awal yang harus anda lakukan adalah menentukan jenis usaha apa yang akan anda pilih.

Dengan begitu, anda bisa memperkirakan kira-kira siapa target pasar yang akan memanfaatkan produk atau jasa yang anda tawarkan.

Contoh sederhananya, ketika anda ingin membuka usaha toko ATK, maka tentu lokasi terbaik adalah dekat dengan sekolahan atau perkantoran.

Jika anda ingin menjalankan usaha warung makan atau minuman dingin, maka pastikan lokasinya dekat dengan keramaian. Dengan memilih tempat usaha yang dekat dengan target pasar akan memberikan kemudahan ketika anda menjalankan usah anada.

Potensi mendpatkan keuntungan pun akan semakin besar dan pundi-pundi uang akan terus mengalir ke kantong anda.

4. Tempat usaha tidak dalam kuasa negara

Tempat usaha yang bagus adalah tempat yang tidak berada dalam kuasa negara. Maka dari itu, ketika anda sudah menentukan tempat usaha anda, maka sekarang yang harus anda lakukan adalah menanyakan surat-surat penting.

Anda harus mengecek surat tersebut asli agar ketika anda menjalankan usaha tidak sampai mengalami permasalahan yang tidak anda inginkan.

Jadi, meskipun anda berada di tempat usaha yang strategis, ramai, dan berpotensi menghasilkan banyak keuntungan, namun ketika tempat tersebut ternyata masih milik negara, lebih baik anda mencari tempat yang lainnya yang bukan milik negara dan tetap mempertimbangkan faktor-faktor lain yang sudah kami sebutkan.

5. Perhatikan saingan anda

Tidak sedikit orang langsung memulai usaha tanpa memperhatikan lokasi tempat usaha yang dipilih. Padahal akan lebih baik jika melihat lingkungan tempat usaha tersebut apakah berpotensi menimbulkan persaingan atau tidak.

Bahkan beberapa orang berpendapat jika mereka memiliki saingan, maka itu adalah hal yang baik. Padahal, keyakinan seperti ini tidak sepenuhnya tepat, terutama untuk anda yang baru memulai usaha.

Jika anda baru mulai usaha, maka lebih baik mencari lokasi usaha di tempat lain. Namun jika anda terpaksa harus mendirikan tempat usaha yang di situ terdapat persaingan, yang harus anda lakukan adalah memasatikan bahwa saingan anda nyambung dengan usaha anda.

Contohnya, ketika anda mendirikan usaha warung makan, maka saingannya pun juga harus tempat makan.

Baca juga: 5 Tips dan Trik dalam Menyewa Tempat Usaha yang Strategis

6. Menyediakan tempat parkir

tempat usaha yang bagus ada parkiran

Tempat usaha yang bagus dan juga membuat anda memiliki banyak pengunjung adalah ketika anda menyediakan tempat parkir di sana.

Tempat parkir juga bisa menjadi salah satu pertimbangan konsumen untuk datang ke tempat anda. Namun bukan sembarang tempat parkir.

Tempat parkir yang anda sediakan adalah tempat parkir yang teduh. Jangan sampai menyediakan tempat parkir panas karena bisa membuat kenyamanan konsumen menjadi berkurang ketika memarkirkan kendaraan mereka.

7. Aman dari segala ancaman

Faktor lain di dalam memilih tempat usaha yang bagus adalah dengan memastikan keamanan dari segala bentuk ancaman. Tempat usaha anda harus aman dari pungutan liar atau berbagai aksi kejahatan lainnya yang bisa merugikan anda dan juga konsumen