Titipkan Apartemen Anda Gratis & Paling Cepat Tersewa!

logo
Disewakan
Dijual

Filter

Tipe Properti

Apartemen

Jangka Waktu

Terbaru

Grogol

Jual Rumah di Grogol

Grogol Petamburan merupakan salah satu kecamatan yang ada di Jakarta Barat. Kecamatan ini memiliki jumlah penduduk sekitar 240.016 orang menurut sensus tahun 2017 lalu. Sementara luasnya adalah 1.130 hektar.

Grogol bisa menjadi lokasi yang pas untuk mencari hunian. Pasalnya, kecamatan ini menghubungkan Jakarta Barat dengan Jakarta Utara. Gedung-gedung pusat pemerintahan di Jalan Medan Merdeka dapat dicapai belasan menit saja dari sini, begitu pun pusat-pusat bisnis di Pluit, Jakarta Utara.

Lokasi Grogol menjadi lebih strategis sejak dilewati oleh Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (Jakarta Inner Ring Road) dan Jalan Tol Jakarta-Tangerang di sisi selatan. Di sekitarnya terdapat pusat bisnis yang mentereng di Jakarta Barat, yaitu kompleks apartemen dan pusat perbelanjaan di Taman Anggrek dan Central Park.

Karena keunggulannya ini, akhirnya banyak konsumen yang tertarik untuk mencari rumah dijual di Grogol. Investor yang ingin jual rumah Grogol juga tidak kalah banyak jumlahnya. Apalagi stok properti di kawasan ini melimpah. Sebanyak 57% lahan di Grogol atau 655,45 hektar lahan dimanfaatkan untuk perumahan. Ada juga porsi lahan yang dimanfaatkan untuk hunian vertikal. Apartemen di Grogol lebih berpusat di wilayah Tanjung Duren.

Lokasi Favorit Jual Rumah Grogol

Pengguna internet mencari rumah di Grogol dengan kata kunci rumah dijual di Grogol atau jual rumah Grogol. Kata kunci ini muncul 20-70 kali setiap bulannya. Selain itu, mereka juga mencari di wilayah-wilayah lain yang notabenenya masih termasuk dalam kecamatan Grogol. Wilayah apa saja? Berikut penjelasannya.

Tanjung Duren

Tanjung Duren adalah kelurahan paling populer di Grogol untuk mencari hunian. Sebabnya, pusat perbelanjaan Taman Anggrek, Central Park dan Mal Neo Soho ada di sini, diikuti dengan kompleks-kompleks apartemen untuk kalangan menengah ke atas, seperti Royal Mediterania, Taman Anggrek Residence, dsb.

Walaupun banyak dihuni oleh apartemen-apartemen papan atas, stok landed house di Tanjung Duren juga tetap banyak. Hal ini diimbangi dengan permintaan rumah tapak yang tinggi. Ada 70 pencarian di internet per bulan yang menyasar rumah dijual di Tanjung Duren. Letak Tanjung Duren yang dekat dengan Universitas Trisakti dan Tarumanegara sedikit banyak mengambil andil dalam tingginya permintaan hunian di kawasan ini.

Tomang

Tomang adalah kelurahan di Grogol yang letaknya berada persis di sisi timur Kelurahan Tanjung Duren. Kelurahan ini dihuni oleh 34.265 penduduk pada tahun 2016. Karena letaknya yang dekat dengan pusat bisnis Taman Anggrek, tidak heran jika Tomang cukup populer di kalangan pencari properti. Ada 50 pencarian di Google untuk kata kunci jual rumah Tomang setiap bulannya.

Posisi Tomang yang strategis juga didukung oleh kelengkapan fasilitasnya. Ada Rumah Sakit Sumber Waras yang sudah menjadi landmark di kelurahan ini. Selain itu juga terdapat Roxy Square, tempat warga Jakarta Barat mencari perangkat-perangkat elektronik. Untuk pendidikan, di Tomang terdapat Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara dan Telkom Training Center.

Jelembar

Jelembar adalah salah satu kelurahan di Grogol yang dihuni oleh 34.265 penduduk pada tahun 2016. Yang menjadikan kelurahan ini strategis adalah letaknya yang berada di sisi Jalan Lingkar Dalam Jakarta. Selain itu kawasan ini juga berada dekat dengan TM Season City.

Tidak diketahui pasti berapa volume pencarian untuk rumah dijual di Jelembar. Yang jelas selalu ada pencarian properti di kawasan ini setiap bulannya.

Harga Jual Rumah Grogol

Harga jual rumah di Grogol masih tergolong murah jika dibandingkan dengan daerah lain di Jakarta Pusat atau Jakarta Selatan. Mengutip laman Lamudi.com, kisaran harga rumah dijual di Grogol berada di angka Rp15 juta per m2. Harga ini mengalami fluktuasi dari waktu ke waktu, namun tidak terlalu signifikan perubahannya.

Setahun lalu, rata-rata harga jual rumah di Grogol berada di angka Rp15.000.000 per m2. Angkanya naik pada tiga bulan lalu, yaitu sebesar Rp15.400.000 per m2. Di lapangan, Anda tentu akan menemukan rumah tapak dengan harga jual yang lebih rendah atau lebih tinggi dari nilai rata-rata ini.

Setiap wilayah di Grogol punya karakteristik propertinya sendiri. Ada wilayah yang membandrol propertinya dengan harga mahal, ada juga yang memasang harga terjangkau untuk properti-propertinya. Untuk lebih memahami kisaran harga properti di kawasan Grogol, saya telah menghimpun beberapa datanya dari sebagai berikut.

Tanjung Duren

  • Harga Jual Terendah: Rp130 Juta (120 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp30 Miliar (432 m2)

Tomang

  • Harga Jual Terendah: Rp199 Juta (35 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp50 Miliar (1200 m2)

Jelembar

  • Harga Jual Terendah: Rp270 Juta (150 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp21 Miliar (1000 m2)

Fasilitas Penunjang di Grogol

Apa yang Anda pertimbangkan ketika ingin beli atau jual rumah Grogol? Tentu salah satunya adalah kelengkapan fasilitas. Apakah Grogol menyediakan kebutuhan Anda atau pembeli hunian Anda? Apakah di sana ada rumah sakit dengan layanan terbaik? Bagaimana dengan akses transportasi dan jalan protokolnya? Semua itu tidak boleh luput dari perhatian Anda.

Jika berbicara soal fasilitas, sebenarnya Grogol telah menyediakan yang terbaik untuk para warganya. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda ingin membeli rumah dijual di Grogol atau jual rumah Grogol Anda.

Infrastruktur

Grogol Petamburan adalah salah satu kecamatan yang dilewati oleh Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta (JIRR). Jalan tol ini mengitari bagian dalam kota Jakarta. Rutenya terbagi dalam tiga bagian, yakni Jalan Tol Cawang-Pluit, Tol Pluit-Tanjung Priok dan ruas Cawang-Tanjung Priok.

Jalan JIRR yang ada di bagian Grogol sendiri lebih dekat dengan Pluit. Jalan akan berlanjut ke jalan Tol S. Parman di sisi selatan. Nantinya, Jalan Tol S. Parman akan melewati kompleks Gelora Bung Karno dan gedung perkantoran di sekitarnya.

Di bagian selatan kecamatan Grogol, tepatnya di kelurahan Tanjung Duren, terdapat jalan Tol Jakarta-Tangerang. Jalan ini adalah penghubung utama antara Jakarta dan Kota Tangerang. Salah satu gerbang tol yang terhubung dengan jalan ini adalah gerbang tol Tomang yang ada di Grogol.

Selain menuju Tangerang, Anda juga dapat melanjutkan perjalanan ke Merak lewat tol ini. Sebabnya, tol Jakarta-Tangerang masih satu rangkaian dengan tol Jakarta-Merak yang panjangnya 98 km.

Transportasi Umum

Fasilitas transportasi yang menjadi favorit warga grogol adalah Stasiun Kereta Api Grogol. Stasiun kereta api kelas III ini melayani rute KRL Commuter Line daerah operasi I. Rutenya mencangkup Stasiun Pesing, Taman Kota, Bojong Indah, Rawa Buaya, Kali Deres, Poris, Batu Ceper, Tanah Tinggi sampai Tangerang.

Bagi warga grogol yang ingin ke perkantoran Jakarta Selatan dapat menumpang kereta ke arah Duri, lalu transit dan naik kereta api ke arah Manggarai. Selanjutnya bisa turun di stasiun-stasiun yang dekat dengan pusat bisnis Jakarta Selatan, seperti Stasiun Karet atau Stasiun Sudirman.

Alternatif lain bagi warga Grogol adalah menaiki bus di Terminal Grogol. Terminal ini menjadi terminal terpadu tempat pangkalan bus AKAP, Metromini, Kopaja, Angkot dan Mikrolet. Rute yang dilayani beragam, mulai dari bus yang ke Kapuk dan Muara Angke di utara hingga Kampung Rambutan dan Pulo Gadung di timur semua tersedia. Ada juga bus-bus yang melayani rute ke wilayah penyangga seperti Depok, Bogor, Bekasi, Cibinong, BSD City, Tangerang, dll.

Pusat Perbelanjaan

Pusat perbelanjaan dan gaya hidup di Serpong lebih terdapat di kelurahan Tanjung Duren. Ada tiga mall kelas menengah atas yang ada di kawasan ini, yaitu Mal Taman Anggrek, Mal Central Park dan Mal Neo Soho. Ketiganya diisi oleh tenant-tenant papan atas, mulai dari brand fesyen, toko perabotan rumah tangga, perkakas sampai department store. Mall-mall juga dilengkapi oleh restoran-restoran menarik yang cocok untuk tempat hangout ataupun gathering.

Alternatif pusat gaya hidup lainnya di Grogol adalah TM Season City. Secara administratif mall ini tidak terletak di Grogol, namun lokasinya sangat dekat dengan Jelembar, salah satu kelurahan di Grogol. Toko-toko yang ada di TM Season City tidak kalah lengkap dengan yang ada di Mall Taman Anggrek, Central Park ataupun Neo Soho. Beberapa kategori yang ada misalnya alat musik, obat-obatan, alat tulis kantor, batik, toko buku, elektronik, foto studio, kerajinan, hypermarket, kaset DVD, komputer, optik, pakaian anak, pakaian dewasa, perhiasan, pet shop dan sebagainya.

Fasilitas Pendidikan

Grogol dapat dianggap sebagai pusatnya pendidikan di Jakarta Barat. Tercatat beberapa universitas swasta ternama berdiri di sini. Tiga yang paling terkenal adalah Universitas Trisakti, Universitas Tarumanegara dan Universitas Kristen Krida Wacana. Ketiganya adalah universitas swasta dengan akreditasi A di sebagian besar program studinya.

Selain pendidikan tinggi, di Grogol juga banyak terdapat sekolah-sekolah tingkat dasar sampai lanjutan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • SDN Jelembar 01 Pagi
  • SD Bunda Hati Kudus
  • SMP Bhara Trikora
  • SMPN 274 Jakarta
  • SMPN 83 Jakarta
  • SMA Saint Christopher
  • SMA Dharma Jaya
  • Dsb.

Fasilitas Kesehatan

Di kecamatan Grogol, berdiri beberapa rumah sakit. Yang terbesar adalah Rumah Sakit Sumber Waras. Rumah sakit ini berada di Kelurahan Tomang, dekat Roxy Square. RS Sumber Waras adalah salah satu rumah sakit terbaik di Jakarta Barat, dengan kapasitas 205 tempat tidur, yang terdiri dari kelas VVIP, VIP, Kelas 1, 2, 3, ICU, ICCU, NICU, PICU, Perinatologi, Isolasi dan ODC.

Rumah Sakit Sumber Waras juga sudah dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai. Berbagai jenis tes kesehatan bisa dilakukan di sini, misalnya dental X-ray, USG 4 dimensi, CT Scan dan lainnya.

Selain Rumah Sakit Sumber Waras, ada juga fasilitas-fasilitas kesehatan lainnya yang tersedia di Grogol, seperti:

  • Rumah Sakit Royal Trauma
  • Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan
  • Rumah Sakit Grogol
  • Rumah Sakit Jiwa Dr. Soeharto Heerdjan

© 2020 Jendela360. All rights reserved.