Mencari apartemen kadang menimbulkan stres, bahkan terkadang mencari apartemen yang pet-friendly membuat Anda merasa tinggal bersama orangtua jauh lebih baik.

Menemukan apartemen yang pet-friendly di lokasi yang tepat terasa sulit sekali. Tapi coba tenang dan tarik nafas perlahan. Anda pasti bisa menemukannya.

Ikuti tips sederhana berikut dan Anda dan si hewan peliharaan akan memiliki hunian tinggal yang nyaman.

apartemen yang pet-friendly

Photo credit: casedesign.com

Cari apartemen yang pet-friendly

Daripada mencoba meyakinkan pemilik perorangan untuk menyewakan apartemennya pada Anda, batasi pencarian dengan mencari tahu bangunan apartemen yang pet-friendly di kawasan incaran Anda.

Biasanya gedung apartemen seperti ini memilii kebijakan tentang hewan peliharan yang spesifik.

Coba hubungi tempat perawatan hewan peliharaan untuk mencari tahu apakah mereka bisa memberi informasi tentang apartemen yang pet-friendly. Anda bisa juga mencarinya secarao nline.

Tertarik untuk sewa Apartemen Madison Park?

Mulai pencarian dini

Karena apartemen yang membolehkan hewan peliharaan tinggi permintaanya dan terbatas jumlahnya, pastikan Anda meluangkan banyak waktu untuk menemukan apartemen yang tepat untuk Anda dan si hewan peliharaan.

Mulai pencarian setidaknya 6 minggu lebih awal, atau dua bulan sebelumnya. Ini akan membuat Anda berada di posisi terbaik menemukan apartemen impian.

Cari fasilitas yang pet-friendly

Setelah mengantongi beberapa nama apartemen, mulai pikirkan jenis fasilitas untuk hewan peliharaan yang ada di gedung apartemen atau area sekitarnya. Apakah ada taman dan area hijau? Apakah lokasi apartemen dekat dengan klinik atau praktek dokter hewan? Apakah di gedung apartemen ada banyak penghuni yang juga memiliki hewan peliharaan?

Apakah tersedia lift untuk hewan peliharaan yang tidak bisa menggunakan tangga? Ajukan semua pertanyaan ini untuk membantu Anda membuat keputusan final.

apartemen yang pet-friendly

Photo credit: doglivingmagazine.com

Bersiap untuk biaya tambahan

Meski Anda menemukan apartemen yang pet-friendly, bersiaplah untuk mengeluarkan biaya tambahan. Banyak apartemen meminta tambahan security deposit untuk anjing atau kucing, sedang lainnya akan meminta harga sewa lebih besar bila penyewa memiliki hewan peliharaan.

Biasanya ada batasan untuk berat hewan peliharaan. Beberapa apartemen hanya membolehkan anjing dengan berat antara 25 sampai 50 pound. Ada juga yang tidak membolehkan  anjing dari ras tertentu.

Bisa juga pemilik hanya membolehkan satu hewan peliharaan saja. Jadi pertimbangkan ini bila Anda ingin memiliki hewan peliharaan tambahan di masa mendatang.

Promosikan hewan peliharaan Anda

Bila Anda dipanggil untuk wawancara kerja, tentu Anda selalu menyiapkan CV, contoh kerja, dan melakukan persiapan untuk menjawab pertanyaan sulit. Mencari apartemen seperti ini juga situasinya, tapi kali ini, yang perlu Anda tonjolkan adalah hewan peliharaan Anda.

Tunjukkan kalau anjing atau kucing Anda berperilaku baik. Minta tetangga sebelumnya menulis rekomendasi tentang peliharaan Anda. Persiapkan dokumen vaksin yang telah diterima peliharaan Anda.

Bila Anda membuat pemilik apartemen menyukai hewan peliharaan Anda, akan lebih besar kemungkina Anda mendapat apartemen yang diinginkan.

Tuangkan semua aturan dalam bentuk tertulis

Kesepakatan verbal memang tak salah, tapi sebelum menandatangani perjanjian sewa, pastikan semua kebijakan, persyaratan, dan kesepakanan tentang hewan peliharaan berbentuk tertulis dari pemilik. Sertakan nama hewan peliharaan Anda, ras, dan ukurannya agar tidak terjadi perselisihan tentang hewan peliharaan nantinya.

Setelah semua dokumentasi tertulis membolehkan Anda membawa hewan peliharaan tinggal di apartemen, simpan dokumen ini di tempat yang aman agar Anda bisa mengambilnya dengan mudah bila terjadi perselisihan.

Apartemen Pet Friendly di Jakarta

Untuk wilayah Jakarta, ada beberapa alternatif apartemen yang memungkinkan Anda tinggal bersama hewan peliharaan, antara lain Verde Residence, Kemang Village (Tower Infinity), Taman Puri Permata Hijau, Simprug Terrace, Puri Imperium, dan Providence Park.

Solusi yang lebih tepat adalah dengan menyewa tipe town house dan membayar double deposit. Ini untuk berjaga bila hewan peliharaan Anda merusak interior apartemen, furniture, dan sebagainya.

Sebenarnya ada banyak juga penghuni di apartemen Mediterania yang membawa hewan peliharaan. Selama hewan kesayangan Anda tidak mengganggu penghuni lain, sepertinya tidak akan jadi masalah. Terlebih bila hewan peliharaan ini berukuran kecil dan tidak berisik.

Semoga langkah di atas memudahkan Anda dan si hewan peliharaan menemukan apartemen impian.

Lihat juga apartemen di area Jakarta lainnya:

Bingung cari sewa apartemen di Jakarta? Jendela360 bisa bantu temukan unit yang ideal untuk Anda dengan cepat dan mudah.