Gimana ujiannya, teman-teman? Puas dengan hasil yang diberikan? Pastinya dong! Fase tiga tahun belajar di SMA tidak boleh disia-siakan. Nah, buat yang berencana masuk kuliah, baca artikel ini dulu, yuk!.

Kamu tentunya ada pemikiran universitas mana yang akan dimasuki. Setiap universitas, baik swasta maupun negeri, pastinya memiliki daya tarik yang berupa fakultas dan jurusan unggulan mereka. Nah! Bagi kamu yang masih bingung menentukan jurusan, kita mau kasih tips, nih. Supaya kamu tidak kelimpungan saat pendaftaran kampus nanti.

Kenali diri kamu sendiri

Ini adalah tahap penting sebelum daftar ke kampus, pahami diri dan batas kemampuan kamu sebagai mahasiswa. Apakah kamu orang yang kuat dengan teori? Maka, pilihlah fakultas yang berhubungan dengan filsafat dan teori. Jika kamu adalah penyuka data dan hitungan, pilihlah fakultas ekonomi atau teknik. Perlu diingat, salah jurusan bisa bikin kamu sengsara 4 tahun!

Cari program beasiswa

Setiap kampus pastinya mempunyai program beasiswa, jika kampus yang kamu idolakan membuka peluang beasiswa, maka langsung daftar! Mengapa? Selain akademik kamu lancar dan gemilang, kamu sekaligus menghemat biaya kuliah karena mendapatkan potongan harga. Lumayan tuh bisa menghemat dompet!

Baca juga: 13 Apartemen Dekat Kampus di Jakarta Ini Paling Cocok Buat Mahasiswa

Pilih tempat tinggal yang ideal

Bagi anak perantau, sudah saatnya kamu harus mulai hidup mandiri. Ingat! fase perkuliahan ialah proses pembentukan kepribadian dan perkembangan kedewasaan kamu. Tentukan pilihan tempat tinggal ideal yang cocok dengan mahasiswa dan pastinya harus dekat dengan kampus. Zaman sekarang, mahasiswa lebih sering tinggal di apartemen dikarenakan lebih aman dan privasi lebih terjaga. Tentukan pilihan apartemenmu dari sekarang!

Baca juga: Tips Memilih Apartemen Untuk Keperluan Kuliah

Sudah baca tips di atas? Sekarang, bagi kamu yang sudah menentukan fakultas dan jurusan, kita mau kasih rekomendasi universitas swasta terbaik dan dekat dengan apartemen. Pastinya dengan lingkungan yang asyik untuk mendukung proses pembelajaran kamu!

1. Universitas Tarumanegara

Salah satu universitas swasta terbaik ini terbilang populer untuk mahasiswa, baik dari Jakarta maupun luar daerah dan salah satu universitas swasta tertua di daerah Jakarta. Dibangun pada tahun 1959, Universitas Tarumanegara (atau lebih sering disingkat Untar) sudah berhasil menerbitkan lulusan-lulusan ternama dan menjadi kampus swasta terpopuler hingga sekarang.

Alamat Kampus :
Kampus I : Jl. S Parman No 1.
Kampus II : Jl. Tanjung Duren Utara No 1.
Kampus III: Jl. TB Simatupang., DKI Jakarta, Indonesia

Jurusan yang diminati : Design, Ilmu Komunikasi, dan Teknik

Apartemen terdekat : Mediterania Residence 1, Mediterania Residence 2, Royal Mediterania Garden Residence, Condominium Taman Anggrek, Westmark Apartment, NEO Soho Apartment, Taman Anggrek Residence, Central Park Residence, dan Madison Park Apartment

Alumnus Terkenal : Jessica Veranda JKT48, Politisi Djan Faridz, dan Atlit Bulu Tangkis Taufik Hidayat

2. Universitas Trisakti

Merupakan tetangga dari Universitas Tarumanagara dan universitas swasta tertua kedua setelahnya. Universitas Trisakti menjelma menjadi universitas swasta terbaik sejak era reformasi 1998, sehingga mendapatkan julukan sebagai “Kampus Pahlawan Reformasi” dan juga terdapat Monumen 12 Mei 1998 di dalam kampus. Saking melekatnya jiwa aktivisme kampus ini, pihak kampus membangun Museum Trisakti 98 untuk mengenang jasa pahlawan reformasi.

Selain itu, kampus ini juga menampung mahasiswa terbanyak dan jumlah mahasiswa yang mendaftar sangat tinggi. Dikarenakan kepopuleran di kalangan anak muda, orang-orang seringkali menyebutnya “Kampus Sejuta Umat”.

Alamat Kampus : Jl. Kyai Tapa No.1, RT.6/RW.16, Tomang, Jakarta Barat

Jurusan yang diminati : Fakultas Ekonomi, Teknik, dan Hukum

Apartemen Terdekat : Mediterania Residence 1, Mediterania Residence 2, Royal Mediterania Garden Residence, Condominium Taman Anggrek, Westmark Apartment, NEO Soho Apartment, Taman Anggrek Residences, Central Park, dan Madison Park Apartment

Alumnus Terkenal : Basuki Tjahaja Purnama/Ahok (Politisi), Yenny Wahid (Putri Presiden Ke-4 RI Abdurahman Wahid), Bunga Citra Lestari (Penyanyi), 4 Aktivis Trisakti (Hendriawan Sie, Elang Mulia Lesmana, Hafidin Royan, dan Hery Hartanto), dan Arief Muhammad (Penulis).

3. Unika Atma Jaya

Bila bicara universitas Katolik pertama di Indonesia, mungkin Unika Atma Jaya adalah salah satu yang akan muncul dalam benak kamu. Ya, institusi pendidikan tinggi ini adalah universitas Katolik pertama di Jakarta.

Unika Atma Jaya memulai pengajarannya pada tahun 1960an di daerah kampus utama, yaitu Semanggi. Untuk Fakultas Kedokteran, mereka memulai pengajarannya di kampus Pluit. Seiring berjalannya waktu, kampus ini membuka cabang terbarunya di luar Jakarta, yaitu daerah BSD dan Yogyakarta.

Alamat Kampus :
Kampus utama di
Jl. Jenderal Sudirman 51, Semanggi, Jakarta Pusat
Fakultas Kedokteran di Jl. Pluit Raya 2, Jakarta Utara

Jurusan yang diminati : Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, dan Psikologi

Apartemen Terdekat : Apartemen Aston Lippo Sudirman dan Aryaduta Suites Semanggi

Alumnus Terkenal : Dion Wiyoko (Aktor), Deddy Corbuzier (Atlit, ex-Pesulap, dan Pembawa acara), Ariel Tatum (Aktris), Baim Wong (Aktor), dan Laura Basuki (Aktris dan Model)

4. Binus University

universitas swasta terbaik

Salah satu universitas swasta terbaik yang juga terbilang populer di kalangan anak muda dan sekaligus pesaing Untar. Kampus yang populer dengan sebutan “Binus” ini dibangun pada tahun 1980an dan menjadi salah satu kampus swasta yang menyediakan jurusan bahasa antara lain Sastra Jepang, Mandarin, Inggris, dan Indonesia.

Meskipun kampus utamanya di daerah Kemanggisan, tetapi terpisah menjadi tiga bagian, yaitu Kampus Syahdan, Kampus Anggrek, dan Kampus Kijang. Apalagi, Binus melakukan ekspansi di daerah BSD, yang dibangunnya Binus Alam Sutera dengan dipisah menjadi dua gedung seperti kampus utama Alam Sutera dan Binus Aso.

Tidak sampai di situ, pihak Binus juga membuka peluang lebar bagi mahasiswa internasional untuk belajar di kampus ini dengan dibukanya Binus International dalam gedung f(x) Sudirman.

Alamat Kampus :
Kampus Syahdan di
Kemanggisan, Jl. Kyai H. Syahdan No.9, Jakarta Barat
Kampus Anggrek di Jalan Kebon Jeruk Raya No.27, Jakarta Barat
Kampus Kijang di Jl. Kemanggisan Ilir III, Jakarta Barat
Binus International di f(x) Sudirman, Istora Merdeka, Jakarta Selatan

Jurusan yang Diminati : Sastra Mandarin, Sastra Jepang, Sastra Inggris, Fakultas       Komputer, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Desain

Apartemen Terdekat : D’lofts Kemanggisan 

Alumnus Terkenal : Raisa (Penyanyi), William Tanuwijaya (Founder Tokopedia), Iman Sjafei (Reporter & Founder Asumsi.com), dan Joshua Suherman (Mantan penyanyi cilik & Aktor)

5. Universitas Kristen Krida Wacana

       

Merupakan Salah satu universitas swasta terbaik dengan basis Protestan yang pertama di Jakarta. Universitas Kristen Krida Wacana adalah institusi tinggi yang terletak berdekatan dengan dua institusi ternama, yaitu Untar dan Trisakti dan menjadi kampus swasta tertua keempat yang dibangun pada tahun 1967.

Kampus ini juga membuka cabang di daerah Kelapa Gading untuk program pasca sarjana yang seringkali disebut sebagai Kampus III.

Alamat Kampus : Kampus utama  Jalan Tanjung Duren Raya no. 4, Jakarta Barat

Jurusan yang diminati : Kedokteran, Ekonomi, dan Teknik Industri

Apartemen Terdekat : Mediterania Residence 1, Mediterania Residence 2, Royal Mediterania Garden Residence, Condominium Taman Anggrek, Westmark Apartment, NEO Soho Apartment, Taman Anggrek Residences, Central Park Residence, dan Madison Park Apartment

6. Universitas Pelita Harapan

Kampus ini adalah kampus yang spesial. Mengapa demikian? Sekadar informasi, kampus yang dibangun pada tahun 1994 ini merupakan kampus pertama yang memperkenalkan kurikulum internasional dengan menggunakan basis bahasa inggris sebagai bahasa pengantarnya.

Selain itu, kampus ini juga terkenal dengan taman yang besar dan menghasilkan alumni-alumni hebat yang melebarkan sayapnya baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Alamat Kampus : Jl. MH. Thamrin Boulevard 1100, Klp. Dua, Karawaci, Tangerang.

Jurusan yang diminati : Ilmu Komunikasi, Hukum, Teknik Elektro, dan Seni Musik

Apartemen Terdekat : U-Residence

Alumnus Terkenal : Andini Effendi (Jurnalis), Agnes Monica (Penyanyi), Keenan Pearce (Pengusaha), Marcel Chandrawinata (Aktor), Calvin Jeremy (Penyanyi), Cindercella (Youtuber), Anjas Maradita (Youtuber) dan Christian Febrianto Bong (Founder Indomusikgram & Youtuber)

7. Universitas Jayabaya

universitas swasta terbaik

Bila kamu suka mengeksplor ke daerah Jakarta Timur, kampus swasta ini sangat tepat untuk kamu. Berdiri sejak 1958, Universitas Jayabaya ini menjadi kampus yang tertua setelah Untar dan Trisakti pada bagian Barat. Untuk universitas ini, kebanyakan alumni Jayabaya adalah mereka yang berhubungan dengan legislatif hukum.

Alamat kampus :
Kampus A di Jalan Pulomas Selatan Kav 23 Jakarta Timur
Kampus C di  Jalan Raya Bogor Km. 28 Cimanggis Jakarta Timur

Jurusan yang diminati : Hukum

Apartemen Terdekat : Bassura City dan Green Pramuka City

Alumnus Terkenal : Syaiful Chalid (Jurnalis ANTARA News), MS Kaban (Menteri Kehutanan Periode 2004 – 2009), dan Juan Felix Tampubolon (Pengacara)

8. Kwiek Kian Gie Business School

Kampus ini berada di daerah Kelapa Gading, yang awalnya bernama IBII. Berdiri pada tahun 1987, kampus ini terkenal dengan jurusan ekonomi dan teknik informatika mereka. Diresmikan oleh para praktisi bisnis seperti Kwik Kian Gie, Kaharudin Ongko, dan Djoenaidi Joesoef, kampus Kwik Kian Gie diharapkan bisa mencetak wirausahawan yang berhasil.

Alamat Kampus : Jl. Yos Sudarso Kav. 87, Sunter, Jakarta Utara

Jurusan yang diminati : Fakultas Ekonomi dan Fakultas Ekonomi

Apartemen Terdekat : Sunter Park View

9. Universitas Bunda Mulia

universitas swasta terbaik

Pernah berpikir bila kampus berdekatan dengan taman rekreasi terbesar di Indonesia? Jangan heran bila kamu menemukan institusi pendidikan tertinggi ini berada di daerah yang sama dengan Ancol, yaitu Universitas Bunda Mulia. Jika bosan, kamu bisa mampir ke Ancol untuk jalan-jalan dan refreshing!

Alamat Kampus : Jl. Lodan Raya No.2, RT.12/RW.2, Ancol, Jakarta Utara

Jurusan yang diminati : Ekonomi, Perhotelan, dan Sastra Mandarin

Apartemen Terdekat : Apartemen Mitra Bahari 

Alumnus Terkenal : The Sacred Riana (Mentalis dan Finalis Asia Got Talent) dan Gissella Anastasia (Penyanyi)

10. Universitas Pertamina

Universitas yang berlokasi di daerah Permata Hijau ini bisa dibilang cukup strategis. Selain berada di titik penghubung antara Jakarta Selatan dan Jakarta Barat, universitas ini bersebelahan dengan stadion kolam renang Simprug. Kolam renang tersebut seringkali digunakan untuk kegiatan mahasiswa atau perlombaan renang.

Selain itu, universitas ini juga berdekatan dengan Senayan City dan Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Alamat Kampus : Jl. Teuku Nyak Arief, Simprug, Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan

Jurusan yang diminati : Teknik Perminyakan dan Teknik Mesin

Apartemen Terdekat : Simprug Indah Apartment, Permata Hijau Apartment, dan Permata Hijau Residence

11. London School of Public Relations

universitas swasta terbaik di jakarta

Meskipun namanya adalah London School, bukan berarti harus sekolah di London. Artinya kampus ini menggunakan kurikulum asal Inggris dan merupakan cabang dari pusat London School di sana.

London School kerap menjadi pilihan favorit bagi kamu penyuka dunia penyiaran, seni, dan bisnis dikarenakan London School menyediakan jurusan yang berhubungan dengan ketiganya.

Alamat Kampus : Intiland Tower Lt.6, Jl. Jend Sudirman, Jakarta Pusat

Jurusan yang diminati : Ilmu Komunikasi, Ilmu Teatrikal, dan Hubungan Internasional

Apartemen Terdekat : Sudirman Park Apartment, Citylofts Apartment dan Thamrin Residences

Alumnus Terkenal : Tasya Syarief (Jurnalis), Prilly Latuconsina (Aktris), Kenny Djafar (Penyiar Radio), Reza Pahlevi (Penulis), dan Alissa Soebandono (Aktris)

12. Universitas Multimedia Nusantara

Untuk universitas ini, kerap kali disebut sebagai pesaing dari Universitas Pelita Harapan karena sering menerbitkan alumnus keren dan populer di masyarakat Indonesia. Terletak di daerah Summarecon Serpong, universitas ini adalah besutan dari salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia, yaitu Kompas Gramedia.

Alamat Kampus : Scientia Garden, Gading Serpong, Tangerang

Jurusan yang diminati : Ilmu Komunikasi, Desain, dan Fakultas Komputer

Apartemen Terdekat : Scientia Residence Summarecon Serpong

Alumnus Terkenal : Nadia Soekarno (Jurnalis NET.), Chandra Liow (Youtuber dan Aktor), Devina Aurel (Youtuber dan Aktris), Gamaliel Tapiheru (Personil GAC), Kevin Anggara (Youtuber dan Aktor) dan Gritthe Agatha (Aktris)

13. Prasetiya Mulya Business School

universitas swasta terbaik

Institusi pendidikan ini dibangun pada tahun 1980an. Awalnya institusi ini hanya untuk pascasarjana program MBA atau S2 bidang Ekonomi. Terletak di daerah BSD, Prasetiya Mulya merupakan salah satu universitas prestisius setelah Universitas Pelita Harapan.

Universitas ini berdiri berhadapan dengan AEON BSD dan juga bersebelahan dengan gedung serbaguna terbesar di daerah Serpong, ICE (Indonesia Convention Exhibition).

Alamat Kampus : Kavling Edutown I.1 Jl. BSD Raya Utama, BSD City, Tangerang

Jurusan yang diminati : Manajemen Bisnis, Bisnis Internasional, dan Usaha Wisata

Apartemen Terdekat : The Branz BSD

Alumnus Terkenal : Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) (Politisi, Gelar S2), Sayed Muhammad (CEO dan Founder LocalBrand Asia), dan Anita Feng (Indonesian Future Business Leader of 2010)

14. Universitas Katolik Parahyangan

Sekarang kita sedikit melipir ke luar Jakarta, yaitu daerah Bandung. Kampus ini merupakan kampus katolik tertua dan pertama di Indonesia yang berlokasi di Bandung. Bila kamu ingin merasakan kampus dengan udara yang sejuk, ini bisa jadi pilihan kamu!

Alamat Kampus : Jl. Ciumbuleuit No.94, Hegarmanah, Bandung

Jurusan yang diminati : Hubungan Internasional, Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Ekonomi

Apartemen Terdekat : Parahyangan Residence

Alumnus Terkenal : Bima Arya Sugiarto (Walikota Bogor), Nazril Irham (Musisi & Vokalis NOAH), Ge Pamungkas (Stand Up Comedian & Aktor), Dewi Lestari (Penulis), Rio Dewanto (Aktor), dan Hotman Paris Hutapea (Pengacara & Ahli Hukum)

15. Swiss-German University

Untuk kampus ini, bisa dibilang sangat unik karena membawakan kurikulum Jerman masuk ke Indonesia. Nantinya, mahasiswa bisa memilih magang antara di dalam negeri atau ke Jerman sekaligus akan mendapatkan double degree.

Alamat Kampus : The Prominence Tower, Jalan Jalur Sutera Barat Kav 15, Alam Sutera, Tangerang

Jurusan yang diminati : Teknik Komputer, Bisnis Internasional, dan Teknik Industri

Apartemen Terdekat : Paddington Heights, Silkwood Residences, dan Saumata Apartment

Alumnus Terkenal : Elle Yamada (Social Media Influencer)

Kampus-kampus di atas adalah kampus swasta terbaik sekaligus dekat dengan apartemen. Lulusannya juga tidak perlu diragukan lagi akreditasinya dan bahkan sudah mengharumkan nama Indonesia serta almamaternya. Nah, bagi kamu yang sudah menentukan universitas namun masih bingung memilih hunian apartemen yang dekat dan aman, tidak usah khawatir! Kamu bisa cek unit apartemen yang dekat dengan kampus di Jendela360 dengan harga yang terjangkau.

Selamat menikmati masa perkuliahan! Gunakan 4 tahun itu dengan maksimal, yah!