Apartemen syariah merupakan skema jual beli atau sewa apartemen dengan menggunakan akad-akad yang sesuai dengan syariah. Yang membedakan apartemen syariah dan apartemen konvensional ada pada aspek akad serta skema bisnisnya.

Pada properti syariah, konsumen dapat membeli properti dari pihak developer, tanpa kehadiran pihak ketiga. Jadi transaksi yang terjadi murni transaksi jual beli, baik secara kredit maupun tunai. Di Indonesia sendiri, apartemen syariah dapat ditemukan di sewa apartemen Depok dan Tangerang.

Apartemen syariah untuk siapa?

Sebenarnya siapa saja bisa memilih apartemen syariah sebagai tempat tinggalnya. Bagi kaum muslim sudah jelas kalau yang paling baik adalah menghindari riba, sehingga properti syariah jadi pilihan yang tepat.

Apartemen syariah berarti investasi yang aman dan nyaman untuk dunia dan akhirat. Apartemen syariah sekaligus sebagai sarana untuk menciptakan kedamaian tinggal di dalam hunian bersama keluarga.

Apartemen syariah merupakan properti dengan 100 persen tanpa riba, serta:

  • Tanpa bank
  • Tanpa BI Checking
  • Tanpa Denda
  • Tanpa Suku Bunga
  • Tanpa Akad Bathil
  • Hati Senang
  • Keluarga Tenang

Photo credit: Google

Keuntungan investasi apartemen syariah

Baik apartemen konvensional maupun apartemen syariah, keduanya mulai menjadi alternatif hunian yang favorit untuk banyak kalangan, sehingga ini bisa menjadi investasi yang menjanjikan.

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati ketika berinvestasi di apartemen syariah:

Harga terus meningkat

Salah satu faktor yang jadi daya tarik untuk berinvestasi di apartemen syariah adalah harganya yang terus naik. Meski di kondisi ekonomi yang sedang melemah, nilai properti tetap meningkat. Memang, sejumlah faktor ikut mempengaruhi harga apartemen syariah, termasuk lokasi. Bila apartemen syariah berada di lokasi yang strategis, harganya akan terus meningkat lebih cepat.

Dua pendapatan (income) dari apartemen syariah

Dengan berinvestasi di apartemen syariah, Anda bisa memperoleh dua income yakni dari penjualan dan dari sewa apartemen. Keuntungan dari penjualan bisa didapat dari selisih harga beli dan harga jual.

Bila tidak ingin menjual kembali apartemen, Anda masih bisa memperoleh income dengan menyewakannya.

Terhindar dari riba

Keuntungan yang satu ini tidak didapat dari investasi properti konvensional. Berinvestasi di apartemen konvensional bisa dipastikan berhubungan dengan riba dari transaksi dengan pihak bank.

Selain itu, investasi properti syariah juga tidak dipengaruhi oleh nilai suku bunga dan kondisi perekonomian yang sedang terjadi.

Baca artikel lainnya tentang investasi apartemen di Jakarta.

Yang perlu Anda tahu tentang properti syariah

Beberapa hal terkait investasi properti syariah:

Pembayaran DP yang lebih besar, mencapai 30 persen

Pembangunan properti syariah pendanaannya berasal dari developer dan tidak melibatkan bank. Dana DP sebesar 30 persen digunakan untuk membiayai pembangunan. Meski begitu, sudah mulai muncul properti syariah yang menawarkan pembayaran DP dengan cicilan hingga 24 bulan, juga ada yang menawarkan DP 0 persen atau kurang dari 30 persen.

Photo credit: Google

Serah terima unit bisa sampai 2 tahun

Sebenarnya kondisi ini juga bisa terjadi pada properti konvensional. Karena untuk proses pembangunan developer membutuhkan dana dari DP yang diberikan konsumen. Sehingga developer menunggu hingga DP dibayarkan sebelum memulai proses pembangunan.

Meski begitu, kini developer properti syariah sudah mulai memperbaiki manajemen keuangannya sehingga proses serah terima unit tidak lagi makan waktu terlalu lama.

Pilihan apartemen syariah

Pertumbuhan apartemen syariah mulai terlihat, tidak hanya di Jakarta, tapi juga di kota-kota lainnya. Berikut ini beberapa apartemen syariah yang  mungkin bisa jadi pilihan Anda:

Madinah Islamic Tower

Apartemen Syariah di Jakarta

Madinah Islamic Tower diklaim sebagai apartemen syariah pertama di Jakarta Timur. Apartemen ini memiliki konsep 100 persen bebas riba. Tidak hanya itu, apartemen ini juga hadir dengan penawaran harga yang bersahabat.

Bila Anda tertarik memilih hunian ini, Anda bisa segera melakukan pembelian baik secara cash maupun cicilan langsung ke pengembagnya.

Apartemen Madinah Islamic Tower hadir dengan beragam fasilitas, mulai dari masjid di atas awan, function room, perpustakaan Islami, mall syariah, lounge, kolam renang, koneksi internet, dan banyak lagi.

Apartemen ini juga berada di kawasan yang strategis, jaraknya hanya 3 km ke stasiun Buaran, Buaran Plaza, halte bus Buaran, dan 10 km ke tol Jatinegara.

Hasanah Tower

Hasanah Tower merupakan apartemen syariah pertama di kawasan Sentul City Bogor. Apartemen ini berada di kawasan yang nyaman karena udara yang segar dan sejuk dan berada di dataran tinggi serta mudah diakses dari Jakarta, Bandung, Tangerang, Depok, Bekasi, dan sekitarnya.

Kawasan Sentul City merupakan kawasan one stop living. Penghuni apartemen bisa menikmati sarana rumah sakit, pendidikan, wisata, pusat perbelanjaan, dan banyak lagi.

Dari Apartemen Hasanah Tower penghuni hanya butuh waktu 10 menit menuju pintu tol Sentul Selatan, Masjid Zikir Adzikra Ust. Arifin Ilham, Hypermart, Rumah Sakit Pertamedika, kampus Trisakti, Sentul Circuit, dan banyak lagi.

Kampung Amanah (Amanah City)

Kampung Amanah merupakan properti bebas riba yang berlokasi di Sepatan, Tangerang. Apartemen ini bisa Anda miliki tanpa BI checking, tanpa bank, tanpa riba, dan tanpa akad bermasalah.

Dari segi lokasi, properti ini punya keunggulan karena berada dekat dengan kawasan Tangerang kota, bandara, sarana kesehatan, sarana rekreasi, dan tempat belanja.

Kesimpulan

Bagi muslim, keuntungan materi bukan prioritas, tapi menjalani tiap lini kehidupan sesuai dengan panduan dan ajaran-Nya jauh lebih utama. Karenanya apartemen syariah patut jadi pertimbangan Anda.

Tertarik Tinggal di Apartemen Syariah. Temukan Apartemen Syariah Anda di Lokasi-Lokasi Berikut: