Titipkan Apartemen Anda Gratis & Paling Cepat Tersewa!

logo
Disewakan
Dijual

Tipe Properti

Jangka Waktu

Filter

Terbaru

Tanjung Duren

Jual Rumah di Tanjung Duren

Tanjung Duren merupakan salah satu kelurahan yang berada di Kecamatan Grogol Petamburan. Kelurahan ini terbagi ke dalam dua bagian, yaitu Tanjung Duren Utara dan Tanjung Duren Selatan. Tanjung Duren Utara luasnya 1,34 km2 dengan total penduduk 19.480 jiwa pada tahun 2016. Sedangkan Tanjung Duren Selatan memiliki luas 1,77 km2 dengan total penduduk 1,77 km2.

Tanjung Duren adalah angin segar untuk pasar properti di Jakarta Barat. Salah satu mall terbesar di Jakarta Barat, Mall Taman Anggrek, ada di kelurahan ini. Selain itu kelurahan ini juga dipenuhi oleh hunian-hunian vertikal yang punya tingkat okupansi tinggi, sebut saja apartemen Taman Anggrek Residence, Mediterania Garden Residence 2, Royal Mediterania Garden Residence, Madison Park, dsb.

Jangan salah, meski didominasi oleh hunian vertikal, permintaan rumah dijual di Tanjung Duren tetap tinggi. Stok rumah tapak di kawasan ini juga cukup banyak.

Lokasi Populer Jual Rumah Tanjung Duren

Baik Tanjung Duren Utara maupun Selatan sebenarnya sama-sama populer di kalangan peminat rumah tapak di Jakarta Barat. Terlihat dari kata kunci jual rumah Tanjung Duren Utara dan rumah dijual di Tanjung Duren Selatan yang sama-sama berjumlah 20 pencarian per bulan. Yang membedakan adalah karakteristik kedua wilayah ini.

Tanjung Duren Selatan

Dari segi lokasi, Tanjung Duren Selatan lebih strategis dibanding Tanjung Duren Utara. Sebabnya mall Central Park, Taman Anggrek dan apartemen-apartemen Tanjung Duren berdiri di bagian ini. Oleh karena itu stok properti di Tanjung Duren Selatan lebih didominasi oleh unit apartemen dibanding rumah tapak.

Rumah tapak di Tanjung Duren Selatan letaknya ada di bagian barat kelurahan. Berdekatan dengan kelurahan Tanjung Duren Utara. Beberapa jalan dengan pasokan rumah tapak di Tanjung Duren Selatan contohnya Jalan Manggis dan Jalan Tanjung Duren Timur.

Tanjung Duren Utara

Rumah dijual di Tanjung Duren Utara jumlahnya lebih banyak dibanding jual rumah Tanjung Duren Selatan. Pilihannya juga beragam. Mulai dari rumah ratusan juta hingga yang miliaran ada di sini. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencari properti di Tanjung Duren, Anda bisa memulai pencarian dari Tanjung Duren Utara.

Kawasan paling strategis di Tanjung Duren Utara untuk mencari hunian adalah di sekitar Jalan Alpukat. Alasannya, area ini berada dekat dengan kompleks apartemen Mediterania Garden Residence. Disamping itu, Universitas Kristen Krida Wacana dan Universitas Tarumanegara juga dekat dari sini, jadi sangat prospektif untuk usaha sewa rumah Tanjung Duren.

Harga Jual Rumah Tanjung Duren

Meskipun berada di salah satu pusat bisnis Jakarta Barat, Tanjung Duren tidak mematok harga yang mahal untuk properti-propertinya. Harga jual rumah di area ini berkisar di angka Rp15 jutaan per m2. Mengutip laman Lamudi.com, harga ini sempat mengalami fluktuasi dalam satu tahun terakhir. Setahun lalu nilainya adalah Rp15.300.000 per m2. Akan tetapi harga mengalami kenaikan pada 3 bulan lalu, yang menembus angka Rp16.800.000 per m2.

Untuk memberi gambaran yang lebih jelas, saya telah menghimpun harga jual rumah di Tanjung Duren dari beberapa marketplace properti. Berikut adalah hasilnya.

Lamudi.com

  • Harga Jual Terendah: Rp228 Juta (30 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp27.7 Miliar (696 m2)

Rumah.com

  • Harga Jual Terendah: Rp190 Juta (27 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp32 Miliar (450 m2)

Rumah123.com

  • Harga Jual Terendah: Rp130 Juta (120 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp32 Miliar (450 m2)

Olx.com

  • Harga Jual Terendah: Rp430 Juta (33 m2)
  • Harga Jual Tertinggi: Rp32 Miliar (450 m2)

Fasilitas Penunjang di Tanjung Duren

Sebelum memutuskan untuk beli atau jual rumah Tanjung Duren, penting untuk mengetahui potensi kawasan ini. Apakah ideal untuk menjadi lokasi hunian? Bagaimana dengan fasilitas publik penunjangnya?

Terkait hal ini, Anda tidak perlu khawatir. Tanjung Duren adalah salah satu kelurahan paling strategis di Jakarta Barat. Alasannya, kelurahan ini sudah dilengkapi dengan infrastruktur yang mumpuni dan fasilitas yang memadai.

Infrastruktur

Tanjung Duren terletak di sisi jalan Jakarta Inner Ring Road yang bertemu dengan jalan Tol Jakarta-Tangerang. Jalan Jakarta Inner Ring Road atau Lingkar Dalam Jakarta adalah jalan tol yang khusus mengitari bagian dalam Jakarta. Jalan ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu Jalan Tol Cawang-Pluit, ruas Pluit-Tanjung Priok dan ruas Cawang-Tanjung Priok. Ruas yang bersinggungan dengan Tanjung Duren adalah ruas Cawang-Pluit.

Adanya tol JIRR (Jakarta Inner Ring Road) memudahkan warga Tanjung Duren bepergian ke bagian utara, selatan dan timur Jakarta. Tidak hanya itu, Tanjung Duren juga dilalui oleh jalan Tol Jakarta-Tangerang. Sesuai namanya, jalan ini menghubungkan Jakarta dengan Tangerang. Gerbang tol yang dilalui mencangkup tol Tomang, Kebon Jeruk, Meruya, Kembangan, Karang Tengah, Kunciran, Tangerang, Karawaci dan Bitung. Dari tol ini, pengguna jalan dapat melanjutkan perjalanan ke Merak lewat tol Tangerang-Merak.

Keberadaan tol JIRR dan tol Jakarta-Tangerang membuat kelurahan Tanjung Duren semakin mudah dijangkau, baik dari arah Jakarta Selatan, maupun wilayah penyangga seperti Tangerang.

Pusat Perbelanjaan

Tanjung Duren dipenuhi oleh pusat perbelanjaan papan atas di Jakarta Barat. Paling tidak ada tiga pusat perbelanjaan middle-high yang ada di kelurahan ini, yaitu mal Taman Anggrek, mal Central Park dan mal Neo Soho. Mall ini berdiri saling berdekatan dan berada di kelurahan Tanjung Duren Selatan.

Mal Taman Anggrek pertama kali dibuka pada tahun 1996 dan sempat menjadi yang terbesar di Asia Tenggara pada saat itu. Mal ini adalah lokasi favorit anak muda Jakarta Barat untuk berkumpul, makan-makan, nonton, berbelanja atau sekedar hangout. Di dalamnya terdapat banyak brand ternama. Ada juga ice skating rink yang jarang ditemukan di mall-mall Jakarta.

Alternatif mal lainnya di Tanjung Duren adalah mal Central Park. Mal ini berada satu kompleks dengan menara perkantoran dan apartemen. Jadi pengunjungnya juga berasal dari karyawan yang bekerja di sana. Ratusan tenant mengisi mall ini, yang terdiri dari tenant fesyen seperti Et Cetera, Zara, dsb, F&B, entertainment, sampai pusat kebugaran pun ada di sini.

Sedangkan Neo Soho letaknya ada di utara, dekat dengan kompleks apartemen Mediterania Garden Residence dan Universitas Kristen Krida Wacana. Anda juga dapat menemukan tenant-tenant menarik di mal ini, misalnya Adidas Original, Aldo Shoes, Andrew Shoes, dll.

Untuk pilihan belanja yang lebih terjangkau, ada Pasar Tomang Barat yang terletak di Tanjung Duren Selatan. Pasar ini menyediakan beragam kebutuhan pokok mulai dari sembako, sayur mayur, daging, sampai perabotan rumah tangga dengan harga yang terjangkau.

Pusat Pendidikan

Terdapat tiga pusat pendidikan utama yang berdiri di Tanjung Duren, yaitu Universitas Tarumanegara, Universitas Kristen Krida Wacana dan Universitas Trisakti. Universitas Tarumanegara (UNTAR) adalah salah satu universitas tertua di Jakarta yang berdiri pada tahun 1959. UNTAR menawarkan program studi yang sebagian besar sudah terakreditasi A. Beberapa jurusan yang ditawarkan yaitu kedokteran, akuntansi, desain interior, ilmu komunikasi, teknik sipil, dan lainnya.

Universitas Trisakti yang dibangun dekat UNTAR berdiri pada tahun 1965. Universitas ini memiliki sejarah panjang akan perjuangan bangsa ini. Sudah ada lebih dari 100.000 alumni yang lulus dari Universitas Trisakti. Mereka lulus dari beberapa fakultas, contohnya fakultas hukum, kedokteran gigi, teknik sipil, ekonomi, arsitektur, seni dan desain, dll.

Pilihan lainnya untuk pendidikan tinggi di Tanjung Duren adalah Universitas Kristen Krida Wacana. UKRIDA merupakan salah satu universitas swasta di Jakarta Barat yang menawarkan berbagai program studi, mulai dari kedokteran, manajemen, teknik elektro, teknik industri, teknik informatika, sistem informasi, psikologi dan lainnya.

Layanan Kesehatan

Rumah Sakit Royal Trauma adalah rumah sakit yang menjadi andalan warga Tanjung Duren. Letaknya ada di kelurahan Tanjung Duren Utara. Rumah Sakit Royal Trauma memiliki 279 tempat tidur yang tersebar di delapan lantai berbeda. Adapun layanan yang diberikan rumah sakit ini termasuk rawat inap, diagnostik MRI 1,5 Tesla, CT Scan 128 slices, USG 4 Dimensi, Endoskopi, Bronkoskopi, Laboratorium dan lainnya.

© 2020 Jendela360. All rights reserved.