Titipkan Apartemen Anda Gratis & Paling Cepat Tersewa!

logo
Disewakan
Dijual

Filter

Tipe Properti

Apartemen

Jangka Waktu

Terbaru

Cipinang

Jual Rumah di Cipinang

Cipinang adalah salah satu kelurahan yang ada di Kecamatan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Kelurahan ini luasnya 154 hektar dan dihuni oleh sekitar 1 juta warga. Lembaga Pemasyarakatan atau LP Cipinang adalah bangunan yang menjadi landmark kelurahan ini.

Lokasi Cipinang terbilang cukup jauh dari pusat kota. Meskipun begitu, letaknya dianggap strategis bagi warga yang sering hilir mudik dari Jakarta ke Bekasi atau sebaliknya. Kelurahan Cipinang dilalui oleh Jalan I Gusti Ngurah Rai, jalan dua lajur yang menjadi penghubung dua wilayah ini.

Letak Cipinang yang jauh dari pusat kota ternyata tidak menghalangi sebagian orang untuk mencari rumah dijual di Cipinang. Terbukti dengan adanya 140 pencarian per bulan untuk rumah tapak di Cipinang.

Apalagi dengan harga jual rumah Cipinang yang terjangkau bagi kalangan menengah ke bawah, membuat permintaan akan hunian di kawasan ini terus meninggi. Sebagian dari peminat properti di Cipinang adalah pendatang atau pekerja dari kawasan industri Pulo Gadung.

Harga Jual Rumah Cipinang

Seberapa murah rumah-rumah yang dijual di Cipinang? Melansir dari laman Lamudi.com, harga rata-rata jual rumah Cipinang bahkan hanya Rp11.100.000 per m2. Harga mengalami penurunan dibanding harga tahun lalu yang mencapai angka Rp12.700.000 m2.

Hal ini tentu merupakan kabar baik bagi end-user, khususnya mereka yang sedang mencari hunian terjangkau di Jakarta Timur. Meskipun menyasar kalangan menengah ke bawah, Cipinang tetap memiliki stok rumah mewah dengan harga miliaran. Untuk lebih memahami kisaran harga properti di kawasan ini, berikut adalah data yang dihimpun dari beberapa marketplace properti terkait harga jual rumah di Cipinang.

Lamudi.com

  • Harga Jual Terendah: Rp400 Juta (42 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp23 Miliar (500 m2)

Rumah123.com

  • Harga Jual Terendah: Rp375 Juta (40 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp35 Miliar (1000 m2)

Rumah.com

  • Harga Jual Terendah: Rp350 Juta (24 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp35,8 Miliar (1700 m2)

Olx.com

  • Harga Jual Terendah: Rp250 Juta (24 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp29,5 Miliar (1200 m2)

Fasilitas Penunjang di Cipinang

Fasilitas penunjang selalu menjadi pertimbangan seseorang sebelum membeli hunian. Terkadang lokasi yang jauh dari pusat bisnis tetap ramai peminat jika sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai. Itulah yang terjadi di Cipinang. Banyak orang yakin untuk jual rumah Cipinang karena kelurahan ini memiliki fasilitas penunjang yang lengkap.

Infrastruktur

Walaupun tidak berada di pusat bisnis, Cipinang tetap mudah dijangkau karena infrastrukturnya yang memadai. Terlebih bagi warga Bekasi, sangat mudah menjangkau kelurahan ini karena banyaknya pilihan akses. Pertama kelurahan dilalui oleh Jalan I Gusti Ngurah Rai yang membentang dari Cipinang sampai Rawa Bebek.

Alternatif jalan lain untuk mencapai Bekasi adalah melalui Tol Becakayu. Jalan tol ini melintasi Kelurahan Cipinang Muara yang ada di Kecamatan Jatinegara. Becakayu, dikenal juga dengan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu adalah jalan tol berkonstruksi layang yang dibangun di atas Sungai Kalimalang. Jalan Tol seksi IB dan IC sudah diresmikan pada tahun 2017 lalu, dengan rute Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna.

Tidak hanya akses ke luar Jakarta, akses di dalam kota Jakarta pun mudah karena ada Jalan Tol Cililitan 2. Warga bisa menggunakan Jalan I Gusti Ngurah Rai untuk bisa sampai di Jalan Tol ini. Waktu tempuhnya hanya 20 menit dari Cipinang. Tol Cililitan 2 akan menyimpul di selatan, bertemu dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Cawang-Grogol. Sedangkan di utara akan bertemu dengan Jalan Tol Pelabuhan dan Jalan Tol Tanjung Priok.

Transportasi Publik

Cipinang termasuk kelurahan yang memiliki konsektivitas baik di Jakarta Timur. Alasannya, kelurahan ini dilalui oleh rangkaian KRL jalur Bekasi-Jatinegara-Manggarai-Jakarta Kota. Salah satu stasiun transit terbesar di Jakarta, Jatinegara, dapat dicapai lewat Jalan I Gusti Ngurah Rai dari Cipinang.

Stasiun Jatinegara adalah salah satu stasiun yang strategis, karena hanya berjarak satu stasiun dari Stasiun Manggarai. Warga juga bisa menuju Jakarta Kota, Bekasi dan Kampung Bandan dari sini. Tidak hanya itu, Stasiun Jatinegara juga menyediakan kereta dengan rute perjalanan menuju Stasiun Gambir. Dari Gambir, penumpang dapat melanjutkan perjalanan dengan kereta jarak jauh menuju Surabaya, Solo, Semarang, Bandung, Cirebon, Malang, Cilacap, dsb.

Moda transportasi lainnya adalah pesawat terbang. Warga Cipinang dapat mencapai bandara terdekat, yaitu Bandara Halim Perdana Kusuma dengan waktu 30 menit berkendara. Rutenya bisa melalui Jalan Tol Cililitan 2 atau Jalan Otto Iskandardinata.

Pusat Perbelanjaan

Jika berbicara soal pusat perbelanjaan, yang paling dekat dari Cipinang, Pulo Gadung adalah Rawamangun Square. Letaknya ada di utara dan dapat diakses dari Jalan Cipinang Baru Raya. Di dalam pusat perbelanjaan ini terdapat Farmer’s Market dan beberapa tenant makanan, contohnya KFC dan D’Cost.

Sedangkan untuk pusat gaya hidup, banyak warga Cipinang menyambangi Mall @Bassura untuk berbelanja. Mall yang mengusung konsep lifestyle family shopping ini dapat dicapai dari Cipinang, Pulo Gadung dalam waktu 15 menit berkendara. Tercatat beberapa tenant papan atas sudah mengisi lapaknya di mall ini, sebut saja Heritage, The Executive, Tira Jeans, Christopher Salon, Inul Vizta, Rudy Hardisuwarno Salon, Christopher Salon, dll. Ada juga restoran dan cafe kekinian yang bertempat di mall ini, contohnya Starbucks, J.Co Donuts, Foodcourt Eat & Eat, dsb.

Fasilitas Pendidikan

Paling tidak ada dua institusi pendidikan tinggi yang ada di Cipinang, yaitu Universitas Mpu Tantular dan Universitas Borobudur. Universitas Mpu Tantular dibangun pada tahun 1984 dan saat ini memiliki akreditasi B.

Sedangkan Universitas Borobudur terletak di Cipinang Melayu dan berdiri dari tahun 1982. Pada tahun 2008, Universitas Borobudur menawarkan 18 program studi yang terdiri atas 2 program Diploma, 13 program Sarjana, 2 program Magister dan 1 program Doktor.

Selain kedua universitas tersebut, banyak juga institusi pendidikan lain di Cipinang, baik swasta maupun negeri. Beberapa diantaranya yaitu:

  • SDS Krida Putra
  • SD Kemala Bhayangkari 5
  • SD Mustika Jakarta
  • SDN Cipinang 01 Kuda Laut Jakarta Timur
  • SMP Muara Indonesia
  • SMPN 243 Jakarta
  • SMP Srikandi
  • SMA Dian Persada
  • SMAN 53 Jakarta
  • SMAN 100 Jakarta
  • AKPINDO
  • Dll.

Fasilitas Kesehatan

Fasilitas kesehatan juga menjadi pertimbangan yang krusial bagi pihak yang sedang mencari hunian tapak. Untungnya, fasilitas kesehatan yang ada di Cipinang terbilang memadai. Tidak perlu jauh-jauh keluar kelurahan jika ingin pergi ke rumah sakit, karena fasilitas kesehatan tersedia lengkap di sini.

Salah satunya yang paling dekat adalah RSUP Persahabatan. Sesuai namanya, rumah sakit ini terletak di Jalan Persahabatan yang berada di sisi barat Kelurahan Cipinang. Dahulu, RSUP Persahabatan adalah bagian dari RSUP Dr. Cipto Mangunkusumo, sebelum akhirnya menjadi rumah sakit mandiri.

Pelayanan yang diberikan rumah sakit ini kepada pasies termasuk, rawat jalan, rawat inap, medical check up, instalasi gawat darurat (IGD), pelayanan sosial dan penunjang medik lainnya. Adapun poliklinik yang ada di RSUP Persahabatan terdiri dari klinik akupuntur, gigi dan mulut, mata, saraf, penyakit dalam, paru, onkologi, asma, kebidanan, bedah thoraks, bedah, jantung, klinik anak, THT, jiwa, gizi, dll.

Jika penyakit yang diderita warga ringan, biasanya mereka pergi ke klinik yang ada di kelurahan ini. Beberapa diantaranya adalah Klinik Cipinang dan Klinik RAFA.

© 2020 Jendela360. All rights reserved.