Memiliki usaha di kios kecil merupakan langkah yang bagus dalam memulai bisnis. Banyak bisnis-bisnis besar berawal dari kios kecil. Beberapa brand besar seperti Chatime dan Hop Hop bahkan masih memusatkan operasionalnya pada kios-kios kecil. Harga sewa yang murah, serta manajemen tempatnya yang tidak ribet membuat usaha di kios kecil begitu digemari sampai saat ini.

Jika Anda tertarik untuk memulai usaha di kios ini, pahami dulu usaha yang cocok di kios kecil. Sebab tidak semua usaha cocok diterapkan di sini, karena keterbatasan tempat. Lalu usaha apa saja yang kiranya cocok dijalankan di kios kecil? Berikut adalah inspirasinya untuk Anda.

1. Snack atau Makanan Ringan

usaha yang cocok di kios kecil

Menjual snack atau makanan ringan adalah ide bisnis yang paling umum untuk kios kecil. Meskipun begitu, cara ini tetap patut untuk dicoba. Apalagi jika Anda menyewa kios kecil di dalam mall. Tidak jarang pengunjung mall merasa lapar di tengah kegiatan belanjanya. Akhirnya yang dicari adalah kios-kios penyedia snack atau makanan ringan seperti milik Anda.

2. Es Krim

Jika Anda bingung untuk memulai bisnis apa di kios kecil, Anda bisa mencoba berjualan es krim. Tidak diperlukan lapak yang besar untuk menjual es krim, kios kecil pun bisa. Kios penjual es krim seringkali dipadati pembeli, terlebih saat-saat musim panas. Jika Anda tinggal di kota kecil, pembeli yang datang bisa lebih banyak lagi, karena minimnya persaingan.

Es krim memang sangat digemari anak-anak. Meskipun begitu, konsumennya tidak sebatas kalangan anak-anak saja lho. Anda tetap bisa menyasar kalangan remaja atau dewasa dengan menyediakan varian rasa yang berbeda. Usahakan rasa-rasa yang Anda jual tidak tersedia di es krim-es krim mini market.

3. Frozen Yogurt

Jika Anda membutuhkan ide bisnis yang berbeda, Anda bisa coba menjual frozen yogurt. Bisnis ini cocok dijalankan di kios-kios kecil yang berada di dalam mall bergengsi. Daripada membeli es krim, banyak gadis muda yang lebih tertarik untuk membeli frozen yogurt karena menyehatkan dan tidak bikin gemuk.

Baca juga: 10 Warna Cat Kios yang Menarik, Cocok untuk Bisnis Anda

4. Roti

Tidak diperlukan banyak ruang untuk memulai bisnis roti, oleh karena itu ini termasuk usaha yang cocok di kios kecil. Dimanapun kios Anda berdiri, mau itu di dalam mall ataupun di tepi jalan, akan selalu ada orang-orang yang mencari roti. Mereka mencari roti Anda untuk berbagai keperluan, mulai dari sarapan, oleh-oleh, sampai untuk ngemil sebelum atau sesudah makan besar.

Membuka kios roti akan sangat menguntungkan lagi jika lokasinya berada di tengah-tengah antara perkantoran dan sekolah. Anak-anak membeli roti karena menyehatkan dan harganya terjangkau. Karyawan pun membelinya karena mengenyangkan dan bisa menjadi teman ngopi yang nikmat.

5. Kopi

usaha yang cocok di kios kecil

Kopi sudah dapat dipastikan menjadi salah satu ide bisnis terbaik yang bisa dijalankan di kios kecil. Kepopulerannya akhir-akhir ini memuncak. Karyawan adalah kalangan yang sangat menggemari kopi, karena berkaitan juga dengan performa kerja mereka. Minuman ini terbukti mampu mengurangi stress dan meningkatkan stamina.

Maka dari itu, jika Anda ingin membuka kios kecil yang menjual kopi, Anda perlu memilih lokasi yang dekat dengan karyawan, seperti di kantin atau jalan di sekitar kantor. Hal ini tidak mutlak, mengingat banyak juga yang akhirnya memesan kopi Anda via online dengan bantuan Gojek atau Grab.

Membuka kios kopi di mall juga lumayan menguntungkan, karena pengunjung cenderung membeli kopi yang bisa dibawa pulang untuk dinikmati di mobil atau dibawa saat mereka berbelanja.

6. Milk Bubble Tea

Milk bubble tea tidak kalah menjanjikan dibanding menjual kopi, karena tidak seperti kopi, minuman ini digemari oleh hampir semua kalangan. Dengan sedikit keahlian desain, Anda bisa merancang kemasan bubble tea secara menarik, hingga mendatangkan konsumen-konsumen yang didominasi oleh kaum milenial.

Jika rasanya oke dan tampilannya instagrammable, mereka tidak akan segan-segan untuk menyebarkan minuman Anda di media sosial. Kabar baiknya, milk bubble tea masuk dalam minuman yang sederhana, mudah dibuat, namun tetap menghasilkan margin profit yang tinggi.

7. Aksesoris Perangkat Elektronik

Kios kecil adalah tempat yang sempurna untuk menjual berbagai aksesoris perangkat elektronik, seperti aksesoris handphone, laptop dan tablet. Kebanyakan orang akan pergi ke kios-kios kecil untuk mencari casing baru untuk gadget mereka.

Anda bisa membuka kios-kios ini di dalam mall. Biasanya kios-kios yang menjual aksesoris gadget ditempatkan di lantai yang diisi oleh tenant-tenant elektronik.

Baca juga: Sama-sama Buat Usaha, Ini Perbedaan Ruko, Rukan, Kios & Toko

8. Jagung Manis

Jagung manis juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Panganan ini praktis, mudah dibuat dan bisa dibawa kemana-mana oleh pembeli. Anda tidak memerlukan keahlian khusus jika ingin membuka usaha ini. Yang terpenting, ongkos produksinya murah, namun keuntungan yang didapat cukup besar.

9. Donat

Akhir-akhir ini mulai muncul varian donut dari berbagai bahan, salah satunya yang populer adalah donat kentang. Anda bisa mengikuti tren dengan menjual donat versi Anda sendiri. Tidak perlu tempat yang luas untuk menjual donat. Cukup kios kecil tempat Anda menempatkan penggorengan, bahan-bahan dan satu orang karyawan yang berkeja di sana.

10. Cinderamata

usaha yang cocok di kios kecil

Anda bisa menyulap kios kecil Anda menjadi toko cinderamata. Tidak perlu keahlian khusus untuk hal ini. Di dalamnya, Anda bisa menjual bermacam-macam barang yang khas dari suatu daerah, mulai dari pakaian, kain, miniatur, boneka, dsb.

Anda akan mendulang sukses besar jika membuka kios cinderamata di dekat tempat-tempat wisata.

11. Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki skill yang cukup baik dalam membuat kerajinan tangan, tidak ada salahnya untuk mengisi kios kecil Anda dengan kerajinan ini. Anda bisa menjadikan kios menjadi galeri kecil milik Anda sendiri.

12. Bingkai Foto

Setiap orang pasti ingin mengabadikan momen yang tidak akan pernah berulang. Liburan keluarga, wisata sampai kelahiran si buah hati. Anda dapat membantu konsumen mengabadikan momen dengan menjual bingkai foto di kios kecil Anda.

Terkadang, orang hanya mementingkan ukuran dan kualitas bingkai saja untuk foto-foto mereka. Jadi jangan khawatir jika tidak bisa menyediakan pilihan lengkap. Dengan kios kecil saja, Anda sudah bisa menampung bingkai-bingkai foto yang diperlukan konsumen.

13. Perlengkapan Olah Raga

Jika kios kecil Anda kebetulan berdiri di dekat GOR atau lapangan sepak bola, menjual perlengkapan olah raga seperti bola, raket, kok dan pakaian olah raga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan.

Daripada pergi ke pusat perbelanjaan untuk membeli perlengkapan olah raga, atlet mungkin akan lebih tertarik ke kios Anda karena lokasinya yang dekat. Apalagi jika barang-barang yang dijual memiliki kualitas yang baik.

14. Payung

usaha yang cocok di kios kecil

Menjual payung di kios kecil terdengar sepele, namun siapa sangka jika menjual barang ini memberikan keuntungan yang cukup besar. Alasannya tidak banyak kompetitor yang akan Anda temui.

Selain itu, payung juga sangat diperlukan, tidak hanya ketika hujan, tetapi juga ketika cuaca sedang panas-panasnya. Membuka kios payung akan sangat menguntungkan jika lokasinya berada di dekat stasiun atau terminal. Ketika hujan, penumpang akan berfikir untuk membeli payung Anda.

15. Buku

Pernahkah Anda berkunjung ke toko buku di Kwitang? Di sana berjejer kios-kios buku bekas yang selalu dipadati pembeli. Minat membaca masyarakat Indonesia memang tidak tinggi, namun penggemar buku di negeri ini tetap banyak jumlahnya. Ditambah lagi dengan banyaknya anak sekolahan dan mahasiswa yang selalu haus akan buku, membuat kios toko buku menjadi pilihan yang layak dicoba.

Anda dapat membuka kios toko buku yang menjual buku-buku bekas untuk permulaan. Atau, jika Anda sudah memiliki modal yang cukup banyak, Anda bisa menjual buku-buku baru dan bekerja sama dengan penerbit-penerbit buku di kota Anda.

Nah itu tadi beberapa inspirasi ide usaha yang cocok di kios kecil. Jangan biarkan ukuran kios yang kecil menghalangi niat Anda untuk berbisnis. Yang terpenting seperti kata Tokopedia, “mulai aja dulu”.