Di era yang serba digital ini, jual beli dapat dilakukan secara online, lewat telepon genggam ataupun laptop Anda. Keunggulannya, Anda dapat berbelanja dan mengiklankan barang dengan mudah dan cepat. Namun bagaimana dengan barang yang tidak bergerak seperti tanah? Adakah aplikasi dan website jual beli tanah online terbaik yang bisa dimanfaatkan?

Akhir-akhir ini mulai menjamur marketplace yang khusus bergerak di bidang properti. Tanah juga menjadi kategori properti yang diperjualbelikan dalam platform ini. Anda dapat mengaksesnya lewat aplikasi ataupun situs seperti berikut:

1. Rumah.com

aplikasi dan situs jual beli tanah online terbaik

Meskipun bernama Rumah.com, situs ini tetap mengakomodir jual beli tanah online sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jika Anda membutuhkan tanah dengan lokasi yang spesifik, Anda dapat memanfaatkan fitur peta yang ada di situs ini.

Selain itu, Rumah.com juga menyediakan filter yang bisa Anda atur sendiri sesuai kebutuhan. Untuk kategori tanah, filter yang bisa dimanfaatkan seperti harga, luas tanah, video tour dan lainnya.

Uniknya, listing di Rumah.com juga mencantumkan sertifikat pemilikan tanah yang tentunya akan lebih meyakinkan pembeli dalam bertransaksi. Jika tertarik untuk membeli tanah di situs ini, Anda dapat langsung mengkontak penjualnya.

Fitur 

  • Pencarian: Kolom untuk mengetik kata kunci, baik berupa lokasi properti maupun jenis properti yang ingin dicari.
  • Pencarian Detail:¬†Anda dapat menambahkan detail rincian seperti harga, luas tanah, atau jumlah kamar (jika berupa rumah atau apartemen).
  • Lokasi Sekarang: Menemukan lokasi properti terdekat dari lokasi Anda sekarang, dengan bantuan¬†built-in¬†GPS.
  • Cari Agen Properti:¬†Menemukan agen-agen properti yang khusus menangani area atau proyek tertentu.
  • Hubungi Agen:¬†Anda dapat menghubungi agen lewat email atau telepon dengan sekali klik saja.
  • Berita Properti:¬†Berita-berita terkini terkait dunia properti di Indonesia.
  • Kalkulator KPR:¬†Simulai pinjaman KPR yang harus dibayarkan.

2. Rumah123.com

Rumah123.com hadir dalam wujud situs dan aplikasi yang menampung lebih dari 140.000 properti, termasuk tanah di dalamnya. Aplikasi jual beli tanah dan rumah ini dikembangkan oleh iProperty.com.

Selain membeli properti, di sini Anda juga dapat mengiklankan tanah. Jika Anda memiliki properti jenis lainnya, Rumah123.com menerima jual beli untuk properti ruko, apartemen dan gedung perkantoran untuk dibeli maupun sewakan.

Fitur 

  • Pencarian:¬†Kolom tempat Anda mencari properti lewat lokasi, area, project, hingga pengembangnya.
  • Properti Baru:¬†Menampilkan berita-berita terkait properti, properti berdasarkan wilayah, hingga properti terpilih.
  • Simulasi KPR:¬†Kalkulator yang akan menghitung besaran cicilan KPR disesuaikan dengan harga jual properti.
  • Filter:¬†Fitur yang berguna untuk menyaring pencarian berdasarkan jenis properti, ukuran, harga, hingga jumlah kamar tidur.
  • Simpan:¬†Fitur yang mengizinkan pengguna untuk menyimpan¬†listing¬†properti agar dapat dilihat kembali di kemudian hari.
  • Kontak:¬†Fitur ini baru terlihat setelah memilih salah satu¬†listing¬†properti di dalam situs. Anda dapat menghubungi agen atau pemilik properti lewat Whatsapp, telepon hingga pesan singkat via situs Rumah123.

Baca juga: 9 Bisnis Sampingan Karyawan dengan Modal Rp. 0

3. DealRumah.id

DealRumah.id adalah situs jual beli properti yang terdiri dari rumah, tanah, gudang, ruko dan kantor. Jangkauannya sudah mencapai beberapa kota besar di Indonesia, sebut saja Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan dan lainnya.

Jika Anda lebih nyaman menggunakan smartphone, DealRumah.id juga menyediakan aplikasi yang bisa diunduh di android maupun iOS.

Fitur

  • Pencarian: Mencari properti berdasarkan lokasi, nama wilayah dan lainnya.
  • Filter:¬†Anda bisa melakukan pencarian spesifik melalui filter yang disediakan di situs. Adapun informasi yang akan disaring seperti jenis properti, nama properti, luas bangunan, luas tanah, jumlah kamar mandi, harga terendah, harga tertinggi, dsb.
  • Kalkulator KPR:¬†Menghitung simulasi cicilan bagi pengguna yang berencana membeli properti secara kredit.
  • Newsletter:¬†Jika Anda ingin mengetahui informasi terkait properti, Anda dapat mendaftar untuk mendapatkan¬†newsletter¬†di DealRumah.id.

4. Lamudi

aplikasi dan website jual beli tanah online terbaik

Lamudi merupakan situs jual beli properti di Indonesia yang terbilang baru. Situs ini dirilis pada tahun 2014 dan merupakan bagian dari Rocket Internet, online venture builder paling terkemuka di dunia.

Lamudi menampung berbagai jenis listing properti, seperti tanah, rumah, apartemen hingga bangunan komersil yang dijual maupun disewakan. Kantor Lamudi terletak di Menara Prima Lantai 19, Jalan Dr. Ide Anak Gunung Gde Agung, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

Fitur

  • Pencarian:¬†Kolom pada¬†homepage¬†tempat Anda mencari properti berdasarkan lokasinya, proyek atau nama pengembang.
  • Filter:¬†Memungkinkan pengguna untuk menyaring pencarian, berdasarkan¬†range¬†harga, tipe penawaran (dijual/disewa), luas tanah, luas bangunan, jumlah kamar mandi, jumlah kamar tidur, dsb.
  • Simpan Pencarian:¬†Anda dapat menyimpan¬†listing¬†melalui fitur ini, untuk kemudian dilihat lagi di kemudian hari.
  • Simulasi KPR:¬†Kalkulator KPR yang berguna untuk memproyeksikan jumlah cicilan yang harus dibayar jika membeli properti secara kredit.
  • Tren Harga:¬†Yang unik dari Lamudi adalah Anda dapat melihat tren harga untuk properti-properti di daerah tertentu.
  • Newsletter:¬†Bagi Anda yang tertarik dengan perkembangan bisnis properti di Indonesia, Anda dapat mendaftar¬†newsletter¬†yang disedikan Lamudi.
  • Kontak Penjual:¬†Pengguna yang tertarik untuk membeli properti via Lamudi dapat mengkontak penjualnya langsung. Baik melalui nomor teleponnya atau laman Lamudi.

5. 99.co

aplikasi dan website jual beli tanah online terbaik

99.co menyediakan berbagai pilihan properti untuk diperjualbelikan dan disewakan kepada para penggunanya. Properti seperti rumah, apartemen, tanah, villa, ruko, gudang dan lainnya tercantum di sini.

Bagian¬†homepage¬†99.co cukup¬†user-friendly. Anda dapat mencari properti berdasarkan lokasi, pengembang, bahkan kata kunci yang biasa dipakai sehari-hari, misalnya tanah yang “bebas banjir”.

Fitur

  • Pencarian:¬†Adalah kolom yang dapat Anda gunakan untuk mencari properti berdasarkan lokasi, pengembang maupun jenis propertinya. Kata kunci seperti “Ruko dijual di Bandung” dapat Anda masukkan di kolom pencarian ini.
  • Filter: Fitur ini mengizinkan Anda untuk mencari properti lebih spesifik lagi. Uniknya, fitur ini juga menyaring pencarian properti dengan sertifikat tertentu, seperti Sertifikat Hak Milik (SHM), Hak Guna Bangunan (HGB), Hak Guna Usaha (HGU), dsb.
  • Kalkulator KPR:¬†Sama seperti situs jual beli properti pada umumnya, 99.co juga menyediakan kalkulator KPR untuk simulasi pembayaran cicilan.
  • Pencarian Peta:¬†Fitur yang menampilkan berbagai persebaran properti, ketersediaannya dan harga properti terkait.
  • Carikan Saya Properti:¬†Jika pengguna tidak menemukan properti yang mereka incar di 99.co, mereka dapat menuliskannya dan dikirimkan ke pihak 99.co. Nantinya 99.co akan mengerahkan agen-agen mereka untuk membantu Anda dalam pencarian properti idaman.
  • Layanan Premium:¬†Fitur ini sangat berguna bagi agen maupun penjual yang mengiklankan propertinya di 99.co. Properti Anda akan berada di halaman utama situs 99.co sesuai dengan lokasi properti jika menggunakan fitur ini.

6. OLX

OLX telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2005. Sudah sejak dulu platform ini menjadi tempat penjual dan pembeli untuk bertransaksi barang-barang bekas. Saat ini, tidak hanya barang habis pakai saja yang dijual di OLX, properti pun juga dijual.

Keunggulan dari OLX adalah pengunjung tetap yang jumlahnya sudah banyak. Hal ini menyebabkan OLX masuk dalam daftar aplikasi dan website jual beli tanah online terbaik di artikel ini. Tidak butuh waktu lama untuk menggaet pelanggan. Hanya dalam waktu beberapa menit saja setelah pengiklanan, chat pelanggan akan mulai memenuhi kotak pesan Anda.

Fitur

  • Pencarian:¬†Kolom yang bisa Anda manfaatkan untuk mencari tanah dengan lokasi yang spesifik.
  • Filter:¬†Saringan pencarian yang ada di OLX untuk kategori tanah terdiri dari¬†range¬†harga, tipe (dijual/disewakan), luas tanah hingga sertifikasi (SHM, HGB dan lainnya).
  • Highlight Iklan:¬†Layanan yang sangat berguna bagi agen maupun penjual properti yang menginginkan iklan mereka tampil pada¬†listing¬†teratas. Tentunya fitur ini berbayar.
  • Sundul Iklan:¬†Berbeda dengan highlight iklan, sundul iklan adalah fitur yang akan membuat iklan Anda kembali ke posisi teratas, layaknya iklan-iklan baru. Namun posisinya akan segera turun seiring dengan banyaknya iklan-iklan baru yang masuk.
  • Chat OLX:¬†Adalah fitur chat di dalam OLX yang mirip seperti Whatsapp. Jika chat yang masuk terlalu banyak, Anda dapat menggunakan¬†template chat¬†yang disediakan fitur ini.

Baca juga: 30+ Peluang Bisnis 2019 Modal Kecil Untung Besar

7. Rumahdijual.com

Jika dilihat dari segi tampilannya, Rumahdijual.com memang tidak lebih menarik dari para kompetitornya. Namun situs ini tetap perlu diperhitungkan dalam kancah jual beli properti, karena ada lebih dari 100.000 properti yang di-listing di sini.

Kelebihan lain dari situs yang didirikan pada tahun 2010 ini juga terletak pada komunitasnya yang aktif. Promosi dari mulut ke mulut masih bisa dilakukan.

Fitur

  • Pencarian:¬†Karena tidak ada fitur filter, kolom pencarian di Rumahdijual.com telah memiliki saringan, seperti jenis transaksi (beli/sewa), jenis properti (tanah, ruko, apartemen, gudang, kantor, dsb), kota, harga maksimum, harga minimum, luas tanah dan kata kunci.
  • Kalkulator KPR:¬†Rumahdijual.com juga menyajikan fitur berupa kalkulator KPR kepada para penggunanya. Fitur ini berfungsi untuk melihat simulasi cicilan jika membeli properti secara kredit untuk jangka waktu tertentu.
  • Tren Properti:¬†Fitur yang menyediakan data tren dari satu periode ke periode lainnya.
  • Diskusi Umum:¬†Semacam forum tempat berkumpulnya penjual dan pembeli properti. Bisa digunakan untuk topik di luar properti.
  • Agen Properti:¬†Database agen properti yang bekerja sama dengan Rumahdijual.com. Ada nomor HP dan email yang bisa dikontak di sana.

8. Rumahku.com

Rumahku.com menjadi alternatif aplikasi dan website jual beli tanah terbaik yang bisa Anda pilih. Jenis properti yang diperjualbelikan dan disewakan di situs ini seperti rumah, tanah, apartemen dan ruko.

Metode pemasaran yang digunakan Rumahku.com adalah viral marketing. Situs ini diciptakan oleh pencipta online property expo pertama di Indonesia, yaitu Rumahku Expo.

Fitur

  • Pencarian: Kolom pencarian di situs Rumahku.com dapat Anda isi dengan ID, judul, nama agen atau penjual hingga alamat properti yang bersangkutan.
  • Filter:¬†Pencarian dapat disaring menjadi lebih spesifik berdasarkan luas tanah, luas bangunan dan harga properti
  • Real Estate:¬†Yaitu fitur yang menyediakan database pengembang yang propertinya ada di listing¬†Rumahku.com.
  • Direktori Agensi Properti:¬†Database agen properti yang bisa dihubungi.
  • Hubungi:¬†Tombol yang ada di setiap¬†listing¬†properti Rumahku.com. Fungsinya untuk menghubungi penjual atau agen yang memasarkan properti tersebut.

9. Realoka

Jika Anda mencari website jual beli tanah online dan cepat yang bisa dimanfaatkan secara gratis, maka Realoka.com adalah tempatnya. Situs ini sudah berdiri sejak tahun 2017 dan telah memasarkan berbagai jenis properti berupa tanah, ruko, gudang, villa, dsb. Saat ini, wilayah cakupan Realoka.com adalah Jabodetabek, hingga Bandung dan Surabaya.

Fitur

  • Pencarian:¬†Realoka menggabungkan pencarian umumnya dengan filter pencarian. Selain kolom kata kunci, filter pencarian yang bisa dimanfaatkan di situs ini yaitu tipe properti, lokasi provinsi, kabupaten/kota,¬†range luas dan range¬†harga.
  • Iklan Favorit:¬†Jika Anda tertarik dengan suatu iklan, Anda bisa menyimpannya lewat fitur ini.
  • Kalkulator KPR:¬†Situs ini juga dilengkapi kalkulator KPR untuk menghitung proyeksi cicilan jika membeli properti secara kredit.
  • Share:¬†Anda dapat berbagi iklan di Facebook dan Twitter.

Baca juga: 5 Bisnis Online yang Menjanjikan di Era Digital Ini, Mau Mencoba?

10. Griyaplus

Untuk pemilik tanah atau agen properti, situs yang bisa menjadi alternatif lain dalam memasarkan tanah adalah Griyaplus.com. Situs ini dapat dimanfaatkan secara gratis. Jenis properti yang dipasarkan pun beragam, mulai dari rumah, apartemen, ruko, tanah, bengkel, kost, villa, dsb.

Fitur

  • Pencarian:¬†Anda dapat mengisi kolom ini dengan lokasi ataupun jenis properti yang ingin dibeli. Sayangnya untuk filter harga maupun luas tanah yang dicari belum tersedia di sini. Filter baru muncul ketika Anda memilih salah satu¬†listing.
  • Property Calculator:¬†Kalkulator ini berfungsi layaknya kalkulator KPR. Anda dapat menghitung biaya cicilan jika sudah dikurangi dengan DP dan dikalikan dengan bunga yang berlaku.
  • Page Views:¬†Fitur yang berguna dalam memberikan informasi terkait berapa orang yang membuka¬†listing¬†Anda.
  • Request Info:¬†Jika tertarik dengan tanah yang diiklankan, Anda dapat memasukkan alamat email, nomor HP serta pesan yang ingin diajukan ke penjual atau agen properti.

Dari daftar aplikasi dan website jual beli tanah online terbaik di atas, mana yang menarik perhatian Anda? Jika sulit menentukan, sah-sah saja lho menggunakan lebih dari satu aplikasi ataupun situs untuk satu tanah yang sama. Cara ini dapat mempercepat kemungkinan tanah Anda terjual.

Ingin iklankan properti Anda lainnya secara gratis? klik www.jendela360.com/listing untuk dapatkan keuntungan dan properti Anda pun akan cepat laku

Lihat juga apartemen yang dijual di kota-kota besar lainnya:

Selain beli apartemen, Anda juga bisa lho sewa apartemen di Jendela360, pada lokasi berikut: