Kuliah merupakan tahapan selanjutnya untuk mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Tentu kampus bagus nan ternama jadi idaman sebagai tempat menimba ilmu selanjutnya. Namun sayangnya di Indonesia kampus-kampus ternama hanya tersebar di kota-kota besar saja. Hal ini yang kemudian membuat calon mahasiswa banyak yang merantau atau memilih tinggal dekat sekitaran kampus. Pertimbangannya apalagi kalau bukan kemudahan dan kepraktisan untuk menjangkau kampus.

Ini yang kemudian membuat hunian di sekitaran kampus menjamur kian pesat, termasuk apartemen. Beberapa apartemen jadi primadona para mahasiswa, selain karena dekat dengan kampus, fasilitas dan kualitas apartemen juga terjamin.

Beberapa apartemen tersebut antara lain, Mediterania Garden Residence 1 dan Mediterania Garden Residence 2 yang dekat dengan Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara, dan Universitas Kristen Indonesia. Lalu ada Taman Sari Sudirman yang selangkah dengan London School Public Relationship (LSPR). Terakhir juga ada Green Pramuka City Apartment yang dapat menjangkau dengan mudah Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Jika Anda masih bingung dengan apartemen yang dekat dengan kampus Anda ? atau ingin mencari apartemen lain yang dekat dengan kampus idaman ? Anda bisa lihat Review Apartemen di Jendela360 dan temukan rekomendasi apartemen yang dekat dengan kampus Anda.

Tapi tunggu dulu, sebelum memutuskan memilih apartemen yang sesuai dengan kebutuhan Anda, beberapa hal dibawah ini harus Anda perhatikan terlebih dahulu. Berikut ulasannya

1. Tentukan Masa Studi

Cermati.com

Ini yang penting. Tentukan studi yang Anda akan ambil, D1, D2 D3, atau S1 semua studi tersebut mempunyai jenjang waktu pendidikan yang berbeda. Kemudian targetkan kapan Anda akan lulus (tentukan sesuai dengan kemampuan dan keperluan Anda). Kenapa ini jadi hal yang penting ? Tentu masa studi Anda akan menentukan keputusan orang tua Anda dalam menyewa apartemen. Hal ini yang kemudian menjadi pertimbangan serta perhitungan orang tua Anda nantinya dalam membayar sewa apartemen.

2. Kenali Lingkungan

luc.edu

Meskipun hanya sebagai tempat singgah sementara, tentu kenyamanan selama tinggal jadi hal yang utama. Sebelum Anda menempati unit yang Anda inginkan, ada baiknya mengenal terlebih dulu bagaimana lingkungan di sekitar apartemen Anda. Caranya bisa Anda lakukan dengan bertanya kepada pengelola apartemen atau yang pernah menyewa apartemen tersebut.  Pastinya Anda tidak mau terganggu ketika belajar karena suara gaduh tetangga Anda yang seorang pemain drum atau penyanyi musik hard rock bukan ? atau tidak bisa tidur karena mengetahui bahwa tetangga Anda mempunyai rekam jejak kriminal. Ini alasan pentingnya mengenal lingkungan di sekitar tempat Anda tinggal.

3. Cari Teman Sekamar

nmu.edu

Bagi yang merantau atau masuk di kampus yang sama dengan teman dekat, tidak ada salahnya menyewa satu apartemen untuk ditinggali bersama. Anda bisa menyewa apartemen tipe studio atau tipe 1 BR untuk harga yang murah meriah, atau sedikit lebih mahal tipe 2 BR jadi rekomendasi untuk menikmati kenyamanan yang lebih. Kamar tipe 3 BR juga cocok bagi Anda yang tinggal bersama lebih dari 2 orang. Selain bisa sebagai tempat sharing setelah seharian ngampus, Anda juga mempunyai teman yang bisa mengurus dan membersihkan apartemen bersama. Keuntungan yang paling besar lainnya, tentu Anda tidak menanggung biaya sewa apartemen sendirian 😀

4. Pastikan Semuanya Tersedia

learn.compactappliance.com

Kegiatan membersihkan atau mencuci baju maupun peralatan makan sering kali menjadi momok yang menyebalkan bagi mahasiswa. Terlebih jika saat itu dihadapkan pada tugas yang menumpuk. Tidak jarang hari liburpun habis terpakai untuk menyelesaikan semua tugas tersebut. Sudah bisa ditebak cucian dan piring kotor makin menumpuk. Ini yang kemudian membuat fasilitas seperti tempat laundry atau dishwasher jadi hal yang penting di apartemen Anda. Tentu fasilitas lain seperti tempat parkir, kolam renang, fitness center, dan sebagainya jadi hal lainnya yang perlu Anda pertimbangkan. Fungsinya apalagi kalau bukan sebagai penunjang dan hiburan ketika penat melanda.

Tentu fokus dalam kuliah jadi hal yang terpenting, tapi jangan sampai mengorbankan kenyamanan dan keperluan yang Anda butuhkan selama Anda tinggal untuk berkuliah.

Mencari apartemen dengan harga kos-kosan namun dengan rasa hotel bintang lama ? Bisa Anda temukan dengan mudah di Jendela360 .