Last Updated on

Pergi keluar kota adalah salah satu cara yang paling mudah dan efektif untuk menghilangkan kejenuhan. Karena, dengan pergi ke kota lain, Anda bisa menikmati suasana baru yang berbeda dari kota tempat Anda tinggal.

Ada banyak tempat yang bisa Anda jadikan tempat liburan akhir pekan atau short escape. Salah satunya adalah mengunjungi tempat wisata di Bandung.

Bandung menawarkan suasana yang asri dan spot wisata yang beragam, tidak heran jika banyak warga Jakarta yang senang berkunjung ke tempat wisata di Bandung. Berikut adalah beberapa tempat wisata di Bandung yang perlu Anda kunjungi.

1. Tangkuban Perahu

tempat wisata di Bandung

Tangkuban Perahu pantas untuk menjadi salah satu tempat wisata di Bandung yang harus Anda kunjungi. Bandung terkenal dengan alamnya yang asri dan indah serta pemandangan alam yang bisa Anda nikmati dari atas puncak gunung Tangkuban Perahu sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya.

Ada lebih dari satu kawah yang bisa Anda kunjungi di sana. Namun, sebaiknya Anda membawa masker saat ke kawasan kawah-kawah tersebut. Sebab terkadang aroma belerang dari lava yang ada dalam kawah gunung tercium cukup menyengat.

Dengan akses ke puncak yang terbilang sangat mudah jika dibandingkan dengan akses di gunung api lainnya, Anda tidak harus punya kemampuan layaknya pendaki gunung profesional.

Untuk sampai ke atas, Anda tidak perlu berjalan kaki. Anda bisa mengendarai mobil pribadi atau naik mobil wisata yang ada disana. Jadi, tidak hanya yang berusia muda dan sehat saja yang bisa ke puncak gunung tangkuban perahu, tapi juga yang sudah memasuki usia lanjut. Oleh karena itu, tempat wisata ini cocok dijadikan sebagai objek wisata keluarga.

Baca juga: +17 Tempat Wisata di Bandung yang Lagi Hits dan Kekinian Banget!

2. Grafika Cikole

Turun sedikit dari lokasi gunung Tangkuban Perahu, Anda akan melihat ada banyak wilayah hutan pinus yang dijadikan sebagai tempat wisata. Salah satu hutan pinus yang memiliki fasilitas dan hiburan terlengkap adalah Grafika Cikole.

Jika kebanyakan hutan pinus lainnya disekitar Tangkuban Perahu hanya menawarkan spot foto di tengah hutan dan sekedar bangku sederhana dibeberapa sudutnya sebagai tempat istirahat, Grafika Cikole punya lebih banyak hal menarik yang bisa Anda nikmati. Di Grafika Cikole, ada penginapan yang bisa Anda sewa jika Anda ingin bermalam di sana.

Yang lebih istimewanya lagi adalah penginapan tersebut dibuat berbeda dari penginapan pada umumnya karena memiliki bentuk yang mirip dengan rumah hobit yang ada di film Lord of the Ring. Selain itu, Anda juga bisa mencoba berbagai wahana seru lainnya seperti paint ball, flying fox, dan masih banyak lagi.

3. Kebun Bunga Begonia

Nama lain dari kota Bandung adalah kota kembang dan nama tersebut tentunya diberikan bukan tanpa alasan. Bukan hanya karena banyak pemuda atau mojang Bandung yang cantik, tapi juga karena ada banyak kebun bunga yang bisa Anda kunjungi saat berada di sana.

Kebun bunga begonia salah satunya. Sama seperti Tangkuban Perahu dan Grafika Cikole, Kebun Bunga Begonia juga terletak di lembang, yaitu daerah di bagian utara kota Bandung. Taman bunga ini memiliki banyak sekali jenis bunga dan juga tanaman lainnya seperti sayuran dan beberapa tanaman herbal.

