Mencari penghasilan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Sebagian memilih untuk kerja kantoran. Sebagian lagi memilih untuk membuka bisnis. Setiap orang memiliki pertimbangan masing-masing.

Namun, banyak juga yang pada akhirnya memilih untuk berbisnis karena dianggap lebih menguntungkan. Bagi pembaca yang ingin mulai berbisnis, sebenarnya banyak sekali peluang usaha yang bisa kita jalankan, lho!

Kita dapat menjalankan bisnis di bidang kuliner seperti membuka kedai kopi, warung makan, ataupun gerai cemilan.  Selain itu, kita bisa juga membuka peluang usaha di bidang retail, elektronik, kendaraan, hunian, hingga bidang jasa.

Nah, banyak juga lho bisnis-bisnis di atas yang dapat kita jalankan dari rumah. Bisnis rumahan pun tidak kalah menguntungkan lho dari bisnis skala besar!

Banyak yang menjalankan bisnis rumahan karena memiliki banyak keuntungan. Apa saja sih keuntungannya? Yuk, simak di bawah ini!

Baca juga: Mau Jadi Entrepreneur dengan Modal 1 Juta? Ini 8 Ide Usaha yang Bisa Dicoba

Bisnis Rumahan Dapat Dijalankan oleh Siapa Saja

Percaya tidak percaya, bisnis rumahan ini dapat dikerjakan oleh hampir semua orang dari berbagai usia, lho. Apabila Anda adalah ibu rumah tangga yang ingin mendapat uang tambahan, Anda dapat memikirikan untuk memulai bisnis rumahan.

Beberapa karyawan kantoran pun memiliki bisnis rumahan sebagai sumber penghasilan sampingan. Bahkan banyak juga mahasiswa dan siswa sekolah menengah yang menjalankan bisnis rumahan kecil-kecilan untuk mendapatkan uang saku tambahan.

Waktu yang Fleksibel

Anda akan memiliki waktu yang leluasa untuk mengerjakan hal lain apabila Anda menjalankan bisnis rumahan. Karena bisnis ini dijalankan di rumah, Anda sembari dapat mengerjakan pekerjaan rumah dan pekerjaan yang lain.

Apabila Anda adalah karyawan kantoran, bisnis rumahan ini tidak akan mengganggu pekerjaan di kantor karena waktunya dapat menyesuaikan kesibukan Anda.

Modal Kecil dengan Untung yang Menjanjikan

Biaya operasional yang dikeluarkan akan lebih sedikit. Anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk menyewa tempat dan membeli peralatan karena bisnis ini Anda kerjakan di rumah. Anda juga dapat menggunakan alat dan bahan yang sudah tersedia di rumah.

Lebih hemat biaya, bukan? Selain itu, keuntungan yang Anda dapatkan akan lebih maksimal tanpa dipotong untuk biaya lain.

Anda Adalah Bos Anda Sendiri

Apabila Anda adalah orang yang menjalankan bisnis, otomatis Anda adalah seorang bos. Keuntungannya menjadi bos dari bisnis rumahan sendiri adalah Anda dapat menentukan bisnis yang Anda ingin jalankan.

Anda juga dapat mengatur sendiri jam kerja, operasional, mekanisme, dan produk sesuai dengan visi dan misi Anda.

Apabila Anda sedang memikirikan untuk memulai menjalankan bisnis rumahan, Anda mungkin dapat mempertimbangkan ide peluang usaha yang sudah kami rangkum di bawah ini.

1. Bisnis Warung Makan

ide bisnis rumahan warunv makan

sumber: jalanjalanenak.com

Bisnis kuliner adalah hal yang tidak akan pernah mati dan terus berkembang karena makan adalah suatu hal yang pokok. Nah, apabila hunian Anda terletak di wilayah perkantoran.

Anda mungkin dapat mempertimbangkan untuk membuka warung makan. Para pekerja yang tidak sempat menyiapkan bekal akan keluar saat istirahat untuk makan siang.

Anda dapat membuka tempat makan sederhana dan kecil-kecilan di halaman atau depan rumah Anda dan menghidangkan santapan rumahan. Warung makan Anda akan ramai dikunjungi oleh para pekerja yang merindukan hidangan rumahan.

Nilai plus-nya adalah Anda bisa sekaligus memasak hidangan untuk di rumah.

 

2. Bisnis Laundry

Related image

sumber: interiordesign.id

Bisnis Laundry adalah salah satu bisnis yang paling menjanjikan karena banyak peminatnya, mulai dari ibu rumah tangga hingga anak kos. Mencuci bukanlah perkara yang mudah dan juga menyita banyak waktu.

Oleh karena itu banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan jasa laundry dibanding mencuci pakaian sendiri.

Hal ini bisa anda manfaatkan untuk membuka peluang usaha. Menggunakan mesin cuci yang ada di rumah, Anda dapat memulai bisnis laundry. Jangan lupa untuk menjadikan bisnis laundry Anda memiliki harga dan kualitas yang baik agar tidak kalah saing dengan competitor yang lain.

 

3. Bisnis Jahit Pakaian

ide bisnis rumahan

sumber: siapabisnis.com

Apabila Anda terampil dalam menjahit dan membuat pakaian, Anda dapat mempertimbangkan untuk memulai bisnis jahit pakaian.

Daripada mesin jahit yang ada di rumah hanya diletakkan begitu saja dan tidak terpakai, Anda bisa menggunakannya sebagai modal bisnis ini.

Bisnis ini mungkin memiliki tingkat kesulitan yang lumayan dan memakan waktu sedikit lebih lama dari bisnis rumahan lainnya. Namun, keuntungan yang didapatkan sangat lumayan, lho.

Jika Anda hanya di rumah saja dan memiliki waktu luang yang banyak, bisnis jahit pakaian mungkin cocok untuk Anda.

Baca juga: 4 Pilihan Lemari Portable untuk Apartemen

4. Bisnis Bimbingan Belajar (Bimbel)

ide bisnis rumahan sampingan

sumber: lamanqu.com

Persaingan di dunia pendidikan saat ini semakin kompetitif. Banyak siswa yang mencari materi tambahan di luar sekolah. Sehingga guru les dan privat banyak dicari oleh orangtua murid.

Anda memiliki keterampilan dalam mengajar? Anda bisa membuat bimbel kecil-kecilan di rumah.

Guru privat yang paling banyak dicari adalah yang mengampu mata pelajaran yang dijadikan ujian. Tapi , jangan salah! Banyak juga guru privat di bidang seni seperti guru les gitar dan les menggambar.

Yang perlu disiapkan hanyalah materi pembelajaran dan ruang tamu Anda untuk tempat mengajar.

Pada sekali pertemuan, Anda bisa mendapatkan fee yang tinggi. Selain mendapatkan uang tambahan, Anda bisa sembari mengasah ilmu. Menguntungkan, bukan?

 

5. Bisnis Kerajinan Tangan

ide bisnis rumahan

sumber: kadowisudaku.com

Bagi Anda pegiat seni dan pribadi yang kreatif, bisnis kerajinan tangan bisa jadi pilihan untuk mencari uang tambahan. Anda dapat menyesuaikan bisnis kerajinan tangan ini sesuai dengan bakat yang dimiliki dan target pasar yang diinginkan.

Anda bisa membuat bouquet bunga, handlettering, gantungan kunci, gambar wajah, dan lain sebagainya.

Kerajinan tangan banyak dicari untuk dijadikan sebagai hadiah bagi orang tersayang. Bisnis Anda akan memiliki nilai plus apabila Anda dapat membuat kerajinan tangan sesuai dengan request dari pelanggan. Sehingga produk yang sampai ke tangan pelanggan terasa lebih personal dan istimewa.

 

6. Bisnis Katering dan Kue Kering

bisnis rumahan katering dan kue kering

sumber: tabloidpeluangusaha.com

Dibandingkan rumah makan, banyak juga orang yang lebih memilih untuk membuka bisnis katering dan kue kering.

Target pasar dari katering makanan adalah orang-orang yang tidak sempat menyiapkan makan di rumah atau orang-orang yang ingin memesan dalam partai besar. Selain itu, peminat kue kering juga menjamur pada saat hari raya lebaran dan natal.

Apabila Anda merasa kurang nyaman jika banyak orang asing yang datang ke rumah Anda untuk menyantap makanan, bisnis katering dan kue kering ini bisa menjadi pilihan yang lebih tepat dari rumah makan.

Kemungkinan adanya makanan yang sisa akan lebih kecil karena bisnis katering dan kue kering ini menggunakan sistem pre-order.

Baca juga: Tinggal Di Apartemen, Pilih Masak Sendiri Atau Pesan Catering?

7. Bisnis Online Shop

bisnis rumahan online shop

sumber: maxmanroe.com

Ini adalah salah satu bisnis yang paling banyak digandrungi oleh para pengusaha bisnis rumahan. Hanya dengan bermodalkan handphone, Anda bisa dengan mudah memasarkan barang jualan Anda secara online.

Anda dapat menentukan sendiri barang jualan yang Anda inginkan. Setelah itu Anda dapat meletakkan barang jualan Anda melalui platform jual beli online yang ada.

Anda dapat menjalankan bisnis ini sembari bersantai di rumah karena semua serba online. Bisnis ini cocok bagi Anda yang kurang  suka pekerjaan yang berat dan berinteraksi dengan orang lain secara langsung.

Salah satu bisnis online yang tidak perlu modal besar adalah menjadi freelancer marketing properti online. Anda bisa menggunakan blog, media sosial, atau platform penyewaan properti seperti Jendela360 untuk mempromosikan properti Anda.

Bagi Anda yang ingin memulai untuk membuka bisnis rumahan, jangan lupa untuk memilih bisnis yang sesuai dengan kemampuan, modal, dan keinginan, ya. Semoga bermanfaat!