Mall merupakan sasaran empuk bagi pebisnis dalam meningkatkan penjualan produk. Disanalah pelanggan-pelanggan dari berbagai kalangan berkumpul untuk berbelanja. Karena potensinya ini, tidak sedikit dari para pebisnis yang akhirnya tertarik untuk sewa kios di mall. Lalu, berapa harga sewa kios di mall yang ada saat ini? Saya berhasil mengumpulkan data terkait harga sewa kios di beberapa mall di Jabodetabek, berikut hasilnya. 

Harga Sewa Kios di Mall

Besar kecilnya harga sewa kios di mall tergantung dari lokasi mall yang dijadikan sasaran. Mall yang diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas seperti mall Kota Kasablanka, tentu mengenakan tarif sewa yang tinggi kepada tenant-tenant mereka. Sedangkan mall trade center untuk semua kalangan, harga sewa kiosnya bisa lebih murah. 

Perbedaannya bisa sangat signifikan. Menurut Ho Mely Surjani, Vice President Marketing Trade dari Mall Agung Podomoro, harga sewa kios di trade mall saat ini hanya berkisar antara Rp52.000 sampai Rp173.000 per m2 per bulannya. Jumlah ini jauh lebih murah dibanding mall kalangan menengah atas yang harga sewa kiosnya mencapai Rp566.000 per m2 per bulan. 

Selain lokasi mall, ukuran dari kios yang disewakan juga turut mempengaruhi harga sewanya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa mall di Jabodetabek yang sering menjadi incaran pebisnis untuk sewa kios. 

Baca juga: Sama-sama Buat Usaha, Ini Perbedaan Ruko, Rukan, Kios & Toko

1. Kota Kasablanka

berapa harga sewa kios di mall

Kota Kasablanka terletak di Jalan Casablanca Raya Kav. 88, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Mall ini terdiri dari lima lantai pusat perbelanjaan yang dihuni oleh tenant-tenant dari brand besar, diantaranya adalah Starbucks, Carrefour, Imperial Kitchen, Charles & Keith, The Executive, dsb. 

Meskipun dihuni oleh tenant-tenant besar, Kota Kasablanka juga tetap menyewakan tempat untuk bisnis kelas menengah. Misalnya stand kuliner yang terletak di depan Carrefour. Untuk stand berukuran 49 m2, di mall ini disewakan dengan harga Rp14 juta per bulannya. 

Harga yang ditawarkan memang mahal, namun sebanding dengan potensi keuntungan yang akan didapat pengusaha nantinya. Apalagi di dalam mall Kota Kasablanka juga terdapat exhibition hall seluas 6.200 meter bernama The Kasablanka. Gedung pertemuan yang berada di lantai 3 ini dapat menghadirkan sejumlah besar pelanggan potensial dalam satu waktu. 

2. Season City

Season City tergolong sebagai trade mall yang berlokasi di Jalan Professor Doktor Latumenten, Kecamatan Tambora, Kota Jakarta Barat. Mall ini mengusung konsep one stop living, yang menggabungkan beragam aktivitas dalam satu tempat. Hal ini dibuktikan dengan adanya apartemen Season City di puncak mall. 

Meski tergolong trade mall, Season City tetap memiliki kios perimeter, atau kios yang ditujukan untuk tenant-tenant besar. Contohnya seperti Carrefour, Cinema XXI, KFC, A&W, Solaria, dll. Keberadaan tenant-tenant tersebut tentu dapat menarik banyak pengunjung di Season City. 

Berapa harga sewa kios di mall Season City? Harganya berada di kisaran yang jauh lebih terjangkau dibanding kios di Kota Kasablanka. Per tahunnya, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp25.000.000 untuk kios berukuran 36 m2. Sedangkan untuk harga jual, kios berukuran 16 m2 di Season City dapat Anda beli seharga Rp289 juta, menurut laman tempat-usaha.com. 

3. Bekasi Junction

Bekasi Junction adalah pusat perbelanjaan yang terletak di Jalan Ir. H. Juanda 115, Kelurahan Margahayu, Kecamatan Bekasi Timur. Mall ini menempati lahan 10.800 meter persegi atau 1,8 hektar dengan total 1.050 kios. Sebagian besar atau 700 kios diantaranya menempati lantai dasar mall. 

Menyewa kios di Bekasi Junction bisa sangat menguntungkan, karena lokasi mallnya yang sangat strategis. Mall berada di persimpangan antara Jalan Juanda dan Jl. Mayor Oking, tidak jauh dari stasiun, pusat pemerintahan Kota Bekasi hingga perkantoran swasta. 

Jika tertarik, Anda dapat menyewa kios ini dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari Rp2.500.000 per bulan untuk kios berukuran 16 m2. Atau, Anda juga dapat membelinya dengan harga Rp350 jutaan. 

Baca juga: 10 Warna Cat Kios yang Menarik, Cocok untuk Bisnis Anda

4. Artha Gading

berapa harga sewa kios di mall

Mall Artha Gading adalah salah satu mall primadona di Kelapa Gading, Jakarta Utara yang terletak di sisi jalan tol Cawang – Tanjung Priok. Mall ini memiliki tujuh atrium dengan desain interior berbeda-beda, mencangkup Atrium Nusantara, Cina, India, Persia, Italia, Paris dan Millenium. 

Total ada tujuh lantai di mall Artha Gading, termasuk lantai basement dan GF. Lantai-lantai ini dihuni oleh tenant-tenant terkemuka yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebut saja Cinema XXI, Amazone, Buccheri, Charles & Keith, CYNK, Cuties, dsb. 

Anda juga bisa menjadi salah satu tenant di mall ini, dengan membayar Rp50.000.000 per tahunnya. Kios yang akan didapat dengan harga tersebut berukuran 16 m2. 

5. Lippo Mall Karawaci

berapa harga sewa kios di mall

Lippo Super Mall Karawaci, atau yang sekarang dikenal dengan Supermall Karawaci, merupakan pusat perbelanjaan terbesar di kawasan Lippo Karawaci, Tangerang. Awalnya, luas dari pusat perbelanjaan ini hanya 32.000 m2. Namun, pada tanggal 10 April 2006, Supermall Karawaci 2 dibuka, dengan luasnya yang mencapai 130.000 m2. 

Tenant-tenant terkemuka yang menjadi penghuni tetap di mall ini diantaranya adalah H&M, Matahari Department Store, Hypermart, Gramedia, Ace Hardware, dsb. Beberapa kios di mall ini juga disewakan untuk kalangan umum. Salah satunya adalah yang berukuran 16 m2 dengan harga sewa Rp37.500.000 per tahun. 

6. Mall Ambassador

Mall Ambassador adalah mall yang terletak di Kuningan, tepatnya di Jalan Profesor Doktor Satrio Kav. 25, Karet, Kuningan. Mall ini buka dari pukul 10 AM hingga 10 PM. Mall Ambassador menyasar kalangan menengah yang ingin menghemat pengeluaran ketika berbelanja. 

Terbukti, tenant-tenant di sini kebanyakan menyediakan produk dengan harga terjangkau dengan kualitas terbaik. Video game dan DVD film adalah produk-produk yang paling diburu pengunjung mall Ambassador. 

Dengan jumlah pengunjung yang selalu padat, mall Ambassador sangat berpotensi untuk dijadikan lapak berbisnis. Ada banyak kios dengan beragam ukuran yang disewakan di Ambassador Mall. Beberapa diantaranya seperti 12,74 m2, 31 m2 hingga 35 m2.

Untuk kios berukuran 12,74 m2, harga sewanya berkisar di angka Rp40 juta per tahun. Sedangkan untuk kios berukuran 31 m2, harga sewanya mencapai Rp250 juta per tahun dan Rp750 juta per tahun untuk kios berukuran 35 m2. 

7. Mall Taman Palem

Mall Taman Palem adalah pusat perbelanjaan strategis di Cengkareng yang lokasi persisnya berada di Jl. Kamal Raya Outer Ring Road. Tenant utama yang menghuni mall ini adalah Matahari Department Store dan Carrefour. Selain itu, mall ini juga dihuni oleh tenant-tenant terkemuka lainnya seperti Ace Hardware, Cinema XXI, dll. 

Mall Taman Palem bisa menjadi pasar yang menjanjikan untuk bisnis menengah. Pasalnya mall seringkali mengadakan kegiatan yang mengundang masyarakat umum. Salah satunya yang pernah diadakan adalah acara donor darah yang melibatkan PMI. 

Tertarik untuk menjadi tenant di Mall Taman Palem? Ada hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp8.000.000 per bulan, jika ingin menyewa kios berukuran 9 m2 di mall ini. Beberapa kios bahkan dihargai lebih murah lagi, seperti Rp6.000.000 per bulannya untuk ukuran yang sama. 

8. ITC Mangga Dua

ITC Mangga Dua merupakan pusat perbelanjaan low-end yang diresmikan oleh Sinarmas Land pada tahun 1989. Mall ini berada di daerah Mangga Dua, Jakarta Utara.

Spesialisasi produk yang dijual di ITC Mangga Dua terdiri dari barang-barang tekstil, cinderamata, aksesoris dan lainnya. ITC Mangga Dua bahkan juga menjual produk-produk mancanegara, yang berasal dari Cina, Korea, Hongkong dan Thailand. 

Karena statusnya sebagai pusat perbelanjaan low-end, tenant-tenant di ITC Mangga Dua juga tidak dikenai tarif sewa tinggi. Harga sewa kios di ITC Mangga Dua berkisar di angka Rp10 jutaan. Salah satunya ruko berukuran 6 m2 yang disewakan Rp12,5 juta per tahun. 

9. TangCity Mall

Mall Tangerang City atau TangCity Mall adalah mall terbesar ketiga di Tangerang yang diresmikan pada 28 Juli tahun 2011. Mall ini terdiri dari 6 lantai toko dan 2 basement dengan total luas 10 hektar. Adapun tenant-tenant yang terkenal di mall ini seperti Carrefour, Cinema XXI, KFC, A&W, Burger King, Steak 21, dsb. 

Harga sewa kios di TangCity mall terbilang cukup murah. Untuk kios berukuran 11,05 m2, harga sewanya berada di angka Rp60 juta per tahun, atau Rp5 juta per bulan. 

10. ITC Depok

ITC Depok merupakan jaringan pusat perbelanjaan milik PT. Duta Pertiwi Group, anak perusahaan Sinarmas Group. Mall ini punya letak yang strategis, karena berada bersebelahan dengan Terminal Depok. 

Total ada 1.900 kios yang menghuni ITC Depok, dengan tenant utama Matahari Department Store dan Carrefour. Selain itu, ada juga NAV Karaoke, Solaria, A&W, Gramedia, Breadtalk, Starbucks, dsb. 

Anda dapat menyewa kios di ITC Depok dengan harga yang relatif terjangkau. Satu unit kios berukuran 55 m2 di sini disewakan seharga Rp26.000.000 per tahun. Atau, Anda juga dapat membelinya dengan harga Rp400.000.000. 

Baca juga: 13 Daftar Mall di Depok Ter-update yang Cocok Jadi Destinasi Liburan

Daftar Harga Sewa Kios di Mall Jabodetabek

Untuk mengetahui lebih jelas tentang berapa harga sewa kios di mall, berikut adalah penjabarannya dalam bentuk tabel. Angka-angka yang didapat berasal dari beberapa platform sewa properti online, misalnya Olx, Lamudi, Rumahku.com dan tempat-usaha.com. 

Nama MallUkuran KiosHarga Sewa per BulanHarga Sewa per Tahun
Kota Kasablanka49 m2Rp14.000.000Rp168.000.000
Season City36 m2-Rp25.000.000
Bekasi Junction16 m2Rp2.500.000Rp30.000.000
Artha Gading16 m2-Rp50.000.000
Lippo Mall Karawaci16 m2-Rp37.500.000
Mall Ambassador31 m2-Rp250.000.000
Mall Taman Palem9 m2Rp8.000.000Rp96.000.000
ITC Mangga Dua6 m2-Rp12.500.000
TangCity Mall11,05 m2Rp5.000.000Rp60.000.000
ITC Depok55 m2-Rp26.000.000

Nah, itu tadi pemaparan terkait berapa harga sewa kios di mall. Anda yang bisnisnya menarget kalangan menengah ke atas dapat memilih kios di mall-mall besar untuk membuka gerai. Sedangkan bagi Anda yang menyasar kalangan menengah ke bawah, sewa kios di trade mall sudah lebih dari cukup.