Penthouse merupakan unit apartemen istimewa yang sangat sedikit jumlahnya. Harganya juga sangat berbeda, jika dibandingkan dengan unit lain di apartemen yang sama. Penthouse Jakarta bisa dihargai hingga Rp7 miliar per unitnya.

Harga yang mahal tidak menghalangi minat kaum jetset untuk memiliki penthouse Jakarta. Buktinya, pencarian untuk penthouse di Jakarta menembus angka 400 di setiap bulannya. Apa yang membuat hunian eksklusif nan mewah ini begitu istimewa?

Apa Itu Penthouse?

Penthouse atau dalam Bahasa Indonesia disebut griya tawang, merupakan unit apartemen yang berada di lantai paling atas. Dari segi ukuran dan desain, unit penthouse lebih mirip dengan rumah tinggal ketimbang kamar apartemen.

Penthouse didesain dengan mewah, berbeda dari unit reguler yang terletak di bawahnya. Ruangannya dibangun dengan material terbaik dan mewah. Di penthouse, Anda bisa menemukan teras yang lebar, sejumlah master suites, jendela berukuran besar dan dapur yang berkelas.

Dari segi eksklusivitas, penthouse tidak ada tandingannya. Pemilik penthouse bisa menggunakan private lift untuk sampai ke unit. Lalu di sana, mereka bisa menikmati pemandangan terbaik dari apartemen. Tidak berhenti sampai di situ, sejumlah penthouse bahkan memberikan layanan tambahan berupa dry cleaning, makan malam, reservasi restoran dan yang lainnya.

penthouse jakarta

Dahulu, penthouse identik dengan lantai teratas dari sebuah apartemen. Namun definisinya mulai berubah sejak tahun 2019. Saat ini, penthouse lebih merujuk pada unit-unit apartemen di lantai atas yang memiliki teras. Jadi, jika di suatu apartemen terdapat lima rooftop, maka kemungkinan akan ada lima penthouse di apartemen tersebut.

Meskipun saat ini penthouse di setiap apartemen berjumlah lebih dari satu, kesan mewah dan eksklusifnya tidak pernah hilang.

Tips Memilih Penthouse di Jakarta

Membeli penthouse, baik untuk ditempati sendiri atau disewakan lagi, perlu dilakukan dengan pertimbangan matang. Sebabnya, harga penthouse di Jakarta tidaklah murah. Akan tetapi, hal-hal yang ditawarkan tidaklah sama. Jika Anda tertarik untuk memiliki penthouse di Jakarta, perhatikanlah tips-tips berikut:

Cermati Lokasinya

Penthouse sudah pasti berada di lokasi yang strategis. Kehadirannya diharapkan mampu mengakomodasi pebisnis sukses dan para eksekutif. Namun, seberapa strategis lokasinya? Usahakan untuk memilih penthouse yang berlokasi di pusat bisnis dan major hub. Penthouse yang berada di sisi perempatan juga sangat disukai.

Pilih Pemandangan Terbaik

Satu faktor yang menjadi pertimbangan utama ketika memilih penthouse di apartemen atau kondominium adalah pemandangannya. Jika Anda berkesempatan untuk survei langsung ke penthouse di Jakarta, Anda perlu mengamati pemandangan di sekeliling.

Proyek pembangunan akan menjadi pemandangan yang ingin Anda hindari selama di penthouse.

Perhatikan Teras atau Balkonnya

penthouse jakarta

Untuk dapat menikmati pemandangan dari penthouse, akan lebih optimal jika Anda berdiri di atas teras atau balkon. Oleh karena itu, kedua hal ini tidak boleh dilupakan ketika memilih penthouse. Perlu diingat, teras berbeda dengan balkon.

Teras lebih luas dari balkon. Lantainya juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain, seperti dining area, pojok santai dan lainnya. Sedangkan balkon luasnya sangat terbatas. Jadi tidak heran jika penthouse yang memiliki teras bernilai lebih dari penthouse dengan balkon.

Lahan Parkir yang Cukup

Pembeli penthouse pasti memiliki mobil. Mereka juga pasti sangat sibuk dan sering mengendarai mobilnya. Oleh karena itu, lahan parkir yang memadai dapat menjadi hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih penthouse di Jakarta.

Pastikan Anda bisa keluar masuk apartemen dengan leluasa, tanpa harus repot mencari atau menunggu lahan parkir yang kosong.

Baca juga:  9 Low Rise Apartment Homey nan Mewah di Jakarta dan Sekitarnya

Penthouse di Jakarta

Tidak perlu ke luar negeri jika ingin tinggal di penthouse. Jakarta juga menyediakan pilihan penthouse yang cukup lengkap. Berikut adalah beberapa penthouse Jakarta.

1. Senopati Penthouse

Alamat:  Jl. Senopati No.44, RT.1/RW.2, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12190

Senopati Penthouse merupakan salah satu hunian premium dan eksklusif di bilangan Kebayoran Baru. Eksklusif karena di hunian setinggi 20 lantai ini, hanya terdapat empat unit di setiap lantainya.

Lokasi Senopati Penthouse berada di tengah-tengah kawasan bisnis premium, dekat dengan Ritz Calton. Hanya butuh waktu 13 menit perjalanan dari apartemen jika ingin menjangkau Pacific Place, Plaza Senayan, FX Plaza dan tempat menarik lainnya.

Fasilitas yang ditawarkan apartemen Senopati Penthouse lebih mewah dari hotel berbintang. Ada private lift yang bisa Anda gunakan untuk sampai ke unit. Apartemen ini juga menyediakan kolam renang, gym, pool deck, sky lounge, sampai pusat kecantikan.

Unit SNHC001 di Sudirman Penthouse

Senopati Penthouse memiliki unit tipe penthouse yang luasnya mencapai 135 m2. Unit dilengkapi oleh jendela berukuran besar, ruang tengah, kamar mandi dengan bathub keramik dan kamar tidur berlantai vinyl.

2. Dharmawangsa Residence

Alamat: Jl. Dharmawangsa VIII No.26, RT.1/RW.2, Pulo, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160

Apartemen penthouse di Jakarta selanjutnya adalah Dharmawangsa Residence. Bagi Anda yang ingin tinggal di penthouse yang luas, Dharmawangsa Residence adalah jawabannya. Luas unit penthouse di apartemen ini bisa mencapai 900 m2.

Selain itu, unit penthouse tidak dilengkapi balkon, melainkan teras. Jadi ruang yang tersedia untuk menikmati pemandangan sekitar jauh lebih luas. Adapun fasilitas yang tersedia di apartemen mencangkup ruang meeting, cognac lounge, kolam renang (indoor dan outdoor), jogging track, lapangan tenis dan lainnya.

Anda perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk membeli apartemen ini. Karena harga jualnya mampu menembus Rp19,5 miliar per unit.

3. Fraser Residence Sudirman

Alamat: Jl. Setiabudi Raya No.9, RT.2/RW.2, Kuningan, Setia Budi, Kecamatan Setiabudi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12910

Fraser Residence menawarkan paket hunian lengkap layaknya hotel dengan layanan 24 jam. Ya, Fraser Residence Sudirman merupakan serviced apartment yang dapat memberikan layanan room service sampai seharian kepada penghuni.

Selain layanan yang mewah ini, penghuni apartemen Fraser Residence juga berkesempatan untuk menikmati fasilitas berkelas berupa kolam renang berukuran olimpiade, fitness center, lapangan tenis, lapangan basket, sampai private lift.

penthouse Jakarta

Unit FRD001 di Fraser Residence Sudirman

Fraser Residence Sudirman berada di kawasan Menteng dan Setiabudi. Jadi sangat pas untuk dihuni pebisnis ataupun eksekutif yang bekerja di kedua wilayah tersebut.

4. Permata Eksekutif

Alamat: Jalan Raya Pos Pengumben, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota

Permata Eksekutif merupakan salah satu apartemen penthouse yang strategis di Jakarta Barat, karena berlokasi di antara Jakarta Barat dan Jakarta Selatan. Dari sini sangat mudah menjangkau Permata Hijau dan Gandaria. Disamping itu, lokasinya juga berada tidak jauh dari fasilitas premium di Jakarta Barat, seperti Binus University, The Belleza Shopping Arcade, dan lainnya.

Unit PMEB008 di Permata Eksekutif

Permata Eksekutif adalah salah satu penthouse termurah yang bisa ditemukan di Jakarta. Harga sewanya bahkan hanya Rp4.200.000 per bulan. Sedangkan untuk ukurannya tidak terlalu luas, yakni 68 m2 saja.

5. Royale Springhill Residence

Alamat: Jalan Benyamin Sueb, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14410

Royale Springhill Residence mengusung konsep hunian mewah sekaligus ramah lingkungan. Lokasi apartemen ini berada di kawasan Springhill, dan hanya selangkah dari Swiss-Berlin Springhill dan office.

Unit RSRD008 di Royale Springhill Residence

Royale Springhill Residence memiliki unit yang masuk dalam kategori penthouse. Luas unit mencapai 198 m2 dan dilengkapi dengan teras kecil. Harga sewanya mulai dari Rp13.000.000 per bulan.

6. Belleza Apartment

Alamat: Jl. Arteri Permata Hijau No.34, Grogol Utara, Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus

Apartemen Belleza terletak di kompleks 5 in 1, yang meliputi pusat perbelanjaan, perkantoran, apartemen, serviced apartment dan food promenade. Keunggulan apartemen Belleza terkait lokasinya adalah letaknya yang bersebrangan dengan hakte Transjakarta. Anda juga bisa dengan mudah menjangkau Gandaria, Lebak Bulus, sampai Bandara Soekarno-Hatta dari sini.

Apartemen Belleza dibangun dengan gaya Eropa, seragam dengan bangunan-bangunan lain di sekitarnya. Tidak hanya eksteriornya saja yang terlihat mewah, interior unitnya juga demikian. Lantainya dilapisi vinyl atau ubin marmer yang mudah dibersihkan. Lalu di bagian luar unit penthouse, tersedia balkon yang dibatasi oleh pagar balustrade.

Unit BLZC007 di Apartemen Belleza

Untuk unit penthousenya sendiri berukuran 156 m2. Anda bisa menyewanya mulai dari Rp18 juta per bulan atau membelinya dengan harga Rp4,5 miliar per unit.

7. Apartemen Bukit Golf (GolfHill Terraces)

penthouse Jakarta

Alamat: Metro Pondok Indah, Kebayoran Lama, Jakarta, 12310, DKI Jakarta

Apartemen Bukit Golf berada di kawasan mahal Pondok Indah, tepatnya di Jalan Metro Kencana IV. Apartemen ini dikembangkan oleh Brasali Group, yang berafiliasi dengan Pondok Indah Group.

Lingkungan hijau adalah ciri khas dari apartemen Bukit Golf. Begitu masuk ke kawasan apartemen, Anda akan langsung disambut dengan taman hijau yang ditumbuhi oleh bunga-bunga yang cantik dan tertata.

Sebagai salah satu apartemen penthouse Jakarta, apartemen Bukit Golf menawarkan unit yang bukan main luasnya. Di sini, Anda bisa menghuni unit penthouse seluas 296 m2. Adapun harga jualnya mencapai Rp7 miliar per unit.

Baca juga: 40 Daftar Apartemen Mewah di Jakarta dengan Fasilitas Super Komplit

Diluar dugaan, ternyata penthouse Jakarta ada cukup banyak jumlahnya. Pilihannya pun beragam, dari yang harganya terjangkau, sampai premium. Unit apapun yang nantinya Anda pilih, carilah di marketplace yang terpercaya. Di Jendela360, unit penthouse yang ada tidak hanya diiklankan, tetapi juga diverifikasi kelengkapannya, jadi lebih aman.

Selain sewa apartemen di Jakarta, Anda juga bisa lho sewa apartemen penthouse di luar ibu kota. Temukan di wilayah-wilayah berikut: