PANDUAN MEMILIH UNIT APARTEMEN

Berbagai bahan pertimbangan dalam memilih unit apartemen.

Anda sudah menemukan kompleks apartemen yang lokasinya strategis, dekat dengan tempat kerja dan fasilitas publik lainnya, serta menyediakan fasilitas yang cukup lengkap? Sekarang, tugasnya adalah menentukan unit apartemen yang cocok untuk ditinggali. Memilih unit apartemen yang cocok adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah. Berbagai faktor bisa menjadi pertimbangan dari segi keamanan dan kenyamanan.

Berikut ini, kami sajikan panduan memilih unit apartemen, baik untuk penyewa maupun pembeli.

DAFTAR ISI:

Atau simply gunakan “Ctrl+F” untuk menemukan informasi yang Anda cari.

1. Kebutuhan Ruang

Panduan Memilih Unit Apartemen

babycouture.in

 

Jika Anda akan menempati apartemen bersama dengan pasangan dan dua anak, tentu unit apartemen tipe studio tidak akan bisa mencukupi ruang gerak Anda sekeluarga. Dalam kasus ini, unit dengan dua atau tiga kamar tidur tentu lebih cocok untuk ditempati oleh keluarga kecil dengan dua anak. Begitu juga jika Anda hanya akan menempati apartemen sendirian, maka unit tipe studio atau satu kamar tidur lebih efektif untuk ditinggali dan tidak terlalu menguras kantong. Ada juga yang memang menginginkan apartemen dengan ruangan lebih banyak untuk keperluan lain seperti ruang kerja, perpustakaan, atau penyimpanan barang. Pertimbangkan jumlah anggota keluarga dan jumlah ruang yang diperlukan dalam proses memilih tipe unit apartemen.

2. Perabotan

Apakah Anda akan pindah dari tempat tinggal lama ke apartemen dengan membawa banyak perabotan seperti ranjang, lemari, sofa, dan lain sebagainya? Jika iya, maka sebaiknya Anda memilih unit apartemen semi furnished atau unfurnished. Kalau Anda sudah memiliki perabotan yang memadai, tentu Anda tidak akan memerlukan unit yang menyediakan perabotan lengkap lagi. Sebaliknya, jika Anda akan pindah ke apartemen hanya dengan membawa pakaian dan kebutuhan dasar lainnya, maka unit full furnished atau semi furnished bisa menjadi pilihan yang baik.

3. Posisi lantai

 
Panduan Memilih Unit Apartemen

equityapartments.com

Untuk pemilihan posisi lantai, ada cukup banyak faktor yang bisa jadi bahan pertimbangan untuk kenyamanan dan keamanan Anda selama tinggal di apartemen.

Mendengar kata apartemen, biasanya orang langsung membayangkan pemandangan indah yang bisa didapatkan dari ketinggian. Namun, beberapa orang agak was-was untuk tinggal di lantai yang terlalu tinggi karena mengkhawatirkan proses evakuasi saat ada musibah seperti gempa atau kebakaran. Jika Anda termasuk orang yang takut ketinggian dan khawatir dengan hal-hal tersebut, maka pilihlah apartemen di lantai delapan ke bawah dengan pertimbangan akan lebih mudah turun tangga saat proses evakuasi jika terjadi hal tak diinginkan.

Baca juga : 8 Keuntungan Tinggal di Apartemen Lantai Paling Atas

Bagaimana jika Anda bukan orang yang takut ketinggian dan menginginkan pemandangan bagus? Kalau begitu, Anda cocok untuk tinggal di lantai sembilan ke atas. Terlebih lagi, apartemen di lantai tinggi juga membuat penghuninya bisa mendapatkan asupan sinar matahari yang lebih baik karena tidak terlalu terhalang oleh bangunan lain. Namun, harap diingat juga bahwa biasanya developer dan pemilik apartemen akan memasang harga yang lebih tinggi untuk unit yang menyediakan view bagus. Beberapa developer ada juga yang justru memasang harga lebih rendah untuk unit di lantai yang lebih tinggi. Apabila Anda berminat untuk membeli apartemen yang belum selesai dibangun, maka pastikan untuk menanyakan apakah ada perbedaan harga berdasarkan lantai.

Selain perbedaan di pemandangan dan kemudahan proses evakuasi, posisi lantai juga berpengaruh pada tingkat kebisingan. Semakin rendah lantai unit apartemen, maka akan semakin banyak polusi suara yang masuk ke unit seperti suara kendaraan lewat, suara aktivitas di kolam renang, dan lain sebagainya. Dari segi keamanan, unit apartemen yang terletak pada lantai di posisi cukup tinggi dinilai lebih aman dari pencurian dibandingkan dengan unit di lantai lebih rendah. Hal ini dikarenakan pencuri cenderung akan mengincar unit di lantai rendah dengan pemikiran akan lebih mudah untuk kabur dan terbatasnya waktu untuk melakukan kejahatan.

Pertimbangkan juga anggota keluarga yang akan tinggal bersama Anda di unit apartemen. Jika tinggal bersama orang tua lanjut usia atau anak kecil, sebaiknya Anda memilih apartemen yang terletak di lantai rendah untuk faktor keamanan anak dan kenyamanan orang tua.

4. Arah hadap

Bagi yang berpatokan pada faktor feng shui, tentu arah hadap unit yang akan ditinggali menjadi hal yang penting. Menggunakan feng shui sebagai patokan membuat arah hadap yang cocok untuk tiap orang berbeda-beda sehingga arah yang dicari juga berbeda tiap orangnya.

Namun, ada juga yang tidak terlalu ambil pusing dengan feng shui dan hanya berniat mencari unit apartemen yang menghadap ke arah yang diinginkan saja. Banyak orang yang menyukai arah hadap ke timur dengan pemikiran bisa mendapatkan sinar matahari pagi yang sehat dan tidak terlalu panas saat siang dan sore hari. Ada juga yang menginginkan pemandangan kota, kolam renang, mencari unit posisi hook untuk mendapatkan dua pemandangan, atau bahkan tidak terlalu peduli dengan pemandangan. Pada dasarnya, pilihan arah hadap apartemen adalah tergantung dari selera masing-masing.

5. Kondisi unit

Panduan Memilih Unit Apartemen

lizleanpr.co.uk

Saat Anda sudah cocok dengan posisi lantai dan arah hadap unit, sempatkan untuk datang berkunjung untuk melihat-lihat unit. Jadikan momen kunjungan tersebut sebagai kesempatan untuk mengecek kondisi unit dengan teliti. Cek dengan baik bagaimana kondisi dinding, plafon, lantai, saluran pembuangan, dan lain sebagainya. Apabila Anda menemukan bagian yang mengalami kerusakan dan perlu diperbaiki, maka segera bicarakan dengan pemilik atau agen properti yang menemani kunjungan Anda. Tentu Anda tidak mau merugi karena  mengeluarkan uang tambahan untuk memperbaiki kerusakan yang tidak Anda sebabkan.

6. Harga dan metode pembayaran

Dari berbagai unsur yang bisa dipertimbangkan dalam proses memilih unit apartemen yang sudah dijabarkan di atas, jangan lupakan faktor terpenting, yaitu harga. Jika Anda sudah menemukan unit apartemen yang cocok di hati namun harga jual atau sewa apartemennya terlalu mahal, maka sebaiknya Anda beralih mencari unit lain yang lebih ramah di kantong.

Begitu juga dengan metode pembayarannya, jika Anda merasa bahwa membayar secara cash terasa memberatkan, maka bisa ditanyakan adakah metode pembayaran lain seperti cicilan? Cermati baik-baik metode cicilan apa saja yang disediakan oleh developer apartemen jika Anda berniat untuk membeli apartemen yang masih dalam proses pembangunan.

Baca juga: Mau Beli Apartemen Tapi Takut Ngutang?

7. Prospek Investasi

Apabila Anda akan membeli apartemen yang masih berada dalam proses pembangunan untuk tujuan investasi, pilihlah apartemen yang dibangun oleh developer yang sudah terkenal dan produk hasil karyanya berkualitas. Jangan lupa juga untuk menanyakan kepada developer, berapa potensi capital gain dan rental yield dari unit apartemen yang menjadi incaran Anda. Angka yang didapat bisa menjadi bayangan perhitungan keuntungan yang akan Anda terima dari menyewakan unit apartemen tersebut. Untuk investasi, kami sarankan sebaiknya Anda membeli apartemen yang berlokasi dekat dengan universitas, perkantoran, dan mall. Apartemen yang teletak di dekat ketiga pusat keramaian tersebut bisa dipastikan akan membuat harganya meroket dan tak pernah sepi dari penyewa.

 

 

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *