Rumah bersubsidi adalah solusi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang ingin memiliki hunian berkualitas dengan harga terjangkau.Ā 

Tidak perlu khawatir kehabisan, karena pemerintah melalui Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) telah mencanangkan program sejuta rumah, dengan porsi 70% untuk rumah subsidi.

Lokasinya tersebar di seluruh Indonesia, termasuk rumah subsidi Jakarta dan sekitarnya.

Sejak 3 Desember 2018, tercatat sudah ada 1.076.856 unit rumah yang dibangun berkat program ini. Tertarik untuk membeli rumah subsidi di Jakarta dan sekitarnya?

Pahami dulu persyaratan dan hal-hal lain yang berkaitan dengan rumah subsidi berikut.

Apa Itu Rumah Subsidi?

rumah subsidi Jakarta

Sumber: ANTARA/FOTO/Raisan Al Farisi

Rumah Subsidi adalah rumah yang pembeliannya tidak dikenakan pajak dengan suku bunga rendah, sehingga terjangkau bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Hunian ini dapat dicicil dengan KPR bersubsidi, yaitu kredit pemilikan rumah yang mendapat kemudahan dari pemerintah.

Kemudahan yang dimaksud berupa dana murah jangka panjang dan subsidi perolehan rumah yang diterbitkan oleh bank pelaksana.

Rumah subsidi berbeda dengan rumah non-subsidi, karena menerapkanĀ flate rateĀ untuk suku bunga cicilannya. Dari segi spesifikasi dan luas rumah juga berbeda.

Rumah subsidi memiliki luas lebih kecil dibanding rumah non-subsidi yang luas minimalnya adalah 72 m2.

Siapa yang Berhak Memiliki Rumah Subsidi?

Rumah Subsidi tidak diperuntukkan bagi semua kalangan. Syarat yang paling utama adalah Anda harus memiliki kewarganegaraan Indonesia dan berdomisili di Indonesia.

Dalam hal penghasilan, gaji Anda tidah boleh lebih dari Rp4 juta per bulan, jika ingin membeli rumah tapak bersubsidi. Apabila ingin membeli rumah susun, gaji tidak boleh lebih dari Rp7 juta per bulan.

Syarat lainnya adalah Anda tidak memiliki riwayat pengambilan KPR sebelumnya. Jika sudah, KPR yang Anda ajukan harus sudah lunas.

Rentang usia yang wajib dipenuhi yakni dari umur 21 tahun hingga 45 tahun. Anda juga wajib memiliki NPWP dan SPT tahunan PPh orang pribadi sesuai ketentuan undang-undang.

Cari Hunian Murah? Ini Daftar Apartemen di Depok dengan Harga Mulai dari Rp1 Jutaan

Rumah Subsidi di Jakarta

Rumah subsidi di Jakarta dan sekitarnya dipatok dengan harga Rp148,5 juta per unit. Angka ini sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan harga rumah subsidi di Pulau Jawa pada umumnya dan Sumatera yang mencapai Rp130 juta per unit.

Adapun lokasi-lokasi rumah subsidi ini lebih banyak ditemukan di wilayah sekitar Jakarta. Berikut adalah beberapa contohnya.

1. Perumahan Kelapa Indah

rumah subsidi Jakarta

Perumahan Kelapa Indah terletak di perbatasan antara Jakarta Timur dan Bogor. Perumahan ini dikembangkan oleh PT. Jasa Citra Property dan dijual dengan harga subsidi mulai dari Rp148 juta per unit. Anda hanya perlu membayar DP sebesar Rp6.000.000 jika ingin memiliki satu unit rumah di perumahan Kelapa Indah.

2. Grand Mutiara 2 Cileungsi

Perumahan ini terletak di Cileungsi Timur, tepatnya di perbatasan antara Jakarta Timur dan Bekasi. Meskipun termasuk rumah subsidi, perumahan Grand Mutiara 2 Cileungsi tetap berada di lokasi strategis, dekat dengan pintu tol Cileungsi.

Satu unit rumah di Grand Mutiara 2 dijual dengan harga Rp148 juta dan Anda bisa mencicilnya selama 15 tahun dengan DP hanya Rp4,9 juta.

3. Mutiara Puri Harmoni 3

Perumahan Puri Harmoni 3 menawarkan rumah subsidi tipe 28/30 yang dibandrol dengan harga Rp148 juta per unit. Di dalamnya sudah termasuk dua kamar tidur. Anda bisa mendapatkan satu unitnya dengan cara mencicil selama 20 tahun.

Besaran cicilannya sangat terjangkau, yaitu Rp929.000 saja per bulan. Anda juga tidak diberatkan dengan pembayaran DP, karena untuk membeli satu unit rumah di Mutiara Puri Harmoni, Anda hanya perlu mengeluarkan uang muka sebesar Rp1,5 juta.

Baca juga: 15 Rekomendasi Rumah Subsidi di Bekasi Mulai dari Rp120 Jutaan

4. Griya Cibucil

Griya Cibucil menjadi pilihan ekonomis rumah subsidi selanjutnya yang terletak di dekat rumah sakit Permata dan Mall Metropolitan Cileungsi.

Per unitnya, rumah di Griya Cibucil dihargai dengan Rp148 juta. Jumlah DP dan cicilan juga tidak jauh berbeda dengan perumahan sebelumnya, yaitu Rp1,5 juta untuk DP dan Rp979.000 untuk cicilan per bulan.

5. Puri Asih 2 Cileungsi

Perumahan ini terletak di Cileungsi, Kabupaten Bogor denganĀ landmarkĀ terdekat berupa Taman Cluster Lotus dan Danau Grand Canyon.

Tipe rumah yang ditawarkan adalah tipe 30 yang dibandrol dengan harga tetap Rp148,5 juta. Suku bunga yang diterapkanĀ flatĀ 5%.

Lokasi Puri Asih 2 terbilang strategis, karena mampu dicapai transportasi umum dengan berbagai rute, seperti Tanjung Priok – Cileungsi, Blok M – Cileungsi, Kalideres – Cileungsi, Tanah Abang – Cileungsi, Senen – Cileungsi, UKI – Cileungsi hingga Kampung Rambutan – Cileungsi.

6. Puri Arraya

Puri Arraya terletak di Ciampea, Kabupaten Bogor. Perumahan ini dikembangkan oleh PT. Delta Pinangmas. Tipe rumah yang dijual adalah tipe 28, dengan harga mulai dari Rp158 juta per unitnya.

Fasilitas sudah termasuk ruang keluarga, kamar mandi, dua kamar tidur, daya listrik 1.300 watt, jalur PDAM, jalur telepon dan jalur listrik.

Cicilan KPR untuk satu unit rumah di Puri Arraya mulai dari Rp847.945 per bulan, dengan suku bungaĀ flatĀ 5%.

7. Samudra Residence

Samudra Residence terletak di Tajurhalang, Kabupaten Bogor. Dekat dengan tol Jagorawi dan Lotte Mart. Perumahan ini dikembangkan oleh PT. Cipta Ekatama Nusantara.

Rumah subsidi di Samudra Residence adalah rumah tipe 36 dengan dua kamar tidur. Satu unitnya dijual dengan harga Rp148,5 juta dengan cicilan KPR Rp796.961 per bulan.

Fasilitas satu unit rumah di sini sudah termasuk listrik 900 watt, jalur telepon dan jalur listrik.

Baca juga: Sewa Apartemen Margonda Residence Harga Rp1 Jutaan per Bulan

8. Primavera Residence

Rumah Subsidi Jakarta

Primavera Residence merupakan perumahan subsidi yang berlokasi di kawasan strategis Bojong, Cileungsi. Keunikan perumahan ini terletak pada konsep hijau yang ditawarkan, ditambah dengan panorama gunung yang terlihat dari kompleks perumahan.

Primavera Residence dikembangkan oleh PT. Vista Bangun Cemerlang, yang menjual rumah tipe 27/60 dengan harga mulai Rp148,5 juta per unit.

Selain murah, hunian ini juga dinilai strategis, karena berbatasan dengan tiga wilayah sekaligus, yakni Jakarta Timur (Cibubur), Bekasi (Narogong), dan Depok (Cimanggis).

9. Griya PGRI Ciampea Endah 3

Harga jual rumah subsidi di Griya PGRI Ciampea Endah 3 berada di bawah rata-rata harga rumah subsidi di Jabodetabek, yakni Rp126,5 juta per bulan.

KPR-nya pun sangat ringan, hanya Rp678.893 per bulan. Hunian ini dibangun oleh PT. Elang Semestaguna di Kampung Pabuaran DS Ciampea.

Jika tertarik, Anda bisa membeli rumah tipe 36 di perumahan ini. Kelengkapannya termasuk dua kamar tidur, listrik 900 watt hingga jalur telepon.

10. Lido Asri Residence

Unit rumah di Lido Asri Residence juga dibandrol dengan harga murah, mulai dari Rp126,5 juta per unitnya. Hunian ini terletak di Kampung Muara, Desa Ciburuy, Kecamatan Cigambang dan dikembangkan oleh PT. Hasela Pratama.

Unit rumah yang ditawarkan Lido Asri Residence adalah rumah tipe 36 dengan daya listrik 900 watt. Anda dapat memilikinya dengan KPR mulai dari Rp678.893 per bulan, dengan suku bungaĀ flatĀ 5%.

Sangat sulit memang menemukan rumah subsidi di pusat Jakarta, bahkan hampir tidak ada. Padahal permintaan untuk rumah subsidi Jakarta, terutama rumah subsidi di Jakarta Timur cukup besar.

Di mesin pencari angkanya mencapai 1.300 pencarian setiap bulan. Daftar 10 rumah subsidi di atas bisa menjadi alternatif bagi Anda. Sebab, letaknya strategis dan tidak sulit untuk mencapai ibukota dari lokasi-lokasi tersebut.

 

Lihat juga daftar rumah dijual di kota-kota besar lainnya