sewa apartemen di sawangan

Sawangan

Depok

Sawangan adalah sebuah kecamatan di Depok yang luas wilayahnya mencapai 4.

Apartemen di Sawangan

Unit Tersedia

Belum ada unit terdaftar

Sawangan

Panduan Anda dalam menyewa di Sawangan

Sawangan adalah sebuah kecamatan di Depok yang luas wilayahnya mencapai 4.671,20 km2. Wilayah ini dihuni oleh 160.856 jiwa, dengan penduduk usia produktif sebanyak 127.843 jiwa. Mata pencarian mereka cukup bervariasi. Ada yang berprofesi sebagai PNS, TNI, Polri, pegawai swasta, buruh, pedagang, hingga wirausaha. 

Pasir Putih adalah salah satu daerah di Sawangan yang sebagian besarnya dihuni oleh petani Belimbing. Selain Belimbing, Jambu Biji Merah juga banyak dibudidayakan di daerah Pasir Putih. Inilah yang membuat Sawangan menjadi destinasi agrowisata, khususnya untuk tanaman Belimbing. Hingga kini, Depok secara keseluruhan juga sudah di kenal sebagai kota penghasil Belimbing. 

Kondisi alam kota Depok umumnya memang cukup ideal untuk budidaya Belimbing. Di Sawangan saja, temperatur suhunya berkisar antara 280C-330C dengan kelembaban udara rata-rata 82%. Kecepatan angin rata-rata di wilayah ini adalah 3,2 knot, dengan curah hujan 2.684/tahun dan jumlah hari hujan 221 hari/tahun. Prosentase penyinaran matahari di Sawangan adalah 48,9%.  

Ada Apa Saja di Sawangan?

Sebagai salah satu kecamatan di Depok, sarana hiburan, kuliner, kesehatan dan transportasi yang ada di Sawangan terbilang cukup lengkap. Sarana apa saja yang ada di Sawangan? Berikut adalah daftarnya.

Taman Wisata Pasir Putih

Taman Wisata Pasir Putih adalah primadona wisata air di Sawangan, yang digemari masyarakat, khususnya anak-anak. Tempat ini dilengkapi oleh berbagai wahana permainan yang Anda nikmati bersama keluarga. Ada tiga kolam water park beserta seluncuran dan wahana ember tumpah yang sangat diminati oleh si kecil. 

Untuk hiburan outdoor, Taman Wisata Pasir Putih menyediakan outbond dengan wahana berupa flying fox dan circuit games. Bagi orang dewasa yang menyukai tantangan dapat mencoba wahana toxic waste, giant donut, pipe line hingga kotak penyelamat. 

Menariknya, pengunjung Taman Wisata Pasir Putih juga bisa mencoba fasilitas ATV yang menggunakan jalur terjal berbatu. Sangat cocok bagi mereka yang ingin menguji adrenalin. Fasilitas menarik lainnya ada tempat karaoke yang bisa menampung banyak orang. 

Taman Wisata Pasir Putih selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Untuk yang datang dalam jumlah banyak jangan khawatir, karena tempat akan selalu tersedia. Tempat wisata ini menyediakan bungalow dengan kapasitas berbeda-beda, mulai dari kapasitas 7 orang, 20 orang, 30 orang, hingga 150 orang. Fasilitas bungalow termasuk AC, sarapan, dispenser dan tiket waterpark. Beberapa ada yang menyediakan fasilitas lapangan futsal dan billiard. Cocok untuk kunjungan sekolah, maupun family gathering. 

Harga Tiket

  • Anak-Anak (Weekday): Rp15.000
  • Anak-Anak (Weekend dan Hari Libur): Rp20.000
  • Dewasa (Weekday): Rp20.000
  • Dewasa (Weekend dan Hari Libur): Rp25.000
  • Flying Fox: Rp15.000 (Anak-Anak), Rp20.000 (Dewasa)
  • Scooter: Rp10.000
  • Kereta Mini: Rp5000
  • Rumah Balon: Rp10.000

Telaga Golf Sawangan

Telaga Golf Sawangan merupakan perumahan elit yang terletak di Jalan Raya Mukhtar Sawangan. Hunian ini menggunakan sistem klaster, yang dikembangkan oleh PT. Cisadane Perdana, anak perusahaan dari PT. Sinar Mas Land. 

Konsep yang diusung Telaga Golf Sawangan adalah perumahan hijau. Oleh karena itu, di dalam klaster perumahan ini banyak ditumbuhi area pepohonan dan bunga-bunga yang berasal dari Bogor Botanical Garden. Selain hijau, perumahan juga dilengkapi dengan fasilitas mewah, mulai dari kolam renang akuatik, kawasan telaga kuliner hingga deretan ruko Milan Avenue yang menjual bermacam-macam kebutuhan penghuni rumah. 

Citra Lake Sawangan

Perumahan lainnya yang ada di daerah Sawangan adalah Citra Lake Sawangan. Perumahan ini menempati lahan seluas 13 hektar. Selain hunian, Citra Lake Sawangan juga mencangkup area bisnis yang selaras dengan kebutuhan masyarakat akan properti berkualitas. 

Ciputra Group sebagai pengembang, membangun perumahan Citra Lake Sawangan di kawasan yang strategis dan mudah dijangkau. Lahannya berbatasan langsung dengan danau alami di sisi timur. 

Citra Lake Sawangan juga menjanjikan lingkungan hijau yang tercipta dari konsep EcoCulture miliknya. Konsep ini didukung dengan keberadaan EcoPark atau lahan terbuka hijau seluas 4.000 meter persegi. Fungsinya sebagai tempat rekreasi dan olah raga bagi keluarga. EcoPark juga dilengkapi oleh jalur lintasan jogging yang bisa dimanfaatkan penghuni rumah untuk berolah raga. 

Sawangan River Valley

Jika Anda ingin belui rumah di Sawangan yang nir riba, Anda dapat survei ke Sawangan River Valley. Sawangan River Valley adalah perumahan yang dibangun hasil joint venture antara PT. Asia Inti Properti dan PT. Pradana Ukhuwah Relignesia. Perumahan ini menempati area sekitar 2,5 hektar dan rencananya akan diisi oleh 200 unit rumah dengan tiga tipe, yakni tipe Widara, Tin dan tipe Zaitun. 

Keunikan perumahan ini dengan dua perumahan lainnya adalah sistem KPR syariah yang ditawarkan. Selain itu, perumahan Sawangan River Valley juga dilengkapi dengan fasilitas bersama, seperti Masjid Jami (dalam lingkungan rumah), Klinik Rumah Sehat, Rumah Tahfidz, area bermain anak, jogging track, area panahan, basket, shuttle bus menuju pusat transportasi, pasar syariah dan lainnya. 

The Park Sawangan

The Park Sawangan adalah pusat perbelanjaan yang rencananya akan didirikan di lahan seluas 45.700 m2. Bangunan ini nantinya akan menjadi atraksi urban lifestyle utama yang ada di Sawangan, sebab di dalam The Park Sawangan terdapat department store, supermarket modern, bioskop hingga restoran. Tenant-tenant besar seperti H&M, Lulu Hypermarket dan Matahari Department Store juga sudah menandatangani perjanjian sebagai tenant di mall ini. 

The Park Sawangan memiliki lokasi strategis di jalan utama Cinangka Raya, Sawangan, Depok. Lokasinya sangat menguntungkan bagi warga Depok yang sering berkomuter, karena mudah diakses dari Tangerang, Bogor, Depok dan Jakarta. 

Setu Sawangan

Jika Anda lebih tertarik dengan wisata alam, Anda dapat mengunjungi sebuah setu yang ada di bilangan Sawangan. Setu ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar. Di sekitar danau seluas 27 hektar ini mereka membuka warung-warung kecil dan tempat pemancingan. 

Meski diurus secara mandiri oleh masyarakat, Setu Sawangan tetap ramai didatangi pengunjung. Beberapa datang untuk memancing dan sebagian lainnya membeli bibit ikan. Banyak juga yang datang untuk sekedar merasakan suasana asri dan angin sepoi-sepoi di sekitar danau. Bagi anak muda, Setu Sawangan bisa menjadi tempat nongkrong yang sempurna, karena disediakan saung-saung kecil di sekitar danau. 

D'Kandang Farmz

Tempat wisata lainnya yang ada di Sawangan adalah D'Kandang Farmz. Bukan hanya tempat wisata, D'Kandang Farmz juga bisa menjadi wisata edukasi untuk anak-anak dalam mengenalkan hewan-hewan ternak kepada mereka. Di sini, anak dapat melihat secara langsung hewan-hewan ternak seperti sapi, kambing dan kuda. 

Selain melihat hewan ternak secara langsung, pengunjung D'Kandang Farmz juga bisa melakukan hal lainnya, seperti memerah susu sapi, memberi pakan ke ternak, menanam padi hingga outbound. 

Daya tarik D'Kandang Farmz juga terdapat pada desainnya yang menarik, dengan rumput hijau dengan lampion putih di atasnya. Beberapa area dilengkapi pancuran yang bisa menjadi ajang berbasah-basahan bagi anak-anak. Sebagian besar bangunan wahana di D'Kandang Farmz dibuat dari kayu, yang kental dengan suasana pedesaan. 

  • Alamat: Jalan Penarikan RT07/02, Pasir Putih, Sawangan, Depok
  • Jam Buka: 06:00 - 16:00 WIB 
  • Harga Tiket Masuk: Rp18.000/Orang
  • Telepon: (021)77887138

Saung Talaga

Jika Anda mencari destinasi wisata kuliner di Sawangan, Anda patut mampir ke Saung Talaga yang beralamat di Jalan Raya Sawangan. Rumah makan ini adalah restoran saung yang menyajikan makanan khas Sunda. Jangan khawatir dengan rasanya, sebab sudah banyak artis yang mencicipi kelezatan makanan di sini. 

Di Saung Talaga kita tidak hanya disuguhi oleh makanan-makanan Sunda yang menggugah selera, tetapi juga ada atraksi-atraksi lainnya, seperti live music, tempat mancing, hingga perahu untuk berkeliling telaga. 

Apartemen di Sawangan Depok

Sawangan, tanpa disangka-sangka memiliki sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Anda dapat menemukan banyak kluster perumahan di sini. Selain itu, destinasi wisata alam, maupun buatan juga tersedia di sini. Sawangan bisa menjadi daerah yang strategis untuk berinvestasi, terutama investasi apartemen. 

Pasalnya, belum banyak apartemen-apartemen yang didirikan di sini. Padahal potensi wilayahnya yang mudah diakses dari Depok, Jakarta dan Bogor tidak bisa diremehkan. Sayangnya, untuk saat ini, baru ada satu apartemen saja di Sawangan, yakni apartemen Royal Garden Sawangan yang terletak 900 meter dari Tugu Batu Sawangan. 

Apartemen Royal Garden Sawangan

Secara administratif, apartemen Royal Garden terletak di area Pancoran Mas, tepatnya di Jl. Keadilan no.58, Rangkapjaya, Kec. Pancoran mas, Depok – Jawa Barat. Akan tetapi, warga Depok lebih mengenalnya sebagai apartemen Royal Garden Sawangan, karena jarak hunian ini dengan Tugu Batu Sawangan hanya 900 meter. 

Apartemen Royal Garden adalah hunian vertikal yang menempati lahan 1 Ha2. Hunian ini terdiri dari dua tower apartemen yang memiliki desain sederhana, cocok bagi kaum milenial urban. 

Detail Lokasi Apartemen Royal Garden Sawangan

Lokasi apartemen Royal Garden Sawangan berada cukup jauh dari pusat kota Depok. Wilayah di sekitar apartemen masih berupa area perkampungan dan tempat tinggal warga. Jika Anda ingin mencapai tempat ini, Anda bisa berkendara lewat Jalan Raya Lenteng Agung, lalu ke arah Jalan Margonda Raya. Dari sini, Royal Garden dapat ditempuh dalam waktu sekitar 29 menit berkendara. 

Stasiun terdekat dari apartemen Royal Garden Sawangan adalah stasiun Depok Lama. Dari stasiun, Anda dapat mencapai apartemen dengan menggunakan kendaraan umum lainnya seperti ojek online dalam waktu 10 menit saja. 

Mall Margo City, salah satu pusat perbelanjaan paling populer di Depok dapat dicapai dari apartemen kurang lebih setengah jam perjalanan. Anda juga bisa menggunakan kereta untuk mencapai mall ini dan turun di stasiun terdekat, yaitu stasiun Pondok Cina. Dari sana, Anda dapat berjalan kaki selama kurang lebih 5 menit untuk mencapai mall. 

Tipe Unit Apartemen di Royal Garden Sawangan

Beragam pilihan unit dapat Anda temukan di apartemen Royal Garden. Mulai dari yang ukurannya kecil seperti Studio D (13,40 m2), hingga yang paling besar tipe Suite B dengan luas ruangan 29,90 m2. Harga yang dibandrol pun sangat terjangkau, mulai dari Rp208 juta hingga Rp435 juta. 

Fasilitas Apartemen Royal Garden Sawangan

Gedung apartemen Royal Garden sudah dilengkapi dengan elevator super aman yang dirancang dengan standar Eropa. Gedung apartemen juga sudah dilengkapi dengan basement yang luas untuk area parkir. Lahan parkirnya memiliki rasio 1:1. 

Fasilitas lainnya yang disediakan oleh apartemen Royal Garden adalah kios, gedung serba guna, ATM center, kolam renang, fitness center, free wifi hingga tenant makanan. Pada jam-jam tertentu juga disediakan shuttle bus yang siap mengantar penghuni ke Universitas Indonesia, area perkantoran TB Simatupang hingga area seputar Blok M. 

Untuk sarana dan prasarana umum di sekitar apartemen tersedia fasilitas kesehatan berupa RS Asyfa Medical Center (2,8 km) dan RS Permata Depok (3,5 km). Selain itu juga terdapat Depok Town Square yang berisi banyak tenant ternama seperti Pizza Hut, Mc Donald dan Ace Hardware. 

Potensi Investasi Apartemen Royal Garden Sawangan

PT Griya Berkat Utama, sebagai pengembang mengklaim bahwa apartemen Royal Garden Sawangan telah mendulang sukses sejak awal peluncurannya di tahun 2017. Menurutnya hingga kini unit apartemen sudah terjual hampir 80%-nya dari total 730 unit. 

Harga sewa apartemen studio di Royal Garden Sawangan pun sempat mengalami kenaikan. Sebelumnya, unit studio di sini dihargai dengan Rp150 juta per unitnya. Saat ini harganya melonjak menjadi Rp208 juta. Ada kenaikan harga sebesar Rp58 juta dari harga semula, dalam kurun waktu 8 bulan saja. 

Sedangkan dalam hal sewa-menyewa, Royal Garden Sawangan juga cukup menonjol menunjukkan potensinya. Unit terkecil di sini bisa disewakan dengan harga hingga Rp3 juta per bulannya. 

Dari segi pasarnya sendiri, Royal Garden Sawangan lebih banyak menyasar kalangan milenial, mahasiswa hingga pekerja yang banyak beraktivitas di Depok dan Jakarta Selatan, terutama TB Simatupang dan Blok M. Oleh karena itu, pengembang memberi kemudahan kepada mereka, berupa shuttle bus yang bisa mengantar ke Universitas Indonesia dan area perkantoran di sekitaran TB Simatupang, serta Blok M. 

Kesimpulan

Sawangan sebenarnya bisa menjadi wilayah yang menjanjikan, baik untuk investasi properti maupun untuk ditinggali dalam jangka waktu tertentu. Di sini fasilitasnya lengkap. Mulai dari fasilitas kesehatan, kuliner hingga wisata semuanya tersedia. 

Sayangnya belum banyak apartemen yang didirikan di kawasan ini. Baru ada satu apartemen yang berdiri di dekat Sawangan, yaitu apartemen Royal Garden. Jika Anda sedang mencari apartemen di Depok dan sekitarnya, Anda dapat mencarinya di bilangan Margonda, distrik yang terkenal dengan apartemennya, Margonda Residence