Ketika memutuskan untuk beli apartemen,kepemilikan personal Anda biasanya terbatas pada apartemen saja. Anda berbagi tanggung jawab untuk eksterior komplek apartemen, area umum, dan fasilitas lainnya. Berbagi kepemilikan bisa jadi hal yang baik, tapi ada juga beberapa kekurangannya.

Kelebihan beli apartemen

Berikut ini keuntungan yang bisa Anda peroleh ketika membeli apartemen:

Lokasi

Komplek apartemen sering kali berada di lokasi yang strategis. Apartemen berada dekat dengan pusat perbelanjaan, pusat keramaian, restoran, serta transportasi umum. Ini bisa mengurangi waktu dan biaya bepergian, juga sesuai dengan gaya hidup Anda.

Beli Apartemen, Lebih Banyak Untung Atau Buntung?

Photo credit: cdn.vox-cdn.com

Maintenance

Membeli apartemen berarti Anda tak perlu berkebun atau menyapu pekarangan. Maintenance untuk properti dan lingkungannya bukan lagi jadi urusan Anda. Asuransi gedung serta standar perbaikan properti biasanya disertakan dalam pengaturan maintenance. Biayanya dibagi ke semua penghuni, tidak hanya dibebankan ke Anda.

Selain itu, hunian yang low maintenance sangat cocok untuk orang-orang yang sibuk seperti profesional muda atau orang yang sering bepergian sehingga memberi rasa nyaman.

Renovasi minimal, efek maksimal

Ketika membeli properti pertama, kemungkinan tampilannya tidak seperti yang Anda inginkan. Mungkin bisa jadi jenis karpetnya tidak sesuai, tapi Anda akan butuh banyak renovasi untuk membuatnya terasa seperti rumah.

Tapi Anda harus habiskan banyak uang untuk membeli rumah dan melakukan renovasi. Sebaliknya ketika Anda membeli apartemen, dengan ukuran luas yang lebih terbatas, dana renovasi Anda juga lebih terjangkau tapi efeknya lebih terasa pada hunian.

Baca artikel lainnya tentang desain interior Korea di apartemen.

Sebagai investasi jangka panjang

Banyak orang menjadikan apartemen sebagai investasi karena bisa jadi investasi jangka panjang yang menjanjikan. Dengan membeli apartemen sekarang Anda bisa meraih keuntungan di masa mendatang.

Seiring terjadinya inflasi, properti Anda nilainya tetap naik, biaya sewa juga cenderung naik, sehingga tidak merugikan Anda. Ini berarti seiring  waktu uang mengalir ketika Anda menerima uang sewa. Aliran dana yang Anda terima nantinya bisa digunakan untuk investasi properti lainnya atau untuk mendanai kebutuhan Anda.

Lebih terjangkau

Apartemen bervariasi harga dan ukurannya, tapi umumnya harga apartemen lebih terjangkau dibanding harga rumah tapak.

Keamanan

Memiliki tetangga yang tinggal di dekat Anda memberi Anda rasa aman dan leluasa untuk bersosialisasi. Banyak komplek apartemen juga memiliki fitur keamanan tambahan. Ini bisa berupa layanan keamanan 24 jam dengan CCTV sehingga memberi perlindungan tambahan untuk pemilik.

Beli Apartemen, Lebih Banyak Untung Atau Buntung?

Photo credit: homeandgardenimage.com

Kerugian beli apartemen

Di lain sisi, membeli apartemen bisa juga merugikan dari segi:

Aturan

Menjadi bagian dari apartemen biasanya membuat Anda terikat pada aturan dan batasan. Ini biasanya berlaku untuk hewan peliharaan, kebisingan, dan aktivitas harian.

Luas ruang

Apartemen cenderung lebih kecil dari rumah. Anda tidak punya taman sendiri atau ruang luar ruangan yang lapang. Tidak seperti rumah yang memiliki potensi untuk berkembang, Anda tidak bisa mengubah atau mengembangkan apartemen dari segi konstruksinya.

Valuasi

Apartemen terbukti lebih sensitif terhadap tren pasar properti. Menjual apartemen kadang bisa lebih sulit dibandingkan menjual rumah.

Privasi

Memiliki tetangga yang tinggal dekat dengan Anda bisa membuat Anda merasa nyaman. Tapi untuk sebagian yang lain, ada orang yang sangat dekat tinggalnya bisa terasa kurang nyaman.

Membeli apartemen menjadi pilihan personal tiap orang. Faktor yang telah diuraikan di atas perlu dipertimbangkan sebelum menentukan pilihan. Anda juga tentu punya pertimbangan personal sendiri. Misalnya, melihat apartemen sebagai rumah pertama akan berbeda dengan menganggapnya sebagai investasi properti. Seperti kebanyakan keputusan dalam hidup, pastikan Anda memilih yang paling baik untuk Anda.

Sudah yakin untuk membeli apartemen? Tentukan apartemen idaman Anda, dengan cara menelusuri laman area berikut: