Siapa bilang mulai usaha harus punya modal besar? Ternyata, hanya dengan modal 1 juta rupiah, Anda dapat memulai bisnis sendiri. Namun perlu diingat, dalam berwiraswasta, bukan hanya modal yang dibutuhkan, namun juga niat, keyakinan, dan kepandaian melihat peluang.

Seperti yang dikutip dari Entrepreneurship (2006) oleh Peggy A. Lambing dan Charles R. Kuehl, bahwa entrepreneurship adalah tindakan kreatif yang membangun suatu value dari sesuatu yang tidak ada.

Dalam mewujudkannya, dibutuhkan kemampuan untuk memanfaatkan peluang, terlepas dari sumber daya yang ada, serta keberanian untuk mengambil risiko yang telah diperhitungkan. Semua itu merupakan kombinasi dari strategi dan jenis usaha yang dilakukan.

Beberapa usaha dan merek terkenal saat ini ternyata memulainya dari usaha kecil-kecilan, lho. Sebut saja PT ASI Pudjiastuti milik Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, ia memulainya dari usaha bakul ikan kecil di Pangandaran.

Contoh lain misalnya Taksi Bluebird yang berawal dari mobil bekas yang dijadikan taksi sederhana, tanpa argometer. Nah, tunggu apa lagi? Asal ada kemauan, pasti ada jalan.

Baca juga: 6 Investasi Jangka Panjang untuk Mencapai Kebebasan Finansial!

Maka dari itulah, penulis punya ide usaha dengan modal satu juta rupiah untuk Anda yang ingin mulai usaha sendiri. Berikut ide usaha modal 1 juta yang bisa Anda coba

1. Desain sablon kaos

usaha modal 1 juta desain kaos
sumber: seragamku.co.id

Bagi Anda yang tertarik di bidang desain dan gambar, ide usaha ini cocok untuk Anda. Kebutuhan seragam kaos sablon cukup banyak terutama di kalangan anak muda yang sering mengadakan event dan membutuhkan kaos panitia yang seragam.

Selain memanfaatkan peluang berupa pesanan dalam partai besar tersebut, Anda juga bisa memamerkan desain Anda sendiri di kaos tersebut, selain eksklusif, juga meningkatkan nilai barangnya karena desain yang otentik. Material kaos dan kualitas sablon pun harus diperhatikan, carilah vendor yang benar-benar sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Manfaatkan media sosial dan online marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blibli.com, Bukalapak atau Lazada sebagai media promosi dan transaksi usaha Anda. Ini juga dapat menekan cost sehingga tidak perlu modal untuk menyewa toko.

2. Menjual pulsa elektrik

sumber:aa-6.com

Walau kini sudah banyak jasa pembelian pulsa elektrik di e-commerce dan aplikasi transportasi online, konter pulsa masih dibutuhkan orang-orang yang tidak dapat menjangkau layanan tersebut. Usaha ini menyasar pada masyarakat menengah ke bawah yang masih membeli pulsa ponsel langsung di konter-konter.

Modalnya pun tidak besar, Anda dapat membuka lapak di depan rumah. Tinggal menyediakan etalase kaca, kartu perdana, dan deposit pulsa. Mungkin Anda juga butuh handphone 2G sebagai hp khusus menjual pulsa, hp tersebut dapat diperoleh mulai dari harga seratus ribu rupiah. Etalase kaca berkisar 200 ribu rupiah, kartu perdana 200 ribu rupiah per-pcs, dan deposit pulsa 600 ribu rupiah.

Bahkan bila Anda tidak ingin mengeluarkan kocek untuk membuka lapak, Anda hanya butuh ponsel! Promosi dapat dilakukan dari mulut ke mulut di antara teman dan kerabat. Keuntungannya pun lumayan, bila dalam sehari Anda dapat menghabiskan deposit seratus ribu, dalam satu bulan keuntungan yang Anda dapatkan sebesar 3 juta rupiah! Keuntungan yang lumayan untuk modal kecil.

3. Dropship

usaha modal 1 juta dropship
sumber: chinabrands.com

Ingin punya penghasilan tanpa modal? Anda bisa memulainya dengan menjadi dropshipper. Istilah dropship mulai dikenal setelah munculnya online shop. Dropship adalah perantara antara supplier dan konsumen.

Anda tidak perlu memiliki stok barang, hanya menjual barang supplier ke konsumen, setelah itu supplier yang akan mengirimkan barangnya ke konsumen.

Mengenai laba, Anda dapat bagi hasil dengan supplier, tergantung perjanjiannya. Walau tanpa modal, penting untuk memiliki skill marketing untuk meningkatkan penjualan. Anda dapat memulai dengan mencari peluang pasar dan supplier-nya. Bagaimana, Anda tertarik?

4. Bisnis barang handmade


sumber: http://uangpedia.com

Bila Anda memiliki keahlian membuat barang-barang unik, gunakan hal itu sebagai ide usaha. Misalnya, membuat dompet rajut, aksesoris dan perhiasan dari awetan bunga, hingga membuat barang yang berbahan dasar barang bekas, seperti botol dan plastik, CD, dan kain flannel.

Anda dapat memasarkan produk karya Anda melalui media sosial dan e-commerce. Selain gratis, Anda juga dapat menjangkau calon konsumen di mana pun.

Tidak memiliki keterampilan khusus? Jangan khawatir, Anda dapat mempelajarinya secara gratis melalui video tutorial di Youtube. Ingat, di mana ada kemauan, di situ ada jalan!

Baca juga: Mau Buat Apartemen Jadi Beda? Ini 7+ Furniture Unik yang Harus Anda Miliki

5. Bisnis buket bunga


sumber: bungamurahjakarta.com

Buket bunga merupakan salah satu bisnis yang tak lekang oleh zaman, hanya platform-nya yang bertambah. Bila dulu buket bunga hanya dapat dibeli di toko atau flower shop, kini sudah banyak online shop di instagram yang melayani pembeli bunga, dari memilih jenis buket, jenis bunga, transaksi, hingga pengantaran ke alamat.

Kebutuhan akan bunga selalu ada, misalnya untuk wisuda, ulang tahun, pernikahan, dan acara lain. Jika Anda tertarik di bidang ini, Anda dapat memulainya dengan mendalami seni merangkai bunga melalui konten tutorial gratis di Youtube hingga mengikuti workshop yang diadakan florist favorit Anda. Selain dapat menjadi usaha, Anda sekaligus dapat menjalankan hobi dan minat.

6. Usaha snack kemasan

usaha modal kecil 1 jutaan
sumber: blibli.com

Bukan merupakan hal baru bahwa Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang beragam. Misalnya Maicih, keripik Sanjai, hingga Kecimpring. Kekayaan ini dapat Anda manfaatkan untuk dijadikan peluang usaha.

Tidak dapat membuatnya? Jangan khawatir, Anda dapat mencari produsen dan mengajaknya kerja sama, pembagian laba dilakukan sesuai perjanjian.

Modalnya yang dikeluarkan pun tidak besar, bahan baku yang dapat ditemukan di pasar tradisional, dan plastik kemasan. Usaha ini dapat berkembang menjadi industri rumahan.

Menjanjikan bukan? Selain menjadi pemasukan, Anda juga berperan dalam mempromosikan makanan ringan tradisional Indonesia, apalagi bila usaha Anda sudah ekspansi hingga mancanegara.

7. Bisnis les privat


sumber: tutordoors.com

Les privat sebenarnya tidak melulu tentang pelajaran sekolah. Anda dapat menjadi guru privat yang mengajarkan skill lain, seperti bahasa asing, desain, menjahit, melukis, memainkan alat musik, hingga programming, tergantung apa skill Anda.

Untuk memulainya, Anda tidak membutuhkan modal yang besar.

Tantangan dari bisnis ini adalah mencari klien, terutama di awal-awal. Salah satu caranya, Anda dapat memasang iklan di platform iklan, seperti OLX, atau di media sosial Anda.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung dengan startup yang bergerak di bidang pendidikan sebagai pengajar, seperti ruangguru dan zenius.

8. Blogging dan podcasting


sumber: elegantthemes.com

Suka menulis? Jangan simpan bakat tersebut di diari saja! Tuangkan ide-ide Anda melalui tulisan di blog. Buatlah konten yang Anda minati dan sukai, misalnya review kuliner baru. Jangan lupa percantik tampilan blog Anda agar menarik bagi pembaca.

Pendapatan dari blog berasal dari beberapa sumber, iklan, afiliasi dengan produk tertentu, membuka jasa atau layanan, hingga produk yang Anda buat sendiri, seperti buku.

Ah, aku tidak suka nulis! Jangan jadikan itu alasan, kini podcast juga menjadi alternatif bagi audiens yang kurang suka membaca atau terlalu sibuk untuk membaca blog. Platform-nya pun cukup banyak, misalnya Spotify, SoundCloud, dan aplikasi di smartphone, seperti Podcast, Overcast (iOS), Podcast Republic dan Podcast & Radio Addict (Android), dan i Podcast (Windows phone).

Baca juga: PANDUAN INVESTASI APARTEMEN DI JAKARTA 2019

Masih banyak usaha modal1 juta ke bawah lainnya yang bisa dicoba. Anda dapat mengeksplor diri, melihat peluang, dan ulet dalam berbisnis.

Bila sudah menghasilkan keuntungan yang stabil, sisihkan untuk berinvestasi. Banyak pilihan investasi yang aman yang dapat Anda jadikan pilihan demi masa depan, salah satunya investasi property. Jendela360 menyediakan pilihan apartemen yang dapat Anda jadikan investasi. Tentunya dengan strategi investasi properti Anda.