Hunian vertikal di Indonesia sendiri sudah menjadi pilihan yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Hal ini dikarenakan lahan di Indonesia yang dipadati penduduk dan membuat banyak masyarakat memilih tinggal di hunian vertikal seperti apartemen ataupun flat. Memang apartemen dan flat sendiri sudah banyak bermunculan di Indonesia karena faktor lahan yang semakin menipis.

Dengan lahan yang semakin berkurang jumlahnya, apartemen dan flat adalah salah satu pilihan atau opsi bagi orang yang mencari hunian atau tempat tinggal. Namun, apakah Anda tahu perbedaan apartemen dengan flat? Jika belum, Anda harus mencari tahu perbedaan diantara kedua properti tersebut agar Anda tidak salah memilih karena membeli properti merupakan keputusan besar.

Untuk Anda yang memang belum tahu apa saja perbedaan apartemen dengan flat, artikel ini akan membahas lebih jauh tentang perbedaan dari apartemen dengan flat dan juga sedikit rekomendasi mengenai apartemen untuk Anda yang memang sedang mencari Apartemen untuk disewa, simak terus ya!

Perbedaan Istilah Apartemen dan Flat

Perbedaan apartemen dan flat

Diantara apartemen ataupun flat, pasti banyak yang lebih familiar dengan apartemen jika dibandingkan dengan flat. Apartemen sendiri adalah sebuah jenis tempat tinggal yang menempati sebagian ruang dari sebuah bangunan yang biasanya dari satu gedung apartemen terdiri dari puluhan sampai ratusan unit.

Apartemen sendiri merupakan hunian vertikal yang sudah ada lama di Indonesia dan memang apartemen ada sebagai pilihan untuk orang-orang yang ingin mempunyai hunian atau properti selain rumah. Di kota-kota besar di Indonesia sendiri seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Batam, dan masih banyak lagi kota-kota besar lainnya, semua kota tersebut sudah mempunyai apartemen sebagai pilihan tempat tinggal selain rumah.

Sedangkan istilah Flat lebih sering digunakan di negara Inggris atau UK. Flat menurut masyarakat Inggris adalah hunian yang ada di dalam gedung bertingkat. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, definisi dari flat adalah tempat tinggal yang terdiri atas ruang duduk, kamar tidur, kamar mandi, dan dapur, dibangun secara berderet-deret (bergandeng-gandeng) pada setiap lantai bangunan bertingkat.

Jadi, sebenarnya untuk perbedaan apartemen dengan flat adalah hanya di bagian penggunaannya saja karena dari segi definisi, keduanya memiliki artian yang tidak jauh berbeda. Penggunaan istilah apartemen dan flat sendiri sebenarnya lebih mengarah kepada bangunan fisik yang mempunyai bentuk hunian vertikal.

Di Indonesia sendiri, istilah apartemen lebih sering familiar dan lebih sering digunakan jika dibandingkan dengan flat karena flat memang lebih sering digunakan oleh orang-orang yang memang tinggal di Inggris. Oleh karena itu tidak ada perbedaan apartemen dengan flat yang signifikan atau yang benar-benar membedakan satu sama lain.

Target Pasar Apartemen atau Flat

Dengan perbedaan apartemen dengan flat yang hanya berbeda di istilah saja, sedangkan arti dari apartemen dan flat yang relatif sama, maka secara tidak langsung membuat target pasar atau target konsumen dari apartemen atau flat sendiri sama. Target pasar dari apartemen sendiri biasanya adalah orang-orang yang memang sudah financially stable.

Biasanya yang memang tertarik untuk tinggal di apartemen di Indonesia adalah eksekutif muda, influencer, keluarga kecil, pekerja, ataupun pasangan baru yang memang menginginkan privasi di tempat tinggalnya dan juga menginginkan tempat tinggal dengan fasilitas yang lengkap karena apartemen biasanya mempunyai fasilitas yang lengkap jika dibandingkan dengan rumah-rumah.

Rekomendasi Apartemen atau Flat di Indonesia

Setelah Anda sudah tahu apa perbedaan apartemen dengan flat, jika Anda memang tertarik untuk menyewa atau tinggal di apartemen atau flat, artikel ini juga akan memberi rekomendasi mengenai apartemen-apartemen yang ada di Indonesia yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan juga opsi. Berikut rekomendasinya.

1. Sky House BSD

Sky House BSD

Sky House BSD merupakan salah satu apartemen mewah atau apartemen high end yang berada di kawasan BSD City, Tangerang. Sky House BSD sendiri merupakan apartemen dengan lokasi yang sangat strategis, dekat juga dengan fasilitas-fasilitas umum seperti AEON Mall BSD, dan juga Summarecon Mal Serpong yang dapat memudahkan para penghuni apartemennya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Berada di kawasan perumahan elit di BSD City dan juga kawasan perkantoran multinasional seperti Unilever, membuat Sky House BSD menjadi apartemen yang mempunyai lokasi yang strategis dan juga sangat berpotensi besar untuk menjadi bahan investasi masa depan yang dapat menjadi daya tarik bagi calon penghuni apartemennya.

2. St Moritz Apartment

St Moritz Apartment

Rekomendasi selanjutnya untuk apartemen di Indonesia adalah St Moritz Apartment yang berada di antara Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Kapuk – TB Simatupang dan Tol Kebon Jeruk – Tomang sehingga sangat mudah untuk akses ke daerah-daerah yang memang ramai seperti Bandar Udara Soekarno Hatta, Pluit, Sudirman, Pondok Indah, Kemang, Cibubur, Tangerang, dan masih banyak lagi.

St Moritz Apartment sendiri dirancang, dikonsep dan juga dibangun dengan kolaborasi antara banyak konsultan arsitektur internasional mulai dari Amerika Serikat, Belanda, Inggris, Australia, Jerman, Australia, dan masih banyak lagi. Dengan fakta tadi, akan menjadi kebanggaam tersendiri untuk tinggal di salah satu hunian yang mewah yang ada di Indonesia.

__

Sekian untuk artikel mengenai perbedaan apartemen dengan flat, rekomendasi apartemen atau flat di Indonesia, dan juga informasi-informasi umum lainnya mengenai apartemen. Semoga informasi dari artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi oleh Anda. Untuk informasi lebih lengkap mengenai properti, Anda bisa klik di sini.

WNA Juga Bisa Punya Apartemen Loh! Begini Syaratnya

Cari Apartemen di Luar Jakarta? Temukan di wilayah berikut: