Banyak sekali ide dan peluang bisnis di 2019, seringkali membuat kita yang ingin membuka usaha sendiri tambah bingung. Pasti kan Anda ingin memulai bisnis yang tidak hanya menguntungkan, tapi juga bakal awet di long-term nya.

Banyak sekali peluang bisnis yang menjadi sangat populer di beberapa tahun ini. Kita pun harus hati-hati dan penuh perhitungan dalam memilih peluang bisnis. Jika tidak, bisa saja kita termakan tren sementara yang tidak menguntungkan, malah merugikan.

Banyak alasan orang ingin memulai bisnis milik sendiri, bisa saja ingin membebaskan diri dari pekerjaan kantoran yang banyak aturan dan tidak bebas, ataupun ingin menambah jatah uang saku yang bisa menghasilkan dana ekstra untuk kantong Anda.

Dunia bisnis di tahun 2019 ini semakin tambah macamnya, dan sebagian besar darinya sangat memungkinkan untuk membawa hasil yang memuaskan.

Baca juga: 5 Bisnis Online yang Menjanjikan di Era Digital Ini, Mau Mencoba?

Dibawah ini adalah 30 lebih contoh peluang bisnis di tahun 2019 yang bisa Anda coba jika Anda berani take risks!

1. Jasa Online Marketing

ide bisnis

Memberikan jasa pemasaran memang tidak bisa dilakukan sembarangan. Kita perlu paham seluk-beluknya sebelum benar-benar menjual jasa. Untungnya sudah banyak kursus-kursus online dengan harga terjangkau yang cocok untuk investasi Anda di bidang ini.

Perusahaan saat ini banyak membutuhkan freelancer yang handal dalam membuat marketing copy (kalimat iklan) yang sekaligus SEO-friendly, agar dapat mengubah pengunjung website mereka menjadi pelanggan.

2. Affiliate Marketing 

ide bisnis

Affiliate marketing cukup mudah dilakukan oleh siapapun. Pada dasarnya, Anda akan memperoleh komisi dari perusahaan lain dengan cara mempromosikan produk atau jasa mereka. Konsep sederhananya, Anda memilih produk yang Anda suka dari perusahaan, mempromosikannya lalu memperoleh laba dari setiap penjualan yang berasal dari promosi Anda. Affiliate marketing akan sangat mudah dilakukan jika:

  • Anda memiliki blog atau website sendiri
  • Anda dapat membuktikan keberhasilan lewat statistik pengunjung
  • Anda pernah sukses mengerjakan proyek terkait affiliate marketing¬†dan mampu membuktikannya pada klien baru.

3. Tester atau Reviewer

Pebisnis individu ataupun startup seringkali mencari reviewer untuk mengulas produk mereka dan berharap reviewer mampu meyakinkan pelanggan untuk membeli produk mereka. Anda dapat memulai menjadi reviewer dengan membuat profil pada website freelancer atau menghubungi perusahaan secara langsung. Akan lebih baik lagi jika Anda memiliki webside atau blog sendiri. Anda dapat menulis pengalaman Anda menggunakan produk tertentu dan mendapatkan uang sebagai timbal hasilnya.

4. Website Developer

Saat ini kita tinggal di zaman digital ketika semua bisnis membutuhkan website untuk menarik pengunjung dan mengubahnya menjadi penjualan. Jika Anda memiliki kemampuan dalam mengembangkan website, Anda dapat masuk ke industri yang tidak pernah mati ini. Anda dapat memulainya dari langkah kecil seperti membuat website pada platform wordpress. Jika skill Anda sudah tinggi, mungkin Anda bisa belajar lebih jauh seperti bahasa pemrograman untuk membuat:

  • Shopping carts¬†
  • Product pages
  • Galleries
  • Blogs
  • dsb.

5. Desainer Grafis

Perusahaan akan selalu membutuhkan peran desainer grafis untuk membantu menangani branding mereka terhadap masyarakat. Perangkat lunak yang sangat diperlukan oleh seorang desainer grafis adalah Photoshop atau Illustrator. Desainer grafis biasanya bertanggung jawab untuk membuat media berikut:

  • Logo
  • Flier
  • Newsletter
  • Majalah
  • Iklan
  • dsb.

6. Menjadi Personal Trainer

Selain kecantikan, olahraga sekarang menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Semakin populernya olahraga dan menjaga keindahan diri, berbagai macam tawaran seperti gym membership dan personal trainer menjadi semakin laku.

Dengan personal trainer, orang-orang bisa mendapat body goals nya dengan lebih cepat dan tepat. Tidak lagi menghabiskan berjam-jam useless yang tidak membentuk badan yang tidak diinginkan.

Jika Anda tahu banyak tentang workout ataupun lulusan ilmu olahraga, bisa menjadikan ini karir yang menjanjikan. Dengan gaji yang per-jam nya biasanya lumayan tinggi, pilihan karir ini bisa menjadi bisnis yang tepat untuk Anda.

7. Food atau Coffee Truck

Membuka restoran atau coffee shop bisa mendatangkan banyak resiko, karena banyaknya modal yang dibutuhkan, dan juga faktor untung-untungan. Mempunyai restoran ‚Äėpermanen‚Äô yang letaknya di sebuah gedung bukan hanya satu-satunya pilihan jika Amda ingin membuka bisnis di dunia makanan atau minuman.

Anda bisa pilih opsi coffee atau food truck, konsep yang menjadi populer beberapa tahun ini. Modal yang tidak setinggi restoran asli tetap bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan. Lebih lagi dengan adanya aplikasi online untuk memesan makanan.

Tidak lagi diperlukan menyewa tempat yang mewah ataupun strategis karena banyaknya demand dari aplikasi online. Apalagi dengan orang jaman sekarang yang suka malas mengantri ataupun keluar rumah untuk membeli makan, peluang bisnis yang ini bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda yang punya passion makanan tapi tidak ingin mengeluarkan modal besar!

Baca juga: Gak Takut Laper Lagi! 25 Tempat Makan di Jakarta Ini Buka 24 Jam, Lho!

8. Social Media Influencer

Occupation yang ini telah menjadi sangat populer sekarang, apalagi dengan penggunaan sosial media yang semakin populer. Peluang yang ini pas sekali untuk Anda yang berbakat di bidang seni, seperti make up, dance, menyanyi, fotografi, dan lain lain.

Dengan memasang karya Anda di dunia online, Anda akan mendapatkan perhatian dan popularity yang bisa mengarah ke bisnis online. Jangan lupa untuk rutin meng-update halaman sosial media Anda, agar fans dan penonton akan tetap anda dan Anda akan mendapatkan hasilnya nanti.

9. Konsultan Media Sosial

ide bisnis

Setiap orang paling tidak memiliki satu akun media sosial, entah itu Facebook, Twitter, Instagram, dan yang lainnya. Tidak heran jika sosial media dapat menjadi bisnis potensial yang kliennya tersebar di seluruh dunia.

Tidak punya skill yang mumpuni? Jangan khawatir, Twitter dan Google adalah dua diantara beberapa platform yang sering menawarkan kursus profesional bersertifikat di bidang ini. Beberapa mengharuskan Anda membayar sejumlah uang, sedangkan yang lainnya gratis.

10. Healthy Catering

Healthy catering- atau katering sehat menjadi semakin populer di tahun-tahun belakangan ini. Banyak orang sekarang mengandalkan layanan katering untuk makanan sehari-hari mereka.

Apalagi dengan memuncaknya kepopularitasan diet culture, banyak wanita dan juga pria yang melakukan diet dengan menggunakan layanan katering sehat ini.

Tidak hanya untuk yang ingin menurunkan berat badan, namun juga pilihan lain seperti paket naik berat badan, paket makanan untuk diabetes, darah rendah, untuk ibu hamil, dan lain lain.

Dengan beragamnya macam katering ini, pasti akan semakin populer dan menguntungkan. Di jaman yang mobilitasnya tinggi ini, orang-orang tidak mau ribet dengan memasak sendiri atau pun ke restoran.

Jika menggunakan katering sehat, orang bisa memilih sendiri nutrisi yang ada di makanan mereka, sehingga hidup sehat tidak lagi mahal maupun ribet.

11. EO (Event Organizer)

Yang dicari orang jaman sekarang ini adalah semuanya yang tidak ribet dan juga praktis. Event Organizer yang mengatur acara seperti ulang tahun, pernikahan, maupun acara kantor pasti akan menjadi high-demand.

Dengan adanya event organizer, orang-orang bisa menikmati lancarnya suatu acara tanpa adanya ribet maupun lelah. Peluang ini adalah salah satu yang sudah aja sejak lama namun masih laku dan terus akan berlangsung lama ke tahun-tahun kedepannya.

Baca juga: Mau Jadi Entrepreneur dengan Modal 1 Juta? Ini 8 Ide Usaha yang Bisa Dicoba

12. Konsultan Pajak

Perusahaan manapun baik yang besar maupun yang kecil pasti membayar pajak mereka untuk menghindari masalah. Mungkin karena banyaknya hal yang perlu mereka urus, masalah pajak bisa jadi tidak mendapat perhatian khusus. Oleh karena itu perusahaan membutuhkan konsultan pajak yang bertanggung jawab mengurus pajak untuk mereka. Ini bisa menjadi peluang yang bagus, terutama bagi Anda yang sudah berpengalaman sebelumnya.

13. Blogger atau Vlogger

Ide bisnis

Apakah Anda handal di bidang tertentu seperti fesyen, travelling, memasak atau kerajianan tangan? Jika Anda tahu cara melakukan sesuatu secara rinci dan baik, mengapa tidak membagikannya lewat blog atau vlog? Yang Anda perlukan hanya laptop, koneksi internet yang baik dan kamera berkualitas baik. Anda juga dapat mendapat pemasukan dari iklan yang muncul di blog Anda.

14. Penerjemah

Ide bisnis

Jika Anda mahir dengan Bahasa Inggris atau bahasa lainnya, tidak ada salahnya untuk menjadi seorang penerjemah lepas. Penerjemah lepas adalah posisi yang paling dicari-cari di dunia saat ini. Anda dapat memulainya dengan menerjemahkan dokumen-dokumen pendek dan mudah terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh. Mengikuti kursu penerjemahan juga sangat dianjurkan sebelum menekuni bidang ini.

15. Financial Advisor (Penasihat Keuangan)

Jumlah orang yang ingin mendirikan usaha saat ini terus berkembang, tetapi masih banyak yang belum tahu bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik. Anda dapat memanfaatkan peluang ini dan menjadi penasihat keuangan. Tunjukan jika Anda telah memiliki sertifikat terkait perencanaan keuangan jika Anda memilikinya. Jika Anda sudah punya pengalaman, Anda dapat mulai dengan individu-individu sebelum akhirnya ke perusahaan.

16. Jasa Editorial

Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar jika ingin membuka jasa editorial. Klien Anda pun bisa berasal dari cangkupan yang luas, mulai dari bisnis kecil, bisnis besar, penulis hingga mahasiswa. Jasa yang dapat Anda tawarkan diantaranya adalah:

  • Copywriting
  • Ghostwriting
  • Artikel di majalah
  • Artikel di koran
  • Menulis konten di website
  • Proofreading
  • Editing
  • Indexing
  • dsb

17. Toko Ecommerce

Jika Anda memiliki produk yang menumpuk, tetapi minim modal untuk membuka toko fisik yang memerlukan staff, kasir dan bangunan, saatnya untuk mempertimbangkan toko online. Dibandingkan toko fisik, toko ecommerce keunggulan seperti:

  • Mampu menjangkau pelanggan lebih luas
  • Toko bisa buka 24 jam
  • Mengadakan promosi menjadi lebih mudah dimanapun Anda berada
  • Saling bersilangan dengan platform lain seperti sosial media dan website
  • Dapat menjalankan¬†campaign¬†pemasaran melalui google

18. Pemandu Wisata

Banyak turis yang suka ditemani pemandu ketika berada di tempat-tempat wisata. Mereka bisa bertanya apapun yang mereka mau dan mendapat nuansa lokal dimana mereka berada. Jika Anda mengenal betul kota Anda, mengapa tidak membuat tur? Anda dapat membuat paket yang termasuk:

  • Tur jalan-jalan
  • Jasa taxi dari dan menuju hotel wisatawan tersebut
  • Sarapan, makan siang atau makan malam di restoran lokal.

19. Pengajar

Apakah Anda hebat dalam pelajaran-pelajaran di sekolah? Apakah Anda bisa berbicara lebih dari satu bahasa? Jika iya, tidak ada salahnya untuk membagikan ilmu tersebut dengan menjadi pengajar. Anda dapat mulai dengan mengambil sertifikasi pengajar untuk melakukannya. Saat ini, mengajar dapat dilakukan jarak jauh dengan bantuan online video. Jadi mengajar juga bisa menjadi pekerjaan sampingan.

20. Agensi Public Relation

Peluang bisnis

Setiap pebisnis meupun perusahaan pasti perlu berkomunikasi dengan publik dan membangun hubungan baik dengannya. Akan tetapi, ini tidak harus dilakukan sendiri. Sah-sah saja menggunakan jasa pihak lain untuk melaksanakan tugas ini. Agensi Public Relation (PR) bertugas memenuhi tanggung jawab ini. Salah satu tugas mereka adalah membuat press release yang berisi informasi tentang perusahaan dan diberikan kepada media untuk dipublikasi.

21. Jasa Pengepakan

Bisnis ini cocok untuk Anda yang memiliki mata yang sensitif terhadap hal-hal detail. Ketika seseorang pindah rumah, mereka akan membayar sejumlah uang untuk biaya pemindahan barang-barang mereka ke rumah yang baru. Akan tetapi, proses pengepakan barang-barang bisa sangat menyita waktu. Inilah peluang Anda untuk menawarkan jasa pengepakan.

22. Jasa Binatu

Jasa binatu adalah salah satu ide bisnis yang mudah dilakukan tanpa perlu keahlian khusus. Tempat yang ideal untuk menggelar usaha ini adalah di lokasi yang orang-orangnya tidak punya cukup waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri, seperti di dekat kampus, perkantoran dan pabrik-pabrik.

23. Jasa Pengasuh Bayi

Jasa pengasuh bayi mungkin terdengar tidak cukup menguntungkan untuk dijadikan peluang bisnis, namun Anda akan terkejut jika tahu berapa gaji pengasuh bayi yang profesional disertai dengan lisensi dan sertifikat.

24. Fotografi

Fotografer profesional sangat dibutuhkan di acara pernikahan, event perusahaan, foto keluarga dan banyak lagi. Oleh karena itu, jasa fotografi dapat menjadi ide bisnis yang menarik. Apalagi seorang fotografer freelance biasanya tidak memerlukan banyak dana untuk memulai usahanya.

25. Jasa Desain Interior

peluang bisnis

Dari pada harus mendekorasi ruang tamu Anda berkali-kali, Anda dapat menyalurkan kecintaan Anda terhadap desain interior dengan membuka jasa desain interior. Anda dapat memulai ide bisnis ini dengan jaringan personal yang kecil seperti apartemen atau rumah teman Anda, lalu lanjut ke jangkauan yang lebih besar. Anda bisa meminta bayaran per jam pada klien atas jasa Anda, bekerja sama dengan toko perabotan rumah tangga dan lainnya.

26. Produksi Video

peluang bisnis

Video saat ini sangat populer dipakai pada sosial media dan internet. Mereka yang memiliki kemampuan dalam memotong video, mengedit maupun merekam video akan sangat diperlukan. Ini adalah salah satu peluang bisnis yang bisa dilakukan dari rumah.

27. Podcasting

Podcast akhir-akhir ini sangat populer di Indonesia dan sudah banyak pendengar yang menginvestasikan waktunya di sini. Jika Anda senang bercerita atau mengabarkan informasi penting, maka podcasting dapat menjadi ide bisnis yang tepat. Modal awal yang Anda perlukan untuk podcasting di antaranya adalah peralatan audio dan software editing. Seiring bertambahnya pendengar Anda, pasar Anda pun akan semakin besar.

28. Konsultan SEO

SEO (Search Engine Optimization) adalah peroses meningkatkan traffic website atau laman pada website dengan keyword tertentu agar berada di urutan teratas secara organik. Konsultan SEO bertugas untuk meningkatkan hasil pencarian organik dari website klien yang mereka tangani. Untuk memulai bisnis ini, Anda dapat mengikuti pelatihan SEO, mempekerjakan orang yang ahli di bidang ini dan membuat website untuk memasarkan jasa Anda.

29. Application Developer

Setiap harinya ada aplikasi baru yang diluncurkan secara online. Jika Anda memiliki kemampuan untuk membuat aplikasi, Anda harus menjalankan bisnis ini! Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membuat sebuah aplikasi. Membuat aplikasi juga tidak memerlukan banyak waktu (tidak seperti jam kantor dari jam 9 pagi hingga 5 sore). Kabar baiknya, Anda dapat membuat aplikasi dimanapun Anda berada.

30. Internet Security Consultant

peluang usaha

Saat ini, peretasan, scamming dan virus adalah bahaya-bahaya yang mengancam dari internet. Jika jeli melihat peluang, Anda dapat menjadi konsultan untuk menangani masalah ini. Klien Anda terutama berasal dari mereka yang menangani informasi pelanggan yang sensitif dan ingin menjaganya seaman mungkin.

31. Jasa Pembuatan Konten

Saat ini banyak brand atau merk terkenal yang memilih untuk mengiklankan produk mereka dalam bentuk konten, baik itu tulisan maupun video. Brand-brand tersebut mulai memutar otak untuk mengetahui cara menjual produk tanpat terkesan memaksa. Beberapa mungkin akan membutuhkan bantuan freelancer untuk membuat konten mereka. Ini bisa menjadi kesempatan Anda!

32. Animator

Selain dalam bentuk tulisan, konten yang diperlukan brand juga ada yang berbentuk animasi. Animasi dinilai lebih menarik dibanding bentuk konten lainnya, jika pengerjaannya juga sesuai. Oleh karena itu, peran animator akan sangat diperlukan di sini. Sebelum memulai ide bisnis ini, Anda dapat mengambil kursus-kursus tentang merancang animasi jika Anda kurang percaya diri.

33. Toko Bunga

Jika Anda berminat dengan bunga serta membuat rangkaian bunga yang menarik, membangun toko bunga dapat menjadi ide bisnis yang terbaik. Saat ini bunga tidak hanya diperlukan pada acara-acara pernikahan saja, tetapi juga kematian, ulang tahun, wedding anniversary, grand opening dan lainnya.

34. Agen Properti

Mengingat pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, kebutuhan akan tempat tinggal juga bertambah. Kebutuhan hunian atau properti juga ikut naik seiring jumlah penduduk.

Peluang bisnis properti juga tak salah untuk dicoba, salah satunya menjad agen properti. Anda hanya cukup memasarkan dan mencari konsumen.

Tidak butuh modal banyak untuk menjadi agen properti, cukup memiliki skill marketing dan aktif memasarkan baik offline maupun dengan cara online. Intinya Anda cukup mendatangkan calon buyer/konsumen produk properti Anda.

Cari hunian? Pilih sewa apartemen aja! Sewa Apartemen Praktis, Cepat, Murah, dan Mudah hanya di Jendela360.com