Sebelum menghitung anggaran yang akan Anda keluarkan, ada baiknya Anda tahu lebih dulu tentang desain interior. Dalam mendesain interior, ada proses yang panjang dan kompleks. Ada banyak hal yang harus diperhitungkan dan dibutuhkan dalam mendesain interior apartemen.

Langkah awal dalam mendesain interior apartemen Anda adalah membuat denah apartemen. Dari denah apartemen yang ada, bisa diketahui layout apartemen dan banyaknya ruangan yang dibutuhkan, seperti kamar tidur, kamar mandi, dapur, kamar tamu, ruang keluarga, dan lainnya. Kemudian Anda bisa tahu furniture apa saja yang diperlukan seperti tempat tidur, lemari pakaian, dan sebagainya.

Tentukan juga apakah nantinya lantai, dinding, dan plafon akan ikut diubah atau mengikuti standar apartemen. Misalnya Anda ingin melapisi dinding dengan wallpaper atau menggunakan parket pada lantai.

Ingin Mendesain Interior Apartemen Anda? Hitung Biayanya Dahulu

Photo credit: ofirsrl.com

Pertanyaan selanjutnya adalah berapa anggaran yang perlu Anda siapkan untuk mendesain interior apartemen Anda. Sebenarnya ada banyak pilihan harga jasa desain interior yang ditawarkan, salah satunya adalah berdasarkan hitungan per meter persegi luas ruangan. Untuk di Jakarta ini rata-rata harga jasa seorang desainer interior yang sudah tersertifikasi mencapai Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta per meter persegi ruangan.  Ada juga beberapa desainer yang memasang tarif berdasarkan presentase dari total biaya produksi, rata-rata persentasenya sekitar 2 persen hingga 5 persen dari total biaya produksi yang telah disepakati.

Apakah sebanding bila Anda menggunakan jasa desainer interior? Menggunakan jasa desainer interior atau tidak adalah keputusan personal. Sebagian orang mendesain huniannya tanpa bantuan profesional dan sebagian yang lain menyerahkannya pada yang lebih ahli.

Keputusan ada di tangan Anda. Tapi agar tidak bingung, berikut ini daftar pertanyaan yang perlu Anda jawab sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan desainer interior profesional.

 

Berapa besar anggaran yang Anda siapkan untuk mendesain interior apartemen?

Bila memutuskan mendesain sendiri, Anda bisa tentukan apa yang bisa Anda lakukan. Anda bisa menata ruang sedikit demi sedikit bila Anda belum memiliki uang yang cukup.

Sebaliknya, desainer interior melakukannya sekaligus. Mereka memiliki struktur pembayaran yang unik, ada yang mematok harga flat tapi ada juga yang bekerja berdasarkan jam. Ada yang meminta bayaran berdasarkan tiap barang yang dibeli sedang lainnya dari persentase biaya untuk ruangan secara keseluruhan.

Sebelum Anda menggunakan jasa desainer interior, pastikan Anda merasa nyaman dengan sistem pembayaran seperti ini.

Layanan apa yang Anda cari?

Mendesain interior bukan hanya membeli furniture baru dan menggunakan lapisan cat yang beda dari yang lama. Anda harus juga menyeimbangkan nilai estetika dan fungsi selain memastikan bagaimata tiap item menyatu dengan yang lain.

Kebanyakan desainer menawarkan daftar layanan untuk memenuhi kebutuhan Anda, termasuk konsultasi desain, perencanaan ruang, konsep desain, dan sebagainya. Desainer dengan layanan penuh harganya paling mahal, tapi ini juga bergantung pada desainer yang bekerja sama dengan Anda.

Baca artikel lainnya tentang desain unik ruang serbaguna di apartemen.

Apakah Anda punya gaya personal sendiri untuk hunian?

Baik bekerja sendiri atau menggunakan jasa profesional, Anda harus merasa senang dengan hasilnya. Cara paling mudah untuk memastikan ini terjadi adalah punya ide tentang estetika yang mencerminkan diri Anda.

Punya bayangan hasil akhir sangat penting bila Anda akan menggunakan jasa orang lain yang bertanggung jawab untuk desain Anda. Ia akan membuat desainnya berdasarkan parameter yang diberikan, jadi bila Anda merasa tidak yakin, bisa terjadi miskomunikasi dan ia menerka-nerka apa yang Anda suka dan inginkan.

Ingin Mendesain Interior Apartemen Anda? Hitung Biayanya Dahulu

Photo credit: thewowdecor.com

 

Apakah Anda nyaman ketika membuat keputusan?

Meski pertanyaan ini terdengar aneh, tapi tetap penting untuk ditanyakan. Beberapa orang suka membuat keputusan sedang lainnya merasa tidak nyaman. Ketika menggunakan jasa desainer interior, Anda secara otomatis menjadi pembuat keputusan. Desainer Anda akan menawarkan pilihan untuk tiap aspek ruangan. Ia akan membutuhkan persetujuan Anda untuk setiap keputusan. Bila Anda tipe orang yang tidak suka membuat keputusan, ini mungkin bukan pilihan yang tepat.

Tapi, keputusan tetap harus dibuat ketika Anda mendesain apartemen sendiri. Tapi Anda punya kebebasan untuk melakukannya. Anda perlu menimbang pilihan mana yang paling cocok.

Menggunakan jasa desainer interior sepenuhnya menjadi keputusan personal. Meski sebagian orang suka mengerjakan semuanya seorang diri, yang lain lebih suka mendelegasikannya ke orang lain. Bila Anda merasa bantuan profesional jadi pilihan yang tepat, pertimbangkan pertanyaan-pertanyaan di atas.

Lihat juga apartemen di area Jakarta lainnya:

Seperti apa desain ruang yang Anda inginkan di apartemen? Gunakan Jendela360 untuk bantu Anda temukan apartemen ideal dengan cepat dan mudah.