Selain menikmati keindahan bunga, jika Anda termasuk orang yang suka mengabadikan momen liburan Anda dengan berfoto, di kebun ini. Anda bisa mengambil foto sepuas mungkin dengan latar bunga-bunga yang cantik. Ada banyak tempat yang memang sudah di desain khusus sebagai spot foto disana.

Contohnya seperti berfoto dengan latar bingkai hati berukuran besar yang terbuat dari kumpulan bunga mawar. Foto-foto yang Anda abadikan pun bisa semakin cantik dan unik.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Gratis di Jakarta Ini Bikin Weekend Makin Seru

4. Farm House Lembang

tempat wisata di Bandung

Jika Anda ingin merasakan keindahan susana di Eropa, Anda bisa pergi ke Farm House Lembang. Taman wisata ini memiliki konsep peternakan Eropa dan semua bangunan yang ada dibuat semirip mungkin dengan bangunan-bangunan yang ada di Eropa, tepatnya bangunan Eropa abad pertengahan.

Cukup dengan berkeliling Farm House, Anda sudah bisa menikmati bagaimana rasanya berada di tengah kota di Eropa. Untuk memperkuat nuansa Eropa, Anda juga bisa menyewa kostum atau pakaian tradisional khas negara-negara Eropa khususnya Belanda yang bisa Anda pakai untuk berkeliling Farm House.

Namun, bukan hanya bangunan Eropa, ada juga rumah hobit yang menjadi salah satu atraksi yang paling terkenal untuk dijadikan spot foto. Selain itu, Anda juga bisa bermain bersama dan memberi makan domba-domba lucu yang ada di sana dan menikmati beberapa jenis bunga seperti bunga martahari.

5. Kawah Putih

Salah satu tempat wisata terkenal lainnya di Bandung adalah Kawah Putih yang berada di kawasan Ciwidey. Sesuai dengan namanya, Kawah yang terletak di Gunung Patuha ini berwarna putih, berbeda dengan kawah gunung lainnya yang umumnya berwarna hitam.

Warna putih di kawah ini berasal dari zat kimia tertentu yang terkandung dalam aliran air disana, walaupun sebenarnya warna tersebut bukanlah putih namun cenderung hijau dan bisa berubah sesuai dengan alam sekitarnya.

Karena keistimewaan warnanya, banyak orang menjadikan Kawah Putih bukan hanya sebagai tempat wisata alam dimana mereka bisa menikmati alam pegunungan, namun juga sebagai tempat untuk mengambil foto yang indah termasuk prewedding.

Sama seperti pergi ke Tangkuban Perahu, jika Anda ingin ke Kawah Putih, sebaiknya jangan lupa untuk membawa masker karena belerang di sini juga sering tercium cukup kuat.

Baca juga: Punya Banyak Tempat Wisata, Tambah Betah Tinggal di Kawasan BSD

6. Gedung Sate

tempat wisata di Bandung

Jika tempat-tempat wisata sebelumnya berapa di bagian pegunungan dari kota Bandung, rekomendasi tempat wisata yang terakhir berada tepat di jantung kota Bandung. Tempat wisata ini bernama Gedung Sate. Gedung ini sebenarnya bukan diperuntukan sebagai tempat wisata, melainkan sebagai kantor gubernur Bandung.

Akan tetapi karena arsitektur gedungnya yang indah dan hiasan diatasnya yang membuat gedung ini disebut dengan Gedung Sate, banyak turis baik yang lokal maupun mancanegara tertarik untuk berkunjung kesana.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui lebih banyak tentang sejarah Indonesia, khususnya peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Bandung, berkat museum futuristik yang terletak di sana. Jadi, Anda bisa menjadikan Gedung Sate sebagai tempat wisata edukatif untuk dikunjungi bersama keluarga.

Itu adalah beberapa tempat wisata di Bandung yang dapat Anda jadikan destinasi short escape. Dengan pilihan tempat wisata yang beragam, mulai dari tempat wisata alam hingga edukatif, tentu Bandung bisa menjadi kota tujuan wisata singkat Anda untuk menghilangkan kejenuhan di akhir pekan.