Anda berencana membeli apartemen second? Baik Anda ingin menjadikannya sebagai investasi properti atau tempat untuk ditinggali, pastikan untuk melakukan langkah penting berikut ini:

Tentukan tujuan Anda

Mungkin Anda hanya ingin tinggal di apartemen saat akhir pekan atau liburan. Atau Anda ingin tinggal di apartemen setelah pensiun nanti atau mewariskannya ke anak. Memiliki apartemen sebagai tempat berlibur berbeda dengan menjadikannya sebagai investasi properti yang Anda beli untuk memperoleh pemasukan. Perbedaannya bisa mempengaruhi faktor keuangan, termasuk pajak properti dan jenis asuransi yang perlu dipenuhi.

Tentukan apakah apartemen second harganya masuk akal

Baik Anda berencana menjadi investor atau tidak, Anda perlu pastikan apartemen second yang Anda beli harganya sesuai. Banyak pemilik apartemen second mengeluhkan tentang harga beli dan pengeluaran tambahan yang di luar dugaan.

Anda perlu prediksi pengeluaran, terutama bila Anda tidak menghuninya setiap hari. Bila Anda berencana menyewakan aprtemen ini, tentukan berapa banyak biaya sewanya yang harus sesuai untuk menutup biaya bulanan Anda.

7 Tips Membeli Apartemen Second

Photo credit: propertywide.co.uk

Tentukan dimana dan tipe apartemen yang akan dibeli

Hunian yang berada di lokasi yang kurang tepat akan sulit memenuhi tujuan untuk disewakan atau dijual kembali. Anda perlu melakukan riset pasar dan pertimbangkan pilihan pribadi Anda. Perhatikan faktor seperti kondisi ekonomi lokal, tren, kenyamanan, fasilitas, tingkat pajak, dan ketersediaan sarana pendidikan dan kesehatan.

Tipe unit apartemen yang Anda beli juga penting. Unit yang paling baik untuk Anda akan bergantung biaya dan lokasinya.

Membeli apartemen second dengan pinjaman non-tradisional

Satu cara unik untuk membeli apartemen second adalah meminjam dari keluarga dan  teman. Meminjam dari orangtua, kerabat, atau teman dekat membuat Anda tak perlu membayar bunga seperti ketika meminjam di sebuah bank.

Cara lain adalah dengan bergabung dengan pembeli lain, misalnya saling bergantian menggunakan apartemen. Berbagi kepemilikan menjadi tren yang semakin berkembang. Jangan lupa buat perjanjian tertulis tentang biaya yang harus dibagi serta apa yang perlu dilakukan bila salah satu dari Anda meninggal dunia atau tidak ingin lagi memiliki apartemen.

Baca artikel lainnya tentang fasilitas wajib yang harus ada di apartemen.

Gunakan jasa agen properti

Beberapa orang keliru mengira mereka bisa menghemat uang untuk investasi properti dengan tanpa menggunakan agen properti. Ini tidak sepenuhnya benar. Faktanya, pembeli tidak membayar agen, tapi penjual yang membayarnya. Komisi sebesar 3 persen diambil dari harga apartemen. Hanya karena Anda tidak menggunakan agen properti tidak berarti Anda akan menghemat 3 persen.

7 Tips Membeli Apartemen Second

Photo credit: static1.squarespace.com

Maintenance

Biasanya biaya maintenance di properti lama cukup rendah karena lebih sedikit fasilitas yang tersedia. Pada beberapa kasus, beberapa fasilitas ditawarkan gratis di apartemen lama. Tapi masalah maintenance harus diperhatikan ketika membeli apartemen second. Hal penting seperti struktur gedung, kondisi dinding, atau kelembaban perlu diperhatikan dengan seksama.

Periksa apakah retak pada dinding dan kelembabannya mengancam strukturnya. Juga periksa apakah properti dibangun sesuai perencanaan atau tidak. Kerusakan bisa membahayakan struktur keseluruhan. Jadi semua ini perlu diperiksa sebelumnya. Usia dan kualitas kabel juga perlu diperiksa.
Anda juga perlu pertimbangkan biaya untuk mengecat dan perbaikan yang diperlukan di apartemen lama.

Bersiap menjadi pemilik apartemen

Beberapa pemilik apartemen second berencana menyewakan propertinya untuk jangka panjang untuk perlahan menerima keuntungan. Yang lain hanya ingin menyewakannya sesekali. Apapun yang Anda pilih, Anda tetap berperan sebagai pemilik apartemen, yang berarti Anda perlu menemukan penyewa yang bisa dipercaya, memahami dan mempersiapkan perjanjian sewa, serta mengurus manajemen serta perbaikannya.

Lihat juga apartemen di area Jakarta lainnya:

Anda berencana membeli apartemen? Jendela360 siap membantu temukan apartemen yang ideal untuk Anda dengan cepat dan tanpa repot.