Saat ini kegunaan internet tidak hanya untuk komonukasi jarak jauh. Internet sangat berperan penting dalam dunia bisnis bahkan untuk membangun inovasi bisnis online.

Peluang bisnis online sekarang kian menguntungkan dan sedang menjadi trend karena memang bisa dilakukan oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun asalkan memiliki perangkat untuk terhubung dengan internet.

Dari bisnis online kecil dan sederhana sampai bisnis online dengan omset miliaran rupiah.

Pelaku bisnis online saat ini cenderung meningkat dan menjadi trend karena memang tak perlu mengeluarkan modal besar. Namun keuntungan yang didapat bisa berlimpah karena akses menyebarkan sebuah produk bisa dilakukan tanpa batas kota, wilayah, bahkan negara.

Selain keuntungan di atas, dengan menjadi seorang pebisnis akan berdampak pada kemajuan bangsa terutama dari segi perekonomian.
Bisnis internet juga banyak dijalankan oleh mereka yang memiliki skill di bidang tertentu dan ingin menghasilkan uang dari keahliannya tersebut.

Singkatnya berbagai peluang usaha online di tahun-tahun mendatang akan semakin terbuka lebar dan bisa dilakukan oleh orang-orang yang ingin berbisnis.

Baca juga: Ingin Cari Uang Tambahan? 7 Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan Ini Bisa Anda Lakukan!

Lalu, peluang bisnis online apa saja yang menguntungkan untuk 10 tahun kedepan yang menjanjukan tanpa harus bolak-balik pergi rumah ke kantor?

1. Bisnis Kuliner Makanan atau Minuman

Mungkin kamu akan sedikit berpikiran, konsep jualan makanan atau minuman apa yang akan dijual online. Tentunya kamu perlu jeli untuk melakukan inovasi resep makanan atau minuman apa yang bakal laku.

Tapi saat ini, peluang bisnis ini sangat menjanjikan artinya kamu bisa menjual makanan yang telah kamu buat secara online, baik melalui website toko online anda sendiri, atau melalui media sosial seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp.

Kamu bisa memilih produk yang memang tahan lama, atau bisa menjual makanan besar seperti baso, kue, kopi, puding, minuman rasa kemasan dan lain sebaginya. Caranya dengan preorder, lalu dijual di lingkup daerah sekitar rumah.

2. Bisnis Jasa Desain Grafis

ide dan peluang bisnis online era digitalSumber: mandreel.com

Tak dipungkiri saat ini banyak perusahaan yang memasarkan produknya secara digital begitupun juga lembaga dan instansi yang memerlukan ahli desain grafis untuk pengembangan bisnis websitenya atau program yang dijalankannya.

Kamu yang memiliki keahlian dengan desain grafis bisa mencobanya. Biasanya perusahaan membutuhkan pada pembuatan logo perusahaan, pembuatan kartu nama, banner, spanduk, dan lain sebagainya.

Sama seperti bisnis online lainnya untuk memasarkan bisnis ini bisa melalui situs penghubung antara kamu dengan klien. Kamu bisa menawarkannya membuat website atau blog sendiri yang menampilkan portofolio yang memuat hasil karya-karya kamu.

Bila ditekuni dan dilakukan dengan penuh kesabaran, kamu akan mendapatkan pundi-pundi yang bisa diraup dari bisnis ini bisa mencapai hingga miliyaran rupiah.

3. Bisnis Freelance Writer

Bisnis online berikutnya masih untuk kamu yang memiliki hobi menulis. Bisa dibilang jasa online ini gratis tidak memerlukan modal biaya yang besar dan membutuhkan waktu lama untuk menanti masa puncaknya.

Cukup dengan kemampuan menulis yang menarik, tidak ketinggalan info, rajin membaca buku apapun dan skill menulis mumpuni akan tiba pada saatnya. Tarif yang dipasang oleh pembisnis online terbaik bagi penulis ini berkisar antara Rp 25.000 – 100.000 per artikel.

Semuanya disesuaikan dengan jumlah dan juga kesanggupan penulis untuk memenuhi pesanan artikel dari klien. Harga tersebut biasanya berlaku untuk tulisan bahasa Indonesia.

Jika memiliki keahlian dalam menulis artikel berbahasa Inggris maka tarif yang diberlakukan akan lebih dari tulisan Bahasa Indonesia.

Untuk menambah kepercayaan klien terhadap tulisan mu mulailah untuk membuat blog atau website sendiri dengan menampilkan segala rupa bentuk hasil karya tulisan atau portofolio dengan sendirinya nanti akan ada klien yang mengajak kamu untuk menjalin kerjasama.

Baca juga: Mau Jadi Entrepreneur dengan Modal 1 Juta? Ini 8 Ide Usaha yang Bisa Dicoba

4. Bisnis Youtuber

bisnis online digital kekinian

Sosial media youtube sekarang ini, tak hanya sekedar untuk menonton video dari artis-artis. Kamu pun juga bisa menjadi ‘Youtuber’. Youtuber saat ini tengah menjadi sebuah tren profesi dan juga bisnis yang menjanjikan.

Pasalnya, dari ide-ide kreatif yang dimunculkan tersebut bisa menghasilkan pendapatan yang ‘’wow’’ setiap bulannya. Para youtuber tentunya akan mendapatkan pendapatan dari iklan bahkan nanti akan ada brand yang tertarik pada kamu untuk memasang pas di videonya.

Bila trafik video tersebut banyak, maka kemungkinan besar untuk mendapatkan penghasilan akan cukup banyak. Terlebih bila video yang kamu buat melampaui target akan mendapatkan bonus dan sesuai dengan segmentasi pasar.

5. Bisnis Jasa Web Development

bisnis digital online

Terakhir bisnis online yang menjanjikan yakni untuk seseorang yang memiliki kemampuan dalam membangun sebuah website atau blog. Kita tidak perlu punya keahlian yang sangat hebat dalam menyusun coding sebuah website dari nol karena sebenarnya ada banyak cara yang cukup mudah dalam membangun sebuah website/ blog yang bagus.

Salah satu platform yang sangat mudah dipelajari dan diterapkan dalam membangun sebuah website/ blog adalah WordPress. Pada WordPress, ada banyak sekali themes/ template yang siap pakai dan unik, baik yang gratis maupun yang berbayar dengan tampilan yang profesional.

Selain opsi diatas ada satu lagi bisnis online yang nyaris tanpa modal, yakni berbisnis properti. Jika beberapa dekade silam, berbisnis properti mengandalkan marketing offline (pamflet, banner, dan media cetak), kini sudah banyak platform online yang menawarkan kemudahan dalam memasarkan properti, salahsatunya adalah Jendela360.com.

Anda cukup punya unit atau tawarkan diri kepada pemilik unit sebagai marketing, Jendela360 siap membantu dalam segi pemasaran, baik melalui website, sosial media, maupun iklan online lainnya. GRATIS! Tanpa ada biaya iklan. Itulah dia informasi mengenai 5 bisnis online yang menjanjikan di era digital ini. Sudah banyak orang yang menggeluti bisnis in hingga akhirnya sukses tinggal bagaimana untuk fokus dan sabar menjalankan usahanya.