Lokasi terbaik untuk mencari rumah subsidi adalah di luar DKI Jakarta, Depok adalah salah satunya. Anda bisa menemukan rumah subsidi Depok di lokasi-lokasi populer, seperti Sawangan dan Bojongsari.

Menurut Keputusan Menteri PUPR Nomor 24/KTPS/M/2020, harga rumah subsidi di Depok tidak akan lebih dari Rp168 juta. Jika beruntung, Anda mungkin bisa menemukan rumah subsidi di bawah harga itu. Karena harganya yang murah, rumah subsidi Depok hanya diperuntukan bagi kalangan tertentu saja.

Sebelum membeli rumah subsidi, pastikan Anda adalah kalangan yang berhak. Syarat pertama gaji Anda tidak boleh lebih dari Rp8 juta per bulan. Lalu tidak berganti-ganti pekerjaan dan berstatus karyawan tetap. Pembeli juga harus berusia paling tidak 21 tahun.

Sudah memenuhi kriteria untuk membeli rumah subsidi di Depok? Berikut adalah daftar rumah subsidi di Depok yang Anda butuhkan.

1. Grand Citayam City

Rumah subsidi Depok

Alamat: Jalan Raya Citayam Panjang Nomor 1, Depok, Jawa Barat

Dari semua perumahan subsidi yang ada di pulau Jawa, Grand Citayam City dapat dikatakan sebagai yang termurah. Bagaimana tidak, harga satu unit rumah subsidi di Grand Citayam City hanya sebesar Rp112 juta. 

Dengan harga ini, Anda sudah bisa mendapatkan rumah tipe 27 dengan luas tanah 72 m2. Anda juga bisa memilih tipe lain dengan ukuran yang lebih luas, seperti tipe 27/84, 36/84 dan 41/98.

Rumah di Grand Citayam City hanya diperuntukan bagi MBR (Masyarakat Penghasilan Rendah) yang gajinya tidak lebih dari Rp4 juta per bulan. Maka dari itu, cicilan dan DP rumah ini dibuat sangat ringan, yakni Rp1,2 juta untuk uang muka dan cicilan FLPP berbunga tetap 5%.

2. Puri Sasak Panjang 2

Alamat: Jl. Prasaja No.26-80, Sasak Panjang, Tajur Halang, Bogor, Jawa Barat 16320

Perumahan Puri Sasak Panjang 2 adalah salah satu rumah subsidi di Depok yang berbatasan dengan Bogor. Hanya butuh waktu 20 menit dari sini untuk sampai ke Stasiun Bojong dan 15 menit ke stasiun Citayam.

Perkantoran yang banyak diisi perusahaan bank terletak 20 menit dari perumahan, dan ke tol Pemda hanya butuh waktu 20 menit. Rumah yang ditawarkan di Puri Sasak Panjang adalah rumah tipe 22 dengan luas tanah 72 m2 dan luas bangunan 22 m2.

Anda bisa membelinya dengan harga Rp148.500.000 per unit atau dengan cicilan KPR sebesar Rp977.881 per bulan.

3. Griya Fairus Annisa

Alamat: Jl. Mandor Samin, Kalibaru, Kec. Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat 16413

Griya Fairus Annisa merupakan hunian Islami di Depok, sekaligus hunian subsidi yang terjangkau bagi semua kalangan. Harganya mulai dari Rp155 juta per unit, untuk tipe bangunan 24/30. Dengan harga tersebut, Anda bisa membeli rumah dengan satu kamar tidur, satu kamar mandi dan dapur.

Dari segi lokasinya, perumahan ini berada dekat dengan Grand Depok City dan Stasiun Depok Lama. Sejumlah fasilitas publik seperti sekolah dan masjid juga bisa dicapai dalam beberapa menit saja.

4. Akarwangi Residence

rumah subsidi Depok

Alamat: Cipayung Jaya, Kec. Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat 16437

Satu lagi perumahan subsidi di Citayam yang bisa Anda tengok jika ingin mencari rumah murah di Depok, yaitu Akarwangi Residence. Untuk ukuran rumah subsidi, rumah di Akarwangi Residence dijual dengan ukuran yang sedikit lebih besar, yaitu 36 m2 untuk luas bangunan dan 36 m2 untuk luas lahan. Jumlah kamarnya ada tiga, dua kamar tidur dan satu kamar mandi.

Lokasi Akarwangi Residence dekat dengan Stasiun Citayam. Jika tertarik untuk membeli rumah di perumahan ini, budget yang perlu Anda persiapkan hanya Rp135 juta untuk satu unitnya.

Baca juga: 10 Rumah Subsidi di Jakarta dan Sekitarnya Mulai Rp145 Jutaan

5. Griya Labana Village

Alamat: Cipayung, Kec. Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat 16437

Griya Labana Village adalah salah satu perumahan subsidi Islami yang ada di Jl. Cipayung Kota Depok. Lokasinya hanya 12 menit dari Stasiun Citayam. Rumah yang dijual berukuran 27 m2 dan luas tanahnya 40 m2.

Interior rumah terdiri dari 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Ada juga dapur, teras dan taman kecil yang bisa Anda manfaatkan untuk berkebun. Semua itu bisa Anda dapat dengan harga Rp125 juta saja per unit.

6. Taman Banjaran Asri

Alamat: Jl. Kp. Banjaran Pucung No.40, RT.3/RW.7, Cilangkap, Tapos, Depok City, West Java 16458

Butuh referensi lain untuk rumah subsidi syariah di Depok? Anda bisa mengunjungi perumahan Taman Banjaran Asri yang terletak di Jl. Kampung Banjaran Pucung, Tapos, Depok. Perumahan ini merupakan cluster minimalis yang menawarkan dua tipe rumah, yakni 21/30 m2 dan 36/30 m2.

Untuk harga, rumah tipe 21/30 m2 dijual dengan kisaran Rp150 juta per unit. Tiga unit pertama di cluster Taman Banjaran Asri dijual dengan harga promo, yaitu Rp115 juta per unit. Sedangkan unit rumah tipe 36/30 dijual dengan harga yang lebih mahal, yaitu Rp295 juta per unit.

7. Pesona Kahuripan

rumah subsidi Depok

Alamat: Perum pesona Palad Blk. A No.19, Cikahuripan, 081318417436, Bogor, Jawa Barat 16710

Rumah subsidi di perumahan Pesona Kahuripan dijual dalam kondisi unfurnished, dengan kisaran harga di angka Rp178 juta per unit. Ukurannya 30/60 m2, dengan dilengkapi 2 kamar, 1 kamar mandi dan 1 ruang tamu.

Lokasi perumahan Pesona Kahuripan hanya 500 meter dari SD Negeri Bojong 02. Selain itu, perumahan ini juga berada tidak jauh dari fasilitas pendidikan lain untuk segala jenjang, seperti SMP Negeri 1 Klapanunggal dan SMA Negeri Klapanunggal. Fasilitas terdekat dari sini adalah Klinik Kesehatan yang menyediakan layanan BPJS.

8. Griya Pesona Cileungsi

Alamat: Bojong, Klapanunggal, Bogor, West Java 16710

Rumah subsidi yang dijual di Griya Pesona Cileungsi berukuran 30/60, dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan 1 ruang tamu. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp148,5 juta untuk membeli satu unit rumah di sini.

9. Panorama Regency

Alamat: Mampir, Cileungsi, Bogor, West Java 16820

Panorama Regency memiliki lokasi yang sangat strategis, karena waktu tempuhnya hanya 15 menit dari Exit Tol Cileungsi dan 35 menit menuju Tol Cibubur serta LRT Cibubur. Untuk pusat hiburan, menuju Trans Studio Cibubur hanya memerlukan waktu 30 menit dari sini.

Rumah yang dijual adalah rumah subsidi berukuran 30/60. Di dalamnya terdapat 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan 1 ruang tamu. Anda bisa membeli rumah di Panorama Regency dengan harga mulai dari Rp168 juta per unit. 

Baca juga: 15 Rekomendasi Rumah Subsidi di Bekasi Mulai dari Rp120 Jutaan

10. DD Ross Village 2

Alamat: Citayam, Tajur Halang, Bogor, West Java 16320

Perumahan DD Ross Village 2 menawarkan rumah subsidi berukuran 30/60 yang di dalamnya sudah ada 2 kamar tidur, 1 kamar mandi dan dapur. Tidak hanya itu, di bagian luar juga tersedia carport dan double dinding.

Tertarik untuk memilikinya? Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp178 juta per unit. Rumah bisa dicicil sampai 25 tahun, dengan jumlah cicilan Rp900 ribu per bulan.

Nah itu tadi beberapa pilihan rumah subsidi Depok yang bisa Anda miliki. Ternyata, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sampai Rp200 juta untuk bisa memiliki rumah subsidi di Depok. Cukup dengan uang ratusan juta saja, Anda sudah bisa memilikinya. Namun, Anda tetap harus memerhatikan soal besarnya cicilan, DP dan persyaratan untuk membeli rumah subsidi, sebelum memutuskan untuk beli rumah subsidi di kota Belimbing ini.

Belum menemukan rumah idaman Anda? Lihat juga daftar rumah dijual di kota-kota besar lainnya