Dengan pertumbuhan ekonominya yang pesat, Jakarta mulai kebanjiran profesional-profesional muda yang datang untuk berkarier. Sejalan dengan hal itu, permintaan akan apartemen studio pun ikut meningkat. Ini bisa menjadi peluang besar jika Anda ingin investasi apartemen studio.

Mengapa Investasi Apartemen Studio?

Apartemen studio adalah unit apartemen yang menawarkan ruang tinggal terpadu, yang menggabungkan ruang tengah, kamar tidur dan dapur dalam satu tempat. Hanya kamar mandinya saja yang terpisah.

Perbedaan apartemen studio dengan apartemen 1BR terletak pada floor plan-nya. Kamar tidur di unit 1BR ditempatkan pada ruang tersendiri, sedangkan apartemen studio tidak demikian. Walaupun di lapangan, Anda mungkin menemukan apartemen studio yang diberi partisi, atau mezzanine untuk menampakkan kesan luas pada ruangan.

Investasi Apartemen Studio

Apartemen Studio dengan Mezzanine

Jika dilihat dari ukurannya, apartemen 2BR dan 3BR lebih luas dari studio, lalu mengapa harus investasi di apartemen studio? Walaupun tidak luas, apartemen studio tetap memiliki pangsa pasarnya sendiri. Properti ini menarik untuk dijadikan investasi, karena memiliki sejumlah keuntungan, berupa:

1. Harga yang Terjangkau

Semakin kecil ukuran apartemen, semakin murah harga belinya. Bagi investor pemula yang belum memiliki modal besar, ini akan sangat membantu. Harga ini juga akan membantu investor untuk mendapatkan apartemen di lokasi-lokasi yang premium.

2. Prospek Yield yang Tinggi

Istilah yield sering digunakan untuk merujuk pada salah satu keuntungan investasi properti. Angkanya ditentukan berdasarkan perbandingan antara harga sewa tahunan dengan harga jual properti.

Yield yang dihasilkan apartemen studio 1.5% lebih besar dari apartemen 1BR atau 2BR. Yang lebih menarik lagi, keuntungan yang diberikan cenderung stabil. Penyewa tidak akan mengalami penurunan. Kemungkinannya hanya stagnan, atau meningkat.

3. Perawatan yang Mudah dan Murah

Apartemen studio memiliki ukuran yang kecil, jadi sangat mudah dibersihkan. Biaya maintenance-nya juga tidak mahal. Jadi selama belum tersewa, biaya IPL yang keluar tidak akan sebesar apartemen 1BR, 2BR atau 3BR.

4. Mudah Dijual

Apartemen studio juga menarik untuk investor yang langsung ingin menjual apartemennya. Terlebih di kota-kota besar yang memiliki tingkat pertumbuhan populasi tinggi. Pembelinya berasal dari berbagai kalangan, mulai dari orang tua mahasiswa, profesional muda, ekspatriat, eksekutif, bahkan investor yang juga ingin mencoba peruntungannya di apartemen studio.

5. Lebih Eco-Friendly

Apa hubungannya apartemen studio dengan ramah lingkungan? Sekilas memang tidak ada hubungannya, namun jika ditelisik lebih dalam, apartemen studio terbilang lebih eco friendly dibanding unit apartemen lainnya.

Penggunaan energi di apartemen studio sangat minim. Hanya perlu satu AC di dalam unit untuk mendinginkan ruangan. Tidak akan lagi kejadian lupa mematikan lampu, atau AC unit, karena semua alat elektronik sangat mudah dikontrol.

Minimnya penggunaan energi akan menarik penghuni-penghuni yang sangat peduli dengan prinsip eco-friendly. Salah satu ceruk pasar baru untuk apartemen studio.

Baca juga: Tips dan Cara Untung Investasi Apartemen di Jakarta

Tips Mencari Apartemen Studio yang Cocok untuk Investasi

Apartemen studio seperti apa yang layak untuk diinvestasikan? Pertanyaan ini mungkin muncul pada Anda yang mulai tertarik untuk berinvestasi apartemen studio. Sama halnya dengan investasi properti lain, pembelian apartemen studio juga perlu dilakukan secara cermat, agar memperoleh hasil maksimal.

1. Cermati Lokasinya

Lokasi adalah rumus baku dalam investasi properti. Ini juga berlaku untuk apartemen studio. Perlu diingat, orang-orang yang tertarik untuk sewa atau beli apartemen studio telah rela mengorbankan ruang untuk mendapatkan apartemen di lokasi terbaik.

Seperti apa lokasi terbaik itu? Lokasi strategis untuk apartemen studio adalah dekat pusat kota, universitas, fasilitas transportasi dan area perkantoran. Nilai plus jika apartemen yang Anda pilih lokasinya hanya selangkah dari tempat-tempat hiburan, seperti cafe, mall, pertokoan, atau pesisir pantai.

2. Pilih Unit yang Nyaman

investasi apartemen studio

Karena ukurannya yang relatif kecil, memilih apartemen studio perlu dilakukan dengan hati-hati. Masalah utama apartemen studio adalah unit yang terlihat sesak dan tidak nyaman untuk dihuni.

Posisikanlah diri Anda sebagai pembeli untuk memecahkan masalah ini. Ajukan pertanyaan seperti jika saya membeli unit ini, apakah saya akan betah tinggal di sini? Bagaimana dengan bulan-bulan atau tahun-tahun berikutnya? Jika Anda saja tidak mau tinggal di apartemen tersebut, apalagi konsumen Anda.

Baca juga: 10 Hal yang Harus Anda Pertimbangkan Sebelum Investasi Apartemen

3. Unit Harus Sesuai dengan Kebutuhan Konsumen Anda

investasi apartemen studio

Unit studio seperti apa yang dibutuhkan konsumen Anda? Jika Anda menyasar mahasiswa, apartemen studio yang menyediakan Wi-Fi dan pojok belajar khusus seperti Dave Apartment adalah jawabannya. Lain halnya dengan konsumen yang membutuhkan ruangan yang lebih luas.

Apartemen dengan langit-langit tinggi seperti Apple 1 CondoVilla adalah jawaban untuk mereka. Dengan langit-langit yang tinggi, kita dapat menambah mezzanine sendiri di dalam apartemen studio. Mezzanine adalah lantai tambahan yang terletak di antara lantai satu dan plafond. Keberadaannya bisa menghemat ruang, dan menciptakan kesan luas di dalam unit studio.

Anda juga bisa mendekorasi sendiri unit-unit studio yang Anda beli untuk memikat konsumen yang berjiwa seni tinggi. Jika ingin mendekor dari awal, unit white label di The Loggia Apartment, memberikan kebebasan kepada penghuni untuk merancang layout sampai mendekorasi interiornya sendiri.

4. Pelajari Tingkat Okupansi Apartemen Studio di Sekitar Anda

Besar kecilnya yield yang Anda dapat dipengaruhi oleh tingkat okupansi apartemen studio Anda. Lihat sekeliling Anda, apakah apartemen-apartemen studio di daerah yang Anda incar ramai disewa?

Idealnya, yield apartemen studio berada di angka 5% Р10%. Jika apartemen-apartemen di sekitar Anda masuk dalam jangkauan tersebut, maka inilah saatnya untuk berinvestasi apartemen studio.

Baca juga: Investasi Rumah atau Apartemen? Mana yang Lebih Menguntungkan?

Prospek Investasi Apartemen Studio di Indonesia

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, apartemen studio memiliki jangkauan pasar yang khusus. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari investasi apartemen studio, Anda perlu memahami demografis dan tren yang berlaku di Indonesia.

Sebanyak 60% penduduk Indonesia saat ini berada dalam kategori umur yang produktif. Dalam usia produktif, sebagian besar orang berpikiran untuk memiliki hunian sendiri. Apartemen studio menjadi pilihan mereka.

Apartemen studio lebih disukai first buyer yang memiliki keterbatasan modal. Mereka juga biasanya lebih suka tinggal di apartemen studio selagi bekerja, sambil menabung untuk membeli rumah tapak di Jakarta.

Semakin yakin untuk investasi apartemen studio di Jakarta? Anda bisa mulai dengan mencari apartemen studio di wilayah-wilayah strategis. Jika Anda mengincar profesional muda dan mahasiswa, membeli apartemen studio di Jakarta Selatan untuk investasi adalah langkah yang tepat.