Alam Sutera merupakan lokasi yang ideal untuk ekspansi bisnis. Lokasinya strategis, berada di pertengahan antara Jakarta dan Banten, serta dikelilingi oleh fasilitas publik kelas atas. Oleh karena itu, menyewa atau membeli ruko Alam Sutera untuk mengembangkan bisnis patut dipertimbangkan.

Apalagi Alam Sutera juga dihuni oleh orang-orang dari kalangan menengah ke atas, dengan daya beli tinggi yang tinggal di rumah mewah Alam Sutera. Melihat potensi pasar yang besar seperti ini, tidak ada salahnya untuk mulai mencari ruko Alam Sutera yang pas dengan tujuan bisnis Anda.

1. Pisa Grande

Alamat: Jl. Ir. Soekarno, Curug Sangereng, Kec. Kelapa Dua, Tangerang, Banten
Range Harga: Rp1,18 Р3,8 Miliar per Ruko

Jika Anda ingin menyewa atau membeli ruko di kawasan yang sudah mapan, Pisa Grande adalah jawabannya. Kompleks ruko ini dikembangkan oleh Paramount Land di kawasan IL Lago. Di sekitarnya terdapat 14 cluster perumahan mewah dengan jumlah rumah mencapai 3.300 unit.

Sebagian rumah sudah diisi oleh penghuni, yang membuat lingkungan di sekitar ruko menjadi lebih hidup.Tidak hanya dari dalam kawasan ruko saja, dapat dipastikan, ruko juga akan ramai oleh orang-orang di luar kompleks IL Lago, karena sudah ada tiga tenant besar yang telah sepakat untuk menghuni ruko ini, yaitu Alfamidi, Restoran Bebek Kaleyo dan Seafood Market @FoodTerra.

Jika tertarik untuk membeli ruko Pisa Grande, Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp1,18 miliar saja per unit. Kelengkapan ruko sudah termasuk solar panel untuk menghemat penggunaan listrik, AC Daikin atau yang setara, internet super cepat, suplai listrik 3500 VA, dsb.

2. Victoria Lane

ruko di alam sutera

Alamat: Jl. Lingkar Barat No. 8 Alam Sutera, Tangerang
Range Harga: Rp 3,5 Р4,6 Miliar per Ruko

Victoria Lane cocok bagi Anda yang mengincar ruko di lokasi strategis Alam Sutera bagian barat. Ruko ini menawarkan desain unik bertema chic dan up to date khas Brooklyn, New York.

Dari segi lokasinya, Victoria Lane cukup potensial untuk mengembangkan bisnis, karena dekat dengan apartemen LLOYD, cluster Sutera Victoria dan Universitas Binus. Disamping itu, Victoria Lane juga mudah dijangkau, semenjak adanya fasilitas shuttle internal Suteraloop.

ROI atau Return of Investment yang dihasilkan Victoria Lane ditaksir mampu menapai angka sebesar 6% sampai 8%.

Baca juga: Lebih Baik Beli atau Sewa Ruko, Mana yang Lebih Untung?

3. Woodlake Shophouses

Alamat: Jl. Lingkar Barat, Alam Sutera
Range Harga: 
Rp4,7 – 5,5 Miliar per Ruko

Setelah sukses dengan launching perdana dari Victoria Lane, pengembang kembali meluncurkan kawasan ruko terbaru bernama Woodlake Shophouses Alam Sutera. Gaya arsitektur ruko ini juga terinspirasi dari gaya arsitektur Brooklyn, New York.

Keistimewaannya, Woodlake Shophouses dapat memanjakan penghuni dan pengunjung lewat lingkungannya yang dikelilingi pepohonan rindang, serta view ke arah danau.

Sedangkan untuk konsumen potensialnya, berasal dari penghuni sejumlah apartemen seperti apartemen LLOYD, Silkwood Residence dan Paddington Heights. Ada juga cluster perumahan dan kampus ternama di sekitar ruko, misalnya cluster Sutera Victoria, Swiss German University, Binus University, Swiss German University, dsb.

4. Weston Lane

Alamat: Jl. Lingkar Barat, RT.002/RW.003, Panunggangan, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten 15143
Range Harga: Rp8 Р11 Miliar per Ruko

Untuk Anda yang menginginkan ruko eksklusif dengan jumlah unit yang sedikit, bisa memilih ruko Western Lane. Ruko ini didesain secara elegan dengan menggunakan tema industrial pada bagian eksteriornya, yang ditunjunkkan dengan penggunaan elemen exposed brick.

Ruko menyediakan private lift berkapasitas 6 orang, toilet di setiap lantai, column-free area, lahan parkir dengan rasio 4 mobil di setiap unit dan jaringan Quadplay Fibre Optic (CCTV, Home Phone, Home Internet dan Home TV).

Baca juga: Mau Buka Usaha di Ruko? Ini 5 Bisnis yang Cocok

Keunggulan dari Weston Lane adalah Anda dapat menyewakan bagian-bagian ruko untuk pihak yang berbeda. Pasalnya ruko ini memberikan akses yang terpisah di setiap lantai dan lift yang menyambungkan setiap lantai. Mereka dapat memanfaatkan ruko sebagai ruang bisnis, kantor atau coworking space.

Apalagi, dengan didukung oleh lokasinya yang berdempetan dengan cluster Sutera Winona, berseberangan dengan apartemen LLOYD dan berdekatan dengan Sautama apartment, menjadikan kompleks ruko ini ideal untuk dijadikan lahan investasi.

5. Ruko Pasar 8

ruko alam sutera

Alamat: Serpong Jaya, Serpong, Tangerang
Range Harga: Rp420 juta РRp5,5 Miliar per Ruko

Dengan budget terbatas, apakah bisa memiliki ruko di Alam Sutera? Tentu saja. Jika Anda menginginkan ruko yang strategis, namun harganya terjangkau, bisa bertandang ke ruko Pasar 8.

Pasar 8 merupakan kawasan komersil yang dibangun oleh PT. Alam Sutera Realty Tbk. Bentuknya berupa pasar modern yang terdiri dari ruko-ruko setinggi 2 sampai 3 lantai.

Walaupun tergolong ruko yang murah di Alam Sutera, ruko Pasar 8 tetap menawarkan lokasi yang prima dan potensi pasar yang tidak kalah dari ruko-ruko lainnya.

Lokasi ruko Pasar 8 berada tidak jauh dari pusat rekreasi, seperti Paintball Sport (350 meter), Crystal Lane (450 meter), Upside Down World (450 meter), Little Jungle Playground (600 meter) dan Living World Mall (900 meter). Untuk hunian di sekitar ruko Pasar 8, yang nampak adalah cluster Sutera Kirana, Sutera Delima, Winong Asri, Griya Kencana 1, dsb.

Baca juga: 9 Tips Nyaman Tinggal di Ruko yang Bikin Anda Makin Betah

6. Ruko De Mansion

Alamat: PT Sutera Kharisma Unggul Ruko De Mansion Blok A No.18 Alam Sutera – 15144, Tanggerang
Range Harga: Rp3,4 Р6,7 Miliar per Ruko

Yang tidak biasa dari ruko De Mansion adalah ruko ini menjadi satu-satunya ruko di kawasan mixed used integrated property development, yang dikembangkan dengan gaya modern classic di tengah CBD Alam Sutera. Bangunannya mudah dikenali dan terlihat lebih mencolok dibanding bangunan di sekitarnya. Jadi sangat cocok ditempati untuk keperluan bisnis.

Dari segi lokasi, ruko De Mansion berhadapan dengan Menara Top Food dan tidak jauh dari IKEA Alam Sutera, serta Mall @Alam Sutera.

Potensi ekonomi yang ditawarkan ruko ini adalah pembangunan sejumlah proyek properti yang nantinya akan berada di dalam kawasan yang sama, seperti apartemen, rumah, hotel dan perkantoran.

7. Alam Sutera Town Center

Alamat: Jl Serpong Raya, Serpong, Tangerang, 15311, Banten
Range Harga: Rp3,4 Р4,1 Miliar

Alam Sutera Town Center (ASTC) merupakan kawasan komersil seluas 800 hektar yang dikembangkan oleh PT. Alam Sutera Realty Tbk. Lokasi kawasan ruko ini sangat strategis, karena berada di dekat gerbang masuk Alam Sutera, dari Jl. Raya Serpong.

Selain itu, ASTC juga memberikan akses yang mudah ACE Living World Alam Sutera (4 menit jalan kaki). Untuk unit ruko yang ditawarkan, di ASTC, Anda dapat menemukan ruko Alam Sutera dengan tinggi 3-4 lantai dan luas bangunan mulai dari 167 m2 sampai 202,5 m2.

Baca juga: Daftar Harga Rumah Alam Sutera, Mulai dari Rp 1 Miliar

Ruko-ruko Alam Sutera memiliki karakteristik yang menarik. Mulai dari lokasinya yang dekat dengan apartemen, perumahan mewah Alam Sutera, sampai pusat perbelanjaan kelas atas. Tidak heran jika bisnis kelas menengah ke atas pasti bertahan dan tumbuh di sini. Disamping itu, membeli ruko Alam Sutera juga minim kerugian, karena ruko dapat menjadi aset dan dapat dijual kembali.