sewa apartemen di kota malang

Kota Malang

Malang

Meskipun tidak seterkenal Surabaya, nyatanya Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang menjadi satu kesatuan bernama Malang Raya.

Apartemen di Kota Malang

Unit Tersedia

Belum ada unit terdaftar

Belum ada unit terdaftar

Kota Malang

Panduan Anda dalam menyewa di Kota Malang

Meskipun tidak seterkenal Surabaya, nyatanya Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang, Kota Malang menjadi satu kesatuan bernama Malang Raya. Nama Malang sendiri memiliki beberapa versi sumber. Ada versi yang menyatakan bahwa nama Malang diambil dari nama Malangkucecwara yang merupakan nama bangunan suci yang tertulis dalam prasasti Raja Balitung dari Jawa Tengah. Ada juga yang menyatakan bahwa nama Malang berarti “membantah” dalam bahasa Jawa karena penduduk daerah tersebut menolak dan memberikan perlawanan saat Sunan Mataram ingin memperluas wilayah kekuasaannya ke Jawa Timur.

Kota Malang memiliki beberapa predikat, mulai dari Kota Apel karena banyaknya perkebunan apel di sana, kota pendidikan karena kehadiran Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang, kota pariwisata karena lokasinya di dataran tinggi dengan pemandangan indah, hingga kota sejarah karena menyimpan berbagai bangunan peninggalan sejarah dari zaman Kerajaan Kanjuruhan hingga kolonial Belanda.

Apartemen di Malang

Hunian vertikal di Malang memang masih belum terlalu banyak. Namun pembangunannya mulai semakin ramai dikarenakan Malang yang memiliki dua perguruan tinggi terkenal tentu memerlukan lebih banyak hunian untuk para mahasiswa dari luar daerah yang tengah merantau di Malang untuk menimba ilmu.

Ada beberapa apartemen yang berjarak dekat dengan Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang seperti Apartemen Soekarno Hatta, Apartemen Taman Melati, hingga Apartemen Begawan yang tengah dibangun dengan menyasar para mahasiswa sebagai target utamanya. Karena menyasar para mahasiswa, Apartemen Begawan menyediakan unit studio dengan jumlah lebih banyak dibandingkan unit dengan dua kamar. Apartemen-apartemen tersebut juga berada dekat dengan pusat keramaian seperti Alun-Alun Malang, Mall Dinoyo City, Museum Mpu Purwa, dan lain sebagainya.

Wisata/Hiburan

Kota Malang dikelilingi oleh Gunung Bromo, Gunung Kawi, dan Gunung Semeru sehingga para pendaki yang menggunakan kereta api akan turun di Kota Malang sebelum melanjutkan perjalanan ke gunung yang dituju. Di Kota Malang sendiri ada beberapa lokasi wisata yang menarik seperti Kampung Warna Warni Jodipan, Alun-Alun Kota Malang, Museum Brawijaya, dan lain sebagainya.

Selain itu, Kota Malang biasa dianggap sudah satu paket dengan Kota Batu sehingga wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang akan sekalian berkunjung ke Kota Batu. Di Kota Batu, tersedia lebih banyak lagi objek wisata terutama yang melibatkan alam seperti Air Terjun Coban Rondo, Taman Selecta, Jatim Park, Batu Night Spectacular, dan lain sebagainya. Salah satu favorit adalah Jatim Park yang terkenal sebagai tempat hiburan edukasi yang cocok untuk wisata keluarga.

Wisata Kuliner

Tidak afdol rasanya jika berwisata ke suatu tempat namun tidak mencicipi kuliner di daerah tersebut. Makanan khas Malang adalah Sego Resek, yaitu nasi goreng yang dicampur dengan berbagai macam bahan seperti kol, tauge, mie, dan suwiran daging ayam. Karena biasa disajikan dalam porsi besar dengan berbagai bahan tercampur aduk, pembeli mengomentari bahwa makanan ini seperti sampah sehingga dikenal dengan sebutan Sego Resek yang berarti Nasi Sampah. Perbedaan antara Sego Resek dengan nasi goreng biasa adalah Sego Resek menggunakan kaldu ayam dan berbagai bumbu sebagai pengganti minyak lalu dimasak dalam kuali besar untuk puluhan porsi sekaligus dengan menggunakan api arang.

Kota Malang juga memiliki cukup banyak tempat makan terkenal yang telah berdiri selama puluhan tahun dan selalu ramai dikunjungi. Toko Oen merupakan kedai es krim terkenal yang telah berdiri sejak zaman Belanda. Bahkan dibilang tidak sah ke Malang kalau belum mampir ke Toko Oen. Lain lagi dengan Bakso President Malang yang sudah berdiri sejak tahun 1977. Karena lokasinya berada di samping rel kereta api, maka kuah bakso akan bergetar saat ada kereta yang lewat sehingga menjadi salah satu keunikan dari rumah makan bakso ini.

Selain yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa makanan khas Malang yang wajib dicicipi seperti Bakpao Boldy, Pos Ketan Legenda, Warung Rujak Cingur Bude Ruk Pecel Kawi, Depot Hok Lay, Soto Geprak Mbah Djo, hingga kuliner ekstrim Sate Landak & Biawak Bu Ria.

Transportasi

Untuk mencapai Kota Malang dari kota lain, kalian bisa mengandalkan kereta api dengan turun di Stasiun Malang atau stasiun lainnya. Selain itu, ada juga Terminal Arjosari yang berisikan bus-bus rute luar kota dan Bandara Abdul Rachman Saleh bagi yang mengandalkan transportasi udara.

Di dalam Kota Malang terdapat taksi, angkot, dan transportasi online yang bisa dimanfaatkan untuk menjelajahi kota. Taksi di Kota Malang hanya memiliki satu operator yaitu Taksi Garuda yang merupakan bagian dari Koperasi TNI AU. Taksi ini tidak menggunakan argo namun sistem ongkos per daerah.

Transportasi online juga menjadi salah satu moda transportasi andalan di Kota Malang. Namun, patut diperhatikan bahwa ada daerah-daerah tertentu di mana ojek dan taxi online hanya bisa pickup dan dropoff penumpang di titik khusus untuk menghindari adanya konflik dengan transportasi umum setempat.

Apartemen di District Berdekatan