Tidak bisa dipungkiri, kalau sudah berumah tangga pastinya harus membayar keperluan hunian secara keseluruhan, baik itu tagihan listrik, gas, dan air PAM.  

Khususnya penggunaan air PAM yang merupakan sumber paling penting dalam kehidupan secara keseluruhan. Selain digunakan untuk sarana kebersihan, sumber air juga berperan untuk kelangsungan hidup, seperti aktivitas minum dan masak-memasak. Tapi seringkali, kita tidak sadar menggunakan air secara berlebihan yang kemudian dapat memmpengaruhi biaya tagihan.

Nah, bila Anda tidak ingin biaya tagihan membengkak karena penggunaan air yang berlebih, simak 10+ cara menghemat air berikut ini. Semoga bisa membantu mengurangi beban tagihan Anda

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 7 Biaya yang Harus Dibayar Saat Tinggal di Apartemen!

Biasakan matikan air kalau tidak lagi digunakan

matikan air sesudah digunakan untuk menghemat air

Ini merupakan suatu keteledoran yang seringkali terjadi. Saat berpergian, terkadang kondisi aliran air masih dalam keadaan menyala karena lupa dimatikan. Tidak menutup kemungkinan kalau tagihan air PAM akan semakin banyak dan besar. Nah, biasakan dimatikan saat pergi, yah! 

Lebih Baik Gunakan Shower! 

gunakan shower untuk mengemat air

Jika apartemen Anda memiliki bathtub dan shower, direkomendasikan untuk menggunakan shower saja! Memang betul, mandi dengan bathtub sangat menyenangkan karena Anda bisa merilekskan otot. 

Tetapi, penggunaan shower justru lebih bagus dan lebih banyak menghemat air dibandingkan dengan pemakaian bathtub. Karena semburan air shower selain penyebarannya merata, percikannya juga lebih sedikit sehingga bisa menghemat sebanyak 60%

Gunakan waktu mandi dengan efisien

waktu adalah uang

Jangan lama-lama kalau sedang di kamar mandi! Apalagi kalau sambil nyanyi-nyanyi. Biasanya, kalau sedang melakukan aktivitas seperti itu kadang-kadang kelupaan ternyata air sering mengalir tanpa disadari. Sehingga biaya tagihan listrik jadi melonjak 5 kali lipat dari biasanya

Oleh karena itu, usahakan mandi dengan efektif dan efisien. Selain tidak buang-buang waktu, penggunaan air PAM menjadi tidak boros! 

Kalau Masih Mahal Tagihannya, Coba Cek Pipa!

benerin ledeng

Disarankan untuk mengecek pipa kalau tagihan listrik sering melonjak drastis terus. Umumnya, saluran pipa yang bocor bisa jadi faktor naiknya harga. Kalau demikian terjadi, segera telepon tukang ledeng untuk mereparasi lapisan pipa yang merembes agar tidak terjadinya hal yang tidak diinginkan!

Baca juga: 7 Tips Ampuh Atasi Wastafel Mampet di Apartemen Anda

Air Di Dapur

masak air

Kalau lagi memasak, coba sesuaikan takarannya. Ini penting agar sisa air yang dimasak tidak dibuang secara percuma. Selain membuang-buang air, terkadang hal ini juga yang menyebabkan saluran menjadi mampet karena adanya sampah-sampah yang menghambat. 

Air Bekas Cuci Sayur atau Buah Bisa Dimanfaatkan, Lho!

air bekas cucian bisa sayur digunakan untuk menyiram tanaman

Penggunaan air bekas pencucian sayur dan buah bisa ditampung melalui semprotan air. Cara menghemat air berikutnya adalah air bekas cucian tersebut akan digunakan sebagai alat semprot tanaman di apartemen Anda! Disamping tidak membiarkan air terbuang begitu saja, dengan bantuan air dari sayur tersebut bisa membuat tanaman subur karena adanya sari biji-bijian yang dapat menstimulasi pertumbuhan. Jadi, tanaman akan terus hidup dan terawat! 

Saat Mencuci, Gunakan Sedikit Deterjen

hemat deterjen untuk menghemat air

Bila pakaian sedang di cuci, debit air yang diperlukan pastinya tidak sedikit untuk membilasnya. Nah, agar tidak mengeluarkan air banyak-banyak, cukup tuang sabun cuci baju atau deterjen secukupnya. Ini bertujuan agar tidak membuang air sisaan, supaya masih bisa digunakan ulang setelah disaring. 

Baca juga: 10 Rekomendasi Mesin Cuci Terbaik, No.6 Bisa Nyuci Lewat Smartphone!

Kalau Ada Listrik Yang Menyala, Segera Dimatikan!

matikan listrik

Tanpa disadari, yang membuat naiknya tarif air adalah penggunaan listrik berlebihan. Alih-alih meminimalisir penggunaan air malah gagal lantaran energi listrik yang terus menyala. 

Jika ada perabotan listrik yang tidak digunakan, alangkah lebih baiknya dimatikan saja kalau memang tidak digunakan, terutama pada siang hari agar menghindari pembengkakan tagihan! 

Gunakan Kloset Dual-Flush 

toilet

Karena kloset ini memiliki dua tombol yang diperlukan untuk membilas kotoran. Jika membeli kloset yang hanya memiliki single flush, pengeluaran air yang dibutuhkan 4-5 kali lebih banyak dari dual-flush. 

Dengan bantuan kloset dual flush, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang lebih banyak untuk melunaskan tagihan-tagihan di meja! 

Tutup Kran Dengan Rapat!

matikan kran

Dibiasakan setelah menggunakan air, putar kran dengan kencang supaya tidak mengeluarkan tetesan air sekecil pun. Meskipun terdengar sepele, namun ini akan berimbas terhadap tagihan listrik Anda nantinya

Kalau sudah mengerti, hal seperti kran harus tertutup rapat sekarang menjadi perhatian Anda. Tak mau melihat tagihan makin melonjak, bukan? 

Gunakan Tisu Basah atau Antis Untuk Mencuci Tangan

gunakan tisu basah untuk menghemat air

Untuk mengurangi pembuangan air secara sia-sia, alihkan kepada penggunaan tisu basah atau antis desinfektan. Untuk informasi, kedua produk tersebut dirancang dan sudah diformulasikan sedemikian rupa agar kotoran di telapak tangan bersih dari kuman. 

Anda bisa mendapatkan tisu basah serta botol-botol antis di mini market dekat apartemen. Harga yang dibanderol sangat ramah di kantong. Jadi, tidak usah khawatir saat membelinya

Tampung Air Bekas Untuk Kebutuhan lainnya!

recycling water

Jika ingin penghematan air semakin maksimal, tampung air bekas cucian lainnya seperti daging, ikan, AC, dan bekas cucian. Seperti pada tips nomor 6, air bekas cucian yang didaur ulang dampaknya berguna untuk kehidupan sehari-hari, seperti menyemprot tanaman. Unik, yah?

Selalu Cek Struk Tagihan

bills mail

Ini wajib Anda lakukan untuk mengetahui berapa banyak biaya yang dikeluarkan supaya tidak terhindar dari istilah “duit hangus”. Sebuah kondisi di mana uang yang dikeluarkan terlalu banyak padahal struk tersebut mencatat harga yang murah. 

Selain itu juga, tagihan menjadikan sebuah motivasi untuk Anda terhindar dari namanya pengeluaran berlebihan sehingga bisa membayar air PAM dengan harga yang ekonomis

 

Memang, kebutuhan hidup pastinya memerlukan hal yang berbayar. Terutama pada konsumsi air yang merupakan sumber kehidupan paling penting. Tetapi, perlu diingat bahwa kita harus mempertimbangkan simpanan untuk kedepannya.

Tidak mungkin semua tabungan perlu dikeluarkan demi membayar air PAM terus-terusan, kan?  Karena Anda harus mementingkan prioritas lain, seperti cicilan kendaraan, bahan pokok makanan dan beberapa pakaian untuk digunakan sehari-hari

Diharapkan dengan tips di atas, Anda menjadi paham bagaimana cara menghemat air sehingga tagihan tidak menjadi momok menakutkan lagi! Hal ini sering terjadi pada penghuni apartemen, mereka sering melakukan berbagai cara agar terhindar dari namanya debt collector namun seringkali tidak berhasil karena biaya penggunaan listrik dan air yang mahal. 

Cek Jendela360.com untuk mengetahui informasi harga sewa apartemen di Jakarta Selatan maupun cari informasi sewa apartemen di Bandung terlengkap se-Indonesia!