Mana yang jadi pilihan Anda, tinggal di apartemen atau di kamar hotel? Mungkin salah satu perbedaan apartemen dengan hotel adalah di kamar hotel biasanya disediakan lemari es yang terisi oleh minuman, tapi Anda tidak memiliki fasilitas untuk memasak. Di kamar hotel juga tidak tersedia fasilitas untuk mencuci baju.

Sayangnya kebanyakan hotel menyediakan lemari es yang terisi oleh minuman atau makanan yang harus Anda bayar. Ini tentu akan menambah besar pengeluaran saat Anda berkunjung atau tinggal cukup lama di suatu tempat.

Di apartemen (biasanya tipe furnished) tersedia lemari es yang kosong yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan makanan atau bahan makanan untuk Anda masak sendiri. Di apartemen juga tersedia area dapur.  Beberapa apartemen dilengkapi dengan mesin cuci dan pengering, tapi bisa juga Anda memanfaatkan fasilitas laundry.

Perbedaan lain yang sangat terlihat antara apartemen dan hotel adalah dari segi layout. Apartemen memiliki dinding yang memisahkan beberapa ruangan. Apartemen tipe 2BR, misalnya, memiliki dua kamar tidur, dapur, dan area utama yang dipisahkan oleh dinding.

Ini memudahkan Anda untuk melakukan rapat bisnis di ruangan utama ketika ada penghuni yang beristirahat di kamar tidur. Ada juga apartemen dengan area tidur terpisah dari ruang utama tapi tidak tertutup oleh dinding penuh meski cukup memberi privasi.

Apartemen vs hotel

Selalu muncul perdebatan tentang mana yang lebih baik, tinggal di hotel atau apartemen? Kadang bukan hal mudah untuk memilih salah satunya. Ketika Anda bepergian ke suatu tempat dan harus memilih antara tinggal di hotel atau apartemen, Anda harus membuat keputusan dengan sangat simpel.

Apartemen

Menyewa apartemen untuk waktu singkat jadi pilihan tepat dibanding tinggal di hotel bila Anda tinggal bersama keluarga atau teman yang menginginkan area tidur terpisah. Apartemen tepat untuk hunian jangka waktu lebih lama. Anda bisa menikmati ruangan yang membuat Anda merasa seperti berada di rumah. Apartemen jadi tempat yang Anda butuhkan karena di hunian ini tersedia fasilitas yang Anda butuhkan seperti mesin cuci, lemari es, dan sebagainya.

Anda juga bisa pilih apartemen yang menyediakan perlengkapan dapur lengkap. Anda bisa leluasa menggunakan alat masak dan peralatan makan yang  tersedia. Fasilitas ini tidak akan Anda temukan di kamar hotel dan ini akan menghemat uang Anda karena Anda tidak perlu ke restoran tiap kali waktu makan.

Tapi salah satu kekurangan dari tinggal di apartemen adalah Anda harus merapikan dan membersihkan sendiri ruangan yang Anda huni. Anda harus mencuci piring dan merapikan sendiri tempat tidur.

Hotel

Photo credit: Google

Tinggal di hotel bisa jadi pilihan tepat ketika Anda berlibur dari rutinitas sehari-hari. Hotel jadi pilihan tepat untuk perjalanan bisnis.

Bagi sebagian orang, hotel menawarkan konsep yang menarik. Anda tinggal di kamar hotel, pergi keluar dan ketika kembali, semua sudah dalam keadaan rapi dan bersih. Pihak hotel bahkan bisa membantu Anda memarkir kendaraan, tentu dengan tambahan biaya.

Hotel jadi pilihan tepat untuk menikmati tempat tinggal di waktu yang singkat bila tujuan Anda adalah istirahat yang aman, nyaman, dan rileks di saat melakukan perjalanan bisnis dan harus mengadakan banyak pertemuan.

Biasanya sarapan sudah termasuk dalam harga standar kamar hotel, ini tidak akan Anda peroleh ketika tinggal di apartemen. Menikmati sarapan di restoran hotel bisa jadi pengalaman yang menyenangkan, terutama bila tersedia fasilitas buffet. Anda bisa makan tiga kali lebih banyak dari biasanya.

Hotel jadi tempat untuk keluar dari kebiasaan. Pilihan akomodasi ini adalah lawan dari kehidupan yang standar yang sering terjadi saat melakukan perjalanan. Tinggal di hotel membuat Anda makan di luar setiap waktu makan, kebiasaan nutrisi Anda jadi berubah, dan juga semua rutinitas Anda.

Baca artikel lainnya tentang Daftar Serviced Apartment di Jakarta.

Kadang Anda jadi mengalami dilema untuk memilih antara hotel atau apartemen. Kedua pilihan memiliki kelebihan masing-masing, jawabannya bergantung pada Anda dan apa yang ada di bayangan Anda ketika Anda berada jauh dari rumah.

Saat perjalanan bisnis, tinggal di apartemen atau hotel?

Bila Anda sering melakukan perjalanan bisnis, Anda bisa menyewa apartemen untuk jangka pendek. Memang, biasanya apartemen tidak menyediakan room service atau layanan bersih-bersih tapi Anda bisa menikmati fasilitas yang lengkap yang tidak Anda temukan ketika tinggal di hotel.

Berikut ini keuntungan dari menyewa apartemen dibanding tinggal di hotel:

Biaya lebih rendah

Terutama bila Anda tinggal di pusat kota selama lebih dari satu minggu, menyewa apartemen bisa lebih murah dibanding membayar kamar hotel per malamnya. Meski Anda memilih apartemen yang paling murah, biaya untuk satu minggu menginap akan cukup besar. Anda bisa gunakan jumlah uang yang sama untuk menyewa apartemen selama satu bulan.

Photo credit: Google

Lokasi

Hotel biasanya berada di area komersil, Anda tidak leluasa menjangkau area publik dan mencari makanan murah. Ketika Anda menyewa apartemen, Anda memilih lingkungan yang Anda inginkan. Anda bisa pilih apartemen yang dekat dengan perumahan, dekat dengan akses pejalan kaki, serta dekat dengan taman atau restoran dan kafe.

Fasilitas

Tidak semua hotel menyediakan TV layar datar dan hair dryer di dalam kamar hotelnya. Sementara Anda bisa memperoleh fasilitas yang Anda butuhkan di apartemen. Bila Anda tidak keberatan membersihkan ruangan sendiri, Anda bisa memilih apartemen yang telah dilengkapi dengan perlengkapan dapur. Ini akan lebih baik ketika Anda ingin mengundang orang untuk makan bersama.

Sudah yakin untuk memilih apartemen? Jendela360 bisa membantu Anda menemukan apartemen ideal dengan cepat dan mudah